7 Cara Mudah Mengatasi Laptop yang Sering Lemot

Epic99.com – Mengatasi laptop lemot. Penggunaan laptop biasanya akan menurunkan performa seiring waktu penggunaannya. Oleh karena itu tidak jarang kamu merasakan laptop yang semkin lemot. Hal ini bukan tanpa alasan, penurunan performa laptop biasanya terjadi karena software di dalamnya yang berpengaruh meskipun spesifikasinya tinggi. Namun jika kamu mengalami masalah ini, jangan terlalu terburu-buru untuk mengganti laptop baru atau memperbaikinya di tukang service.

Sebagai alternatif, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah penurunan performa laptop yang semakin lemot. Berikut ini beberapa di antaranya yang akan di bahas !

Cara mengatasi laptop yang lemot

Ada beberapa penyebab terjadinya kinerja laptop yang semakin lemot mulai dari usia, bahkan hingga penyimpanan yang sudah melewati batas. Bahkan tidak hanya lemot saja, masalah yang umum terjadi biasanya juga menyebabkan laptop menjadi ngelag dan ngefreeze. Simak beberapa langkah untuk mengatasinya seperti berikut ini :

mengatasi laptop lemot

1. Hapus aplikasi yang tidak diperlukan

Merupakan salah satu alternatif terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan laptop yang semakin lemot adalah dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak di gunakan. Hal ini di karenakan kapasitas penyimpanan yang penuh akan membuat sistem menjadi lama dalam membaca harddisk. Sebaiknya untuk memilih aplikasi yang memang di perlukan dan sering di gunakan saja.

2. Reset ulang OS

Cara ampuh lainnya yang bisa di lakukan untuk mengatasi permasalahan laptop lemot adalah dengan mereset ulang Windows. Terlebih jika laptop lemot di sebabkan oleh Windows yang error atau crash. Selain itu kamu juga bisa beralih ke OS lain seperti Linux. Namun pastikan kamu sudah melakukan backup data sebelum melakukan reset ulang pada OS.

mengatasi laptop lemot

3. Jangan memaksa kinerja RAM

Seringkali laptop menjadi lemot karena kinerja RAM yang berkerja maksimal tanpa henti. Kamu bisa mengatasinya dengan tidak memaksa kinerja RAM dan mengurangi penggunaan aplikasi di waktu bersamaan. Selain itu kamu juga bisa menggunakan fitur task manager untuk mengontrol penggunaan RAM terlebih jika terpaksa harus menggunakan beberapa aplikasi dalam waktu yang sama.

Baca Juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi

4. Menambah kapasitas RAM

Jika kamu memang di haruskan untuk bekerja dengan menggunakan banyak aplikasi sekaligus, menambah kapasitas RAM bisa menjadi alternatif terbaik untuk di lakukan. Penambahan RAM bisa di lakukan jika kamu misalkan awalnya laptop hanya memiliki RAM 2 lalu ingin di tambahkan menjadi 4GB. Namun tentunya hal ini membutuhkan tambahan biaya.

mengatasi laptop lemot

5. Lakukan pembatasan berdasarkan spesifikasi

Setiap laptop tentunya memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Untuk itu kamu bisa menyesuaikan penggunaan berdasarkan spesifikasinya. Seperti contoh jika kamu menggunakan aplikasi berat pada spesifikasi laptop kentang, maka hal ini akan membuat laptop menjadi lemot. Sehingga untuk menjaga performa laptop, pastikan kamu menggunakan aplikasi yang tidak terlalu berat dan sesuai dengan spesifikasi laptop.

6. Gunakan antivirus

Salah satu penyebab laptop menjadi lemot bisa jadi di karenakan terkena virus. Oleh karena itu untuk meminimalisir masuknya virus pada perangkat laptop, kamu bisa menggunakan antivirus. Terlebih saat ini sudah banyak aplikasi antivirus terbaik yang bisa di pilih baik gratis maupun berbayar.

7. Gunakan Cooling Pad

Alternatif simple lainnya yang bisa di lakukan untuk mengatasi laptop lemot adalah dengan menggunakan Cooling Pad. Di mana sesuai dengan namanya, Cooling Pad bermanfaat untuk menjaga suhu laptop agar tetap stabil dan tidak panas saat di gunakan dalam waktu yang lama.

Nah itulah beberapa cara mudah mengatasi masalah laptop yang lemot. Dengan begitu kamu tidak harus mengganti laptop baru atau membawanya ke service center saat mengalami masalah ini.

Baca Juga :

Baca Juga:  Cara Download Thumbnail Youtube Milik Orang Lain

***