Epic99.com – Cara cek laptop bekas. Laptop merupakan perangkat yang saat ini banyak di gunakan baik untuk urusan pekerjaan maupun pendidikan. Oleh karena itu penjualan laptop selalu mengalami kenaikan baik dalam keadaan baru maupun bekas. Namun perbedaan harga yang drastis terkadang membuat para pengguna lebih memilih untuk membeli laptop bekas. Jika kamu adalah salah satunya, pastikan kamu bisa menentukan produk yang memang berkualitas sehingga mendapatkan harga yang sesuai dengan keadaann produk dan terhindar dari penipuan dari penjual.

Simak beberapa penjelasan serta cara cek di bawah ini untuk kamu yang ingin membeli laptop dalam keadaan bekas. Pastikan juga untuk memperhatikan setiap partisinya bisa berguna dengan baik.

Tips membeli laptop bekas

Sebenarnya membeli barang elektronik yang bekas bisa di bilang susah-susah gampang. Bagaimana tidak, banyak penjual yang menjual barang rusak namun tetap di katakan bagus. Oleh karena itu sebagai pembeli kamu harus bisa lebih jeli dan memperhatikan semua aspek dan partisi yang ada di dalamnya. Termasuk laptop, sebelum membelinya dalam keadaan bekas, pastikan kamu mempraktekkan beberapa tips di bawah ini agar terhindar dari penipuan dari penjual.

1. Cek harga pasaran

cara cek laptop bekas

Sebelum membeli laptop bekas, sebaiknya untuk kamu mengecek harga pasaran terlebih dahulu. Sesuaikan juga harga berdasarkan spesifikasi dengan kondisi barang yang ada. Sebaiknya juga kamu bisa menentukan harga patokan sehingga bisa melakukan negosiasi harga. Kamu bisa mengetahui harga pasaran laptop bekas di internet serta berbagai forum yang ada seperti OLX, Kaskus, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Lakukan pembelian dengan sistem COD

Baik melalui online atau offline, usahakan kamu membeli laptop dengan sistem COD. Dengan begitu kamu bisa memeriksa secara langsung laptop yang ingin di beli. Tips ini bisa di lakukan untuk meminimalisir terjadinya laptop yang bermasalah.

Baca Juga:  Panduan Cara Menggunakan Facebook Business Manager 

3. Ketahui usia pemakaian

Jangan lupa untuk menanyakan usia pemakaian dari laptop yang ingin di beli. Hal ini di karenakan biasanya usia pemakaian laptop akan mempengaruhi kualitas. Selain itu sebaiknya untuk kamu membeli laptop dengan pemakaian yang di bawah 1 tahun. Sehingga kamu tidak akan memerlukan biaya tambahan jika harus melakukan perbaikan laptop. Namun jika pemakaian di atas 1 tahun, sebaiknya pilih dengan penggunaan yang jarang di pakai.

4. Periksa setiap partisi laptop

Tips lainnya yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan transaksi laptop bekas adalah dengan memeriksa setiap partisinya. Ada beberapa partisi dalam laptop yang wajib dan penting untuk di periksa yakni beberapa di antaranya adalah :

cara cek laptop bekas
  • Body Case
    Pastikan tidak ada lecet maupun cacat pada body laptop. Jika terdapat lecet maupun cacat, kemungkinan laptop mengalami benturan baik karena jatuh atau benda tumpul lainnya.
  • LCD Monitor
    Perhatikan pada bagian monitor, jika terdapat bintik-bintik atau hal lain pada LCD, sebaiknya berfikir ulang kembali untuk membeli.
  • Tombol Keyboard
    Periksa pada bagian keyboard dan pastikan semua tombol berfungsi dengan baik.
  • Touchpad
    Pastikan Touchpad masih dalam keadaan tebal dan ringan saat di gunakan. Sehingga kamu tidak perlu menekan untuk menggerakkan kursor.
  • Segel
    Periksa keadaan segel, laptop yang sudah tidak tersegel bisa jadi di karenakan pernah mengalami bongkaran.
  • Baterai dan Charger
    Sebaiknya untuk membeli laptop yang memiliki kualitas baterai baik. Dengan begitu kamu tidak harus sering menggunakan dalam keadaan tercharge. Selain itu periksa kabel charger dan pastikan berfungsi dengan baik.
  • CD/DVD Drive
    Jangan lupa lakukan pemeriksaan CD/DVD Drive jika memang tersedia.
  • Speaker
    Pastikan juga speaker dalam keadaan baik dan suaranya tidak sember atau memiliki gangguan lain.
Baca Juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu Indosat Gagal Registrasi

5. Ketahui spesifikasi laptop yang ingin dibeli

cara cek laptop bekas

Sebelum membeli laptop sebaiknya untuk kamu mengetahui spesifikasi laptop yang ingin dibeli. Selain itu kamu juga bisa menyesuaikan spesifikasi dengan kebutuhan. Cara untuk melakukan pemeriksaan spesifikasi laptop juga terbilang cukup mudah yakni hanya dengan klik tombol Start > Computer > (klik kanan) Properties.

6. Periksa kelengkapan

Sebenarnya ini bisa dikatakan penting dan tidak penting. Namun saat membeli laptop dalam keadaan bekas, sebaiknya untuk kamu mencari laptop yang lengkap. Lengkap disini dalam artian saat membeli laptop kamu bisa mendapatkan dus, tas laptop, dan kartu garansi. Akan lebih baik jika kamu membeli laptop bekas dan tetap mendapatkan garansi dari toko resminya. Namun jika memang tidak ada garansi resmi, pastikan kamu mendapatkan garansi yang diberikan langung oleh penjual.

Nah itulah beberapa cara cek saat ingin melakukan pembelian laptop bekas. Hal ini menjadi penting untuk kamu lakukan agar terhindar dari penipuan.

Baca Juga :

***