Epic99.com – Tips membeli iPhone bekas. IPhone menjadi salah satu smartphone dengan desain yang mewah dan sangat populer karena kualitasnya yang bagus. Oleh karena itu, banyak orang yang rela nabung untuk membeli sebuah iPhone. Di tambah dengan harga yang tidak murah, sehingga tidak sedikit orang yang memilih untuk membelinya dalam kondisi bekas.

tips membeli iPhone bekas

Jika kamu ingin membeli iPhone bekas, pastikan kamu tidak membelinya dengan terburu – buru. Di karenakan kamu membelinya dalam kondisi bekas, tentu kualitas yang akan kamu dapatkan akan berbeda di banding kamu membelinya dalam kondisi baru.

Berikut ini beberapa tips yang harus kamu ketahui untuk mendapatkan iPhone berkualitas meskipun kamu membelinya dalam kondisi bekas.

1. Sebaiknya membeli iPhone seri terbaru

Saat kamu ingin membeli iPhone bekas, sebaiknya kamu tidak membelinya dengan tipe keluaran lama. Hal tersebut di karenakan iPhone keluaran lama akan sulit jika ingin di jual kembali. Selain itu beberapa aplikasi terbarunya tidak bisa kamu gunakan pada iPhone seri lama.

2. Periksa hardware iPhone

Tips lainnya yang juga harus kamu perhatikan adalah dengan memeriksa kondisi hardware iPhone yanag ingin kamu beli.

2. Periksa hardware iPhone

Kamu bisa memeriksa pada bagiann body, charger, earphone, dan perangkat lainnya yang akan kamu dapatkan saat membeli iPhone bekas tersebut. Oleh karenanya pastikan semua hardware pada iPhone berfungsi secara normal.

3. Cek activation lock

iPhone memiliki fitur activation lock pada iPhone yang berfungsi agar orang lain tidak bisa menggunakan iPhone yang kita miliki. Selain itu, activation lock akan aktif saat pengguna sebelumnya menggunakan fitur Find My iPhone.

Untuk itu, kamu bisa meminta Apple ID milik pengguna sebelumnya untuk mensetting activation lock dan bisa menonaktifkannya.

Baca Juga:  3 Tips Mudah Menaikkan Level Akun Steam Dengan Cepat

4. Periksa kualitas baterai

Hal penting lainnya yang harus kamu perhatikan saat ingin membeli iPhone bekas adalah dengan memastikan baterai iPhone bekerja dengan baik. Terkadang yang menjadi masalah saat membeli iPhone bekas adalah baterai yang sangat boros.

4. Periksa kualitas baterai

Kamu bisa memeriksa apakah baterai iPhone berfungsi dengan baik adalah dengan masuk pada menu Settings > Battery > Battery Health > Maximum Capacity.

Saat angka masih mendekati 100% dengan begitu baterai iPhone masih memiliki kualitas yang baik.

5. Periksa semua bagian port iPhone berfungsi dengan baik

Mengecek semua bagian iPhone bisa menjadi salah satu yang juga harus diperhatikan. Kamu bisa mengecek layar iPhone dengan memasuki Notes ataupun Settings. Selanjutnya pastikan semua layar berwarna putih tanpa rona warna lain serta touchscreen bisa berfungsi dengan baik.

5. Periksa semua bagian port iPhone berfungsi dengan baik

Selain itu ada beberapa bagian yang juga harus kamu perhatikan yakni :

  • Cek semua port yang ada pada iPhone seperti charging dan earphone bisa berfungsi normal.
  • Selanjutnya periksa juga pada bagian kamera dan pastikan kualitas foto yang dihasilkan dalam keadaan baik.
  • Pemeriksaan lain yang tidak boleh tertinggal adalah dengan menekan tombol home, volume, dan touch ID. pastikan semua fungsinya juga berjalan dengan normal.
  • Tes speaker dan mikrofon iPhone menggunakan aplikasi Voice memo dan Siri.

6. Ketahui perbedaan iPhone SU dan FU

Sebelum membeli iPhone bekas, kamu harus mengetahui lebih dulu mengenai perbedaan iPhone SU dan FU. Untuk pengetahuan kamu, iPhone SU merupakan senis iPhone yang sudah di unlock menggunakan software oleh pabrik sehingga kamu hanya bisa menggunakan satu kartu saja.

Sedangkan iPhone FU sendiri merupakan jenis iPhone yang tidak dikunci oleh pabrik yang memungkinkan kamu bisa menggunakan semua kartu SIM diseluruh dunia.

Baca Juga:  Cara Bermain Game Dinosaurus di Google Chrome (Online dan Offline)

Oleh karenanya pastikan kamu memiliki iPhone jenis FU agar kamu bisa bebas mengganti layanan operator yang kamu inginkan.

7. Sebaiknya mencari iPhone yang masih bergaransi resmi

Sebaiknya kamu membeli iPhone bekas yang masih bergaransi resmi. Meskipun harganya sedikit lebih mahal, namun kualitasnya tentu lebih terjamin.

tips membeli iPhone bekas Sebaiknya mencari iPhone yang masih bergaransi resmi

Selain itu, untuk pengetahuan kamu bahwa tidak ada istilah garansi internasional untuk iPhone. Yang ada adalah garansi regional dimana pengguna iPhone hanya bisa klaim garansi di negara iPhone tersebut dikeluarkan.

Kamu bisa memeriksanya pada bagian belakang dus iPhone dengan kode negara berikut : MY/A (Malaysia), LL/A (Amerika), X/A (Australia), ZP/A (Singapura, Hongkong), PA/A (Indonesia).

8. Cek IMEI

Jika sekiranya kamu sudah mendapatkan iPhone dengan kualitas bagus, jangan lupa untuk memeriksa nomer IMEI yang ada pada iPhone tersebut. Atau kamu bisa memeriksanya pada menu Settings > General > About.

tips membeli iPhone bekas Cek IMEI

Setelah itu kamu bisa mengecek nomer IMEI pada laman Apple untuk mengetahui informasi mengenai waktu produksi dan juga sisa masa garansi iPhone tersebut.

9. Cek iCloud

Tips lainnya yang ahrus kamu perhatikan saat ingin membeli iPhone bekas adalah dengan memeriksa iCloud. Terutama saat kamu ingin deal membeli iPhone tersebut kamu bisa meresetnya saat itu juga.

Untuk memeriksa iCloud apakah masih aktif atau tidak kamu bisa masuk pada menu Settings > iCloud dan pastikan iCloud tersebut sudah kosong.

Dan untuk melakukan reset pada iCloud yang aktif adalah dengan masuk pada menu Settings > iCloud > Find My iPhone > Matikan maka nantinya kamu akan diminta password iCloud tersebut. Selanjutnya Erase All Content and Setting pada menu Settings > Reset > Erase All Content and Setting.

Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Watermark untuk Dokumen di Ms Word

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu praktekkan sebelum membeli iPhone bekas. Pastikan kamu mendapatkan iPhone bekas yang berkualitas dengan mengikuti beberapa tips yang telah dijelaskan sebelumnya.