5 Layanan Domain Gratis Dan Cara Pembuatannya

Epic99.com – Layanan domain gratis. Domain dalam sebuah website atauapun blog menjadi salah satu hal terpenting yang harus di gunakan. Selain itu domain sendiri bertujuan untuk memudahkan pengunjung saat mengakses konten yang kamu miliki.

layanan domain gratis

Biasanya para bloger profesional menggunakan domain berbayar untuk menunjang aktifitas blog. Namun jika di rasa kamu masih pemula dalam bidang web dan blog, kamu bisa mencobanya terlebih dahulu menggunakan domain gratis. Bahkan cara pembuatan domain gratis juga terbilang sangat mudah.


Untuk kamu yang penasaran, berikut ini beberapa layanan domain gratis beserta cara membuatnya.

5 Layanan domain gratis untuk blog dan website

Beberapa layanan domain bisa kamu gunakan secara gratis. Hal ini tentunya sangat di anjurkan untuk kamu yang masih pemula. Beberapa layanan domain gratis berikut ini bisa kamu gunakan sebagai penunjang web yang ingin kamu kembangkan.

freenom

1. Domain .TK

Layanan domain gratisan lainnya yang bisa kamu gunakan adalah domain .TK. Domain yang satu ini menjadi bagian dari joint venture antara pemerintah Tokelau yanng berada di Pasifik Selatan dengan perusahaaan swasta komunikasi Teletok.

Dalam hal ini pemerintah setempat menjadikan BV Dot TK sebagai pengelola proses registrasi secara eksklusif yang sekaligus memungkinkan penggunannya untuk menjalankan bisnis.

2. Domain .ML

Kamu bisa menggunakan domain .ML untuk mengelola website maupun blog secara gratis. Domain .ML sendiri di kelola oleh Agence des Technologies de l’Information et de la Communication (AGETIC) di Bamako, Mali.

Selain itu, perusahaan yang satu ini juga memberikan perlindungan terhadap IP yang kamu gunakan.

3. Domain .GA

Merupakan salah satu platform yang menyediakan domain .ga untuk penggunannya secara gratis. Selain itu domain ini juga d ikelola oleh Agence Nationale des Infastructures Numeriques et des Frequences (ANINF) yang berlokasi di gabon.

Baca Juga:  Cara Mudah Download Video TikTok tanpa Watermark

Sehingga nantinya kamu akan bisa mendaftar serta mengelola nama domain. ga yang kamu miliki dengan aman.

4. Domain .CF

Berasal dari Bangui, Republik Afrika Tengah. Domain .CF bertujuan untuk meningkatkan penggunaan internet yang ada di negara tersebut. Tidak hanya itu saja, bahkan .CF juga memberikan dana sebagai upaya untuk meningkatkan akses penduduknya dengan internet.

Domain yang satu ini juga memberikan tradmark serta perlindungan untuk IP yang kamu gunakan. Kamu juga bisa menggunakan domain ini secara internasional.

5. Domain .GQ

Guinea Ecuatorial de Telecomunicaciones Sociedad Anonima (GETESA) di Malabo, Guinea menyediakan domain gratis yang bisa dikelola sendiri oleh penggunanya. Tujuan dari perusahaan tersebut memberikan domain .GQ adalah semata – mata untuk meningkatkan sumber daya ccTLD yang menajadi hal terpenting dalam internet.


Cara membuat domain gratis

Cara membuat domain gratis

Jika kamu tertarik untuk menggunakan domain gratis untuk mengelola blog ataupun website. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu praktekkan dengan mudah :

  • Langkah awal yang harus kamau lakukan adalah dengan mengakses website freenom.com
  • Selanjutnya pada kolom Whois domain, kamu bisa cek domain yang kamu inginkan.
  • Jika ingin menemukan domain yang sesuai dengan keinginan, kamu bisa Check Avaibility.
  • Kamu bisa memilih ekstensi domain yang diinginkan, sebaiknya kamu juga amenyesuaikan dengan ketersediaannya.
  • Kamudian klik ekstensi yang sudah dipilih dan klik Checkout.
  • Lanjutkan pada proses registrasi dengan memasukan alamat email yang aktif.
  • Isilah data yang diperlukan.

Kesimpulan

Itulah beberapa layanan domain gratis yang bisa kamu gunakan beserta cara melakukan registrasinya. Domain gratis tentunya sangat direkomendasikan untuk kamu yang masih pemula dan sedang belajar untuk pengembangan web.

Dikarenakan kamu menggunakan layanan domain gratis, untuk itu jangan berharap kamu akan mendapatkan fitur menarik yang ada layaknya domain berbayar.***