Advertisements

Epic99.com – Memilih layanan server hosting. Server hosting memiliki peranan penting dalam memberikan kualitas penyediaan data website terhadap pengunjung yang ingin mengakses website kamu. Oleh karenanya kualitas server juga akan mempengaruhi kualitas website yang akan kamu kelola.

Meskipun pada dasarnya pengunjung tidak mengetahui layanan server hosting yang kamu gunakan. Namun jika kamu menggunakan jasa hosting yang buruk tentunya akan berpengaruh pada situs yang sulit di akses dan imbasnya langsung pada pengunjung yang malas untuk datang kembali ke situs kamu.


Nah kali ini akan di jelaskan beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan untuk menggunakan layanan server hosting terbaik.

1. Mengenal Jenis Server Hosting

1. Mengenal Jenis Server Hosting

Dalam layanan server hosting, terdapat beberapa jenis yang harus kamu ketahui sebagai berikut :

  • Shared

Menjadi server terendah karena dalam 1 buah server induk terdapat banyak akun hosting di dalamnya. Hal tersebut tentunya akan berdampak pada server yang mudah down sehingga website akan sulit di akses.

  • VPS (Virtual Private Server)

Serupa dengan Shared hosting. Dalam VPS terdapat banyak akun hosting dalam 1 buah server induk. Hanya saja jumlahnya tidak sebanyak Shared hosting.

  • Dedicated

Merupakan varian server yang paling tinggi. Hal tersebut di karenakan dalam 1 server induk hanya memiliki satu buah akun hosting. Sehingga semua source dalam server hanya melayani sebuah akun website.

Dengan penjelasan di atas tentunya kamu bisa menentukan mana server hosting yang paling cocok untuk kamu gunakan dalam pengelolaan website.

2. Teknikal Support 24 jam

Memilih Layanan Server Hosting 2. Teknikal Support 24 jam

Untuk menentukan layanan server hosting terbaik, kamu bisa memilih layanana yang tersedia teknikal support 24 jam setiap hari. Hal tersebut di karenakan kamu tidak mengetahui kapan, bagaimana, dan seperti apa website kita akan down secara tiba – tiba.

Baca Juga:  Tips Bermain Minesweeper, Game Jadul Paling Ngeselin !

Selain itu, pastikan layanan server hosting yang kamu gunakan memiliki kemudahan dalam melakukan pelayanan Service Contact dan live chat yang responsif.

3. Target Pengunjung Dan Penentuan Lokasi Server

Tips lainnya yang harus kamu perhatikan adalah penentuan terget pengunjung dan lokasi server. Hal tersebut sangat penting untuk di ketahui karena jika lokasi server berada di dalam negeri, maka website kamu akan lebih cepat di akses jika di dalam negeri. Begitupun sebaliknya, jika lokasi server berada di luar negeri, maka pengunjung dalam negeri akan lebih lama dalam mengakses website kamu.

4. Bandwidth

web hosting

Untuk kamu yang belum tahu, bandwith merupakan satuan kecepatan transfer data yang dihitung berdasarkan bit/second. Bandwith sendiri miliki 2 aspek yakni upload dan download.

Sebagai contoh, jika koneksi server hosting memiliki bandwith download sebesar 1 Mb/s, Sedangkan koneksi ISP kamu memiliki bandwith sebesar 50Mb/s. Maka otomatis kecepatan kamu dalam download file tidak akan lebih dari 1Mb/s.

Untuk cara mengetahuinya kamu bisa coba kontak ke sales hosting yang kalian tuju mengenai informasi Bandwidth tersebut.

5. Uptime Server

Uptime server disini memiliki arti mengenai kesetabilan suatu server hosting yang biasa di sebut dengan SLA (Self Level Agreement). Secara umum, SLA  di miliki oleh layanan server hosting tipe Dedicated keatas, jika kalian memilih hosting Shared atau VPS, maka jangan berharap mendapatkan SLA yang baik.

Selain itu biasanya nilai minimum SLA yaitu 99.9%, dalam satu bulan jika SLA selalu di bawah 99.9% maka dapat di pastikan server hosting tersebut akan sering mengalami downtime yang berarti website kamu akan sering sulit untuk di akses.

Baca Juga:  Tips Dan Strategi Terbaik Black Desert Mobile Untuk Pemula

6. Fitur Hosting

jika kamu ingin menggunakan suatu server hosting nanntinya kamu akan di minta untuk memilih aplikasi manajemen hosting yang biasa di sebut dengan Control Panel, di dalam Control Panel ini akan ada beberapa fitur-fitur yang dapat langsung di gunakan, mulai dari fitur Backup DataEmail Management, CMS InstallationStatisticDatabaseLogs, Dll. Dengan begitu semakin banyak fitur yang di tawarkan maka akan semakin baik bagi kamu dalam mengelola server hosting tersebut.***