5 Tips Penting Memilih Smartphone Terbaik Untuk Gaming

Epic99.com – Tips memilih smartphone terbaik untuk gaming. Kebutuhan smartphone memang tidak bisa di hindari lagi. Dalam dunia game, smartphone juga memiliki peran yang tidak kalah penting di bandingkan PC maupun console game.

Saat ini sudah banyak game yang tersedia di android dengan ukuran yang beragam dan sangat menarik untuk dimainkan. Sebagai pecinta game, memiliki smartphone gaming merupakan hal yang lumrah di masa sekarang ini.

tips smartphone untuk gaming

Terlebih sekarang ini banyak game yang mengharuskan smartphone memiliki kapasitas tertentu agar bisa memasang game di ponsel. Lalu bagaimana tips memilih smartphone gaming yang tepat agar mudah lag akibat spesifikasi yang berat pda game.

Berikut adalah beberapa tips yang harus di perhatikan saat ingin membeli smartphone gaming yang sesuai dengan kebutuhan.

1. Prosesor

Tips pertama yang harus kamu perhatikan sebelum membeli smartphone gaming adalah perhatikan prosesor yang di gunakan.

Dengan memilih prosesor yang tepat tentu akan memberikan kualitas bermain yang maksimal. Meskipun berbeda dengan PC, namun prosesor yang terpasang dalam smartphone sangat berpengaruh pada performa smartphone itu sendiri baik dari grafis maupun efek gamenya.

Jadi pastikan smartphone yang ingin kamu beli terpasang prosesor yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Random Access Memory (RAM)

Menjadi komponen penting dalam smartphone yang berguna untuk melakukan penyimpanan data sementara. RAM alias Random Access Memory juga harus menjadi perhatian utama sebelum membeli smartphone gaming.

tips smartphone untuk gaming RAM

Selain itu RAM memang penting bahkan tidak hanya dalam dunia game. Apabila kapasitas RAM di smartphone sudah mencapai batas maksimal, tentunya akan berpengaruh juga pada game yang membuat game tersebut berjalan lambat atau bahkan ngelag.

Sebaiknya kamu memilih RAM minimal 3 GB untuk bisa bermain game – game mobile yang terbirang berat.

Baca Juga:  Cara Menyelesaikan Rubik 3x3 Untuk Pemula, Begini Rumusnya !

3. Spesifikasi Layar

Di saat kamu ingin mencari smartphone gaming. Jangan lupa untuk memperhatikan ukuran layar yang tentunya akan berpengaruh pada genggaman tangan.

Biasanya untuk ukuran dan rasio yang di rekomendasikan untuk bermain game adalah dengan layar 5 inchi di sertai rasio 18:9 yang akan memberikan pengalaman bermain game menjadi seru dan menyenangkan.

Namun tetap sesuaikan juga dengan ukuran tanganmu, dan jangan terlalu memaksakan jika tidak nyaman di genggam.

4. Fitur Pendingin

Salah satu fitur yang juga harus kamu pertimbangkan sebelum membeli smartphone gaming. Hal ini di karenakan biasanya smartphone akan menjadi panas apbila bekerja ekstra terutama untuk aplikasi game.

fitur pendingin

Sehingga semakin cepat panas maka akan berpengaruh dengan performa smartphone yang semakin menurun.

Jadi usahakan agar kamu memilih smartphone gaming yang sudah mendukung fitur pendingin agar smartphone tidak mudah panas terutama saat sedang bermain game.

5. Ukuran Baterai

Point penting lainnya yang juga tidak boleh terlewatkan untuk diperhatikan adalah baterai. Sebaiknya pastikan besaran baterai yang di tanam pada smartphone tersebut cukup saat sedang di gunakan untuk bermain game selama berjam – jam.

baterai smartphone gaming

Hal ini di karenakan biasanya daya baterai yang di mainkan untuk bermain game akan lebih cepat habis di bandingkan jika hanya untuk membuka aplikasi lain seperti Chatting maupun telepon.

Kamu bisa memilih daya baterai minimal 4.000mAH untuk bisa memainkan game berat dengan puas tanpa mudah berkurang daya.

Nah itulah 5 point penting yang harus kamu perhatikan sebelum membeli smartphone untuk gaming. Pastikan kamu memilih smartphone yang sesuai dengan kebutuhan dan tetap sesuaikan juga dengan budget yang kamu miliki. Di tambah lagi saat ini sudah banyak brand smartphone yang mengeluarkan ponsel murah dengan kualitas maksimal yang bisa menjadi alternatif terbaikmu***