Cara Mudah Beli Pelatihan Prakerja untuk Pemula

Cara beli Pelatihan Prakerja – Beberapa orang mungkin merasa bingung dengan perubahan yang terjadi karena program pengembangan kompetensi angkatan kerja ini kembali ke skema normal dengan target hingga 1 juta peserta. Termasuk cara yang tepat untuk membeli pelatihan Prakerja 2023.

Menurut Perpres (Peraturan Presiden) No. 113 Tahun 2022 dan Permenko (Peraturan Menteri Koordinasi) Perekonomian No. 17 Tahun 2022, Prakerja tidak lagi termasuk dalam bansos.

Pelatihan awalnya di adakan secara online karena pemberlakuan PSBB membatasi mobilitas. Namun, seperti yang di nyatakan oleh prakerja.go.id di situs web resmi, peserta akan dapat memilih jenis pelatihan sesuai dengan kebutuhan sesuai dengan skema standar pada tahun 2023, yang mencakup :

1. Pelatihan Online

Perangkat digital seperti ponsel pintar atau komputer yang terkoneksi ke internet di gunakan untuk memberikan instruksi secara online. Peserta yang mengikuti pelatihan online tidak perlu melakukan tatap muka di tempat fisik. Peserta dapat pergi ke mana saja sesuai jadwal mereka. Webinar dan sistem manajemen pembelajaran (LMS) adalah contoh pelatihan jenis ini.

2. Pelatihan Offline

Peserta Prakerja Offline 2023 harus menghadiri kegiatan yang di tetapkan oleh penyedia layanan sesuai dengan lokasi dan jadwal yang telah di umumkan melalui platform dan media sosial.

3. Pelatihan Hybrid

Baik pelatihan tatap muka maupun online tetap membutuhkan perangkat elektronik dengan akses internet. Selain itu, peserta harus hadir di lokasi yang telah di tetapkan oleh lembaga pelatihan.

Jenis pelatihan yang dapat di beli dengan saldo Prakerja mencakup keterampilan teknis dan soft skills. Menurut situs resmi program, yang di awasi oleh Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian, peserta di sarankan untuk mengunjungi digital platform untuk menilai topik yang mereka minati. Anda juga dapat mengakses rekomendasi di dashboard Prakerja.

Cara beli Pelatihan Prakerja

Setelah di nyatakan lolos sebagai penerima kartu Prakerja gelombang 48, peserta memiliki 15 hari untuk membeli pelatihan pertama, menurut akun Instagram terverifikasi @prakerja.go.id. Tenggat waktu akan di lewati, dan anggota akan di anggap tidak aktif. Saldo pelatihan sebesar Rp 3,5 juta akan di hapus dan di kembalikan ke Kas Umum Negara (KUN).

Untuk menerima insentif Prakerja 2023, pastikan untuk menyambungkan akun e-wallet atau rekening bank. melibatkan Rp 600 ribu untuk kompensasi biaya transportasi dan Rp 100 ribu untuk hasil pengisian survei dua kali. BNI, BCA, LinkAja, OVO, DANA, dan GoPay adalah beberapa perusahaan pembayaran yang bekerja sama.

Tokopedia, Bukalapak, SIAP kerja, PINTAR, pijar, dan karier.mu adalah beberapa platform yang dapat Anda gunakan untuk membeli pelatihan kartu Prakerja 2023. Selain itu, di sebutkan bahwa lembaga pelatihan yang bergabung akan terus bertambah sesuai dengan permintaan masing-masing instansi.

  • Akses aplikasi Tokopedia di HP Anda dengan nomor ponsel Anda.
  • Ketikkan “Prakerja” di kolom pencarian.
  • Pilih “Kategori pelatihan”. Ini dapat mencakup hal-hal seperti bahasa asing, media sosial, desain grafis, atau pertanian.
  • Pendidikan, umur, dan lokasi dapat di pilih dengan menggunakan filter.
  • Jika Anda yakin untuk “Pilih Jadwal”, baca keterangan pelatihan dengan teliti.
  • Setelah memilih satu jadwal dan memastikan Anda dapat hadir di setiap kelas, klik “Lanjutkan”.
  • Setelah memeriksa kembali deskripsi pelatihan, tekan tombol “Konfirmasi Kehadiran”.
  • Cara untuk membeli pelatihan kartu Prakerja 2023 berikutnya adalah dengan mengetikkan 16 digit nomornya dan menekan “Bayar”.
  • Kode verifikasi yang dikirim melalui SMS harus diketikkan.
  • Selamat, transaksi dilakukan dengan baik. Segera periksa halaman utama Prakerja untuk kode redeem dan halaman riwayat transaksi top up dan tagihan untuk kode voucher.

Baca Juga :

***