Epic99.com – Mengembalikan kesehatan baterai iPhone menjadi 100. Penggunaan iPhone semakin banyak diganderungi. Terlebih lagi iPhone sendiri dilengkapi dengan fitur menarik yang bahkan tidak ada pada android.

Seperti salah satu fiturnya adalah Batterai Health. Dimana penggunaan baterai akan di nilai secara persentase apakah masih sehat atau justru sebaliknya. Sehingga semakin banyak persentase kesehatan baterai tentunya akan semakin bagus.

Terutama jika kamu ingin membeli perangkat iPhone bekas, penting agar memperhatikan kesehatan baterai. Pastikan untuk tidak membeli iPhone dengan kesehatan baterai yang sudah di bawah 95%.

Lalu bagaimana jika ternyata kesehatan baterai pada device yang kamu gunakan sudah terlanjur turun. Berikut ini cara mengembalikannya agar menjadi 100 persen.


Mengembalikan kesehatan baterai iPhone menjadi 100

1. Ganti Baterai

Sebenarnya jika kualitas baterai menurun tidak terlalu signifikan, kamu bisa menahan untuk membeli baterai iPhone yang baru. Terlebih lagi dari segi harga, baterai iPhone memiliki harga yang tidak bersahabat.

kesehatan baterai iphone 100

Namun jika faktanya kesehatan baterai pada iPhone yang kamu gunakan sangat menurun drastis hingga menginjak angka di bawah 80 persen, maka alternatif terbaik yang bisa kamu lakukan adalah dengan ganti baterai baru.

2. Sebaiknya menggunakan charger original

Hal penting lainnya yang harus di perhatikan agar kualitas kesehatan baterai tidak menurun secara drastis adalah dengan menggunakan charger original. Charger original pada iPhone tentunya akan membawa arus listrik yang stabil.

kesehatan baterai iphone 100

Selain itu hindari juga mengisi daya di waktu yang berlebihan seperti sepanjang malam. Makismal pengisian daya perangkat smartphone untuk menjaga kesehatan baterai adalah 99 persen.

3. Manfaatkan kalibrasi pada iPhone

Istilah kalibrasi pada perangkat iPhone adalah proses normalisasi agar kapasitas baterai mampu terbaca oleh sistem secara akurat. Hal ini di lakukan biasanya bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan pada sistem saat melakukan deteksi baterai.

kesehatan baterai iphone 100

Untuk melakukan kalibrasi baterai iPhone, berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan :

  • Charger ponsel hingga kondisi penuh 100 persen.
  • Gunakan iPhone secara terus menerus hingga daya mati karena kehabisan baterai.
  • Kemudian charger kembali iPhone hingga 100 persen.
  • Pastikan untuk tidak memainkan ponsel saat dalam keadaan mengisi daya.
  • Lakukan langkah yang sama berulang kali hingga proses kalibrasi selesai.
Baca Juga:  Tutorial Mudah Backup Situs WordPress Secara Manual

Nantinya kamu juga akan bisa menilai bahwa kesehatan baterai iPhone yang masih normal akan membutuhkan waktu yang lama hingga daya habis.

4. Hindari mengisi daya dalam keadaan baterai mati total

Jika kamu tidak sedang melakukan kalibrasi pada baterai iPhone, sebaiknya hindari mengisi daya saat iPhone benar-benar mati total. Jika sudah 30%, kamu bisa mulai untuk mengisi daya hingga baterai penuh 99 persen.

Selain itu hindari juga aplikasi yang berjalan di belakang layar. Hal tersebut biasanya akan memakan daya baterai lebih cepat dan juga penggunaan kuota untuk aplikasi online.


Sebenarnya untuk menjaga kesehatan baterai iPhone sendiri caranya cukup mudah. Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, bahkan tidak ada yang bisa menjaga kesehatan baterai iPhone selain penggunannya sendiri. Oleh karena itu sebaiknya untuk lebih bersabar agar tidak memainkan iPhone jika dalam keadaan mengisi daya. Hindari juga melakukan pengisian daya dalam waktu yang lama.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone kembali menjadi 100. Selamat Mencoba !

Baca Juga :

***