8 Cara Menghemat Baterai iPhone Agar Lebih Tahan Lama

Epic99.com – Cara menghemat baterai iPhone. Kebanyakan pengguna iPhone mengeliuhkan penggunaan baterai yang sedikit lebih boros jika di bandingkan dengan android. Meskipun begitu kepopuleran iPhone nyatanya tidak berpengaruh, bahkan hingga kini semakin banyak yang tertarik dan pindah haluan dari android menjadi iPhone. Sebagai alternatifnya, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk lebih menghemat baterai iPhone.

Namun sebelum itu, pastikan kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai kapasitas baterai iPhone. Seperti contohnya iPhone 13 Pro yang nyatanya merupakan seri terbaru dari produk iPhone ini hanya memiliki kapasitas baterai 4.352 mAh. Hal ini tentunya akan berbanding jauh dengan Android yang bahkan hingga melebihi 5000 mAh. Sehingga dalam penggunaan normal iPhone 13 pro hanya mampu bertahan maksimal 7 jam setiap hari.

Selain itu penggunaan baterai juga bisa di pengaruhi dari penggunaan aplikasi dan sistem operasi. Pengaruh lainnya yang sering terjadi adalah usia baterai yang cenderung sudah lama atau usang. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk lebih menghemat baterai iPhone.

Cara menghemat baterai iPhone

1. Gunakan charger original

cara menghemat baterai iPhone

Tips penting yang harus di lakukan untuk bisa lebih menghemat baterai adalah dengan menggunakan charger original baik dari segi charger maupun adaptornya. Hal ini di karenakan biasanya charger original memiliki daya yang sesuai dengan kemampuan baterai iPhone. Terlebih lagi jika kamu sering menggunakkan baterai yang tidak original tentu output daya tidak sesuai dengan kapasitas iPhone sehingga bisa merusak kesehatan baterai iPhone.

2. Jangan terlalu lama mengisi daya iPhone

Sebaiknya untuk kamu mengisi daya tidak lebih dari 80 persen terlebih pada penggunaan yang intens. Hal ini di karenakan penggunaan perangkat secara intens akan menambah temperatur menjadi naik. Selain itu charge perangkat juga tentunya juga akan menambah temperatur suhu iPhone. Oleh karena itu sebaiknya mencharge iPhone tidak terlalu lama agar suhu iPhone bisa terus stabil.

Baca Juga:  The Legend of Zelda dan Donkey Kong Akan Dirilis Oleh Nitendo

3. Jangan letakkan iPhone di tempat yang panas

cara menghemat baterai iPhone

Sebaiknya jangan letakkan iPhone di tempat yang panas. Untuk kamu ketahui, iPhone sendiri hanya mampu beroperasi dalam suhu berkisar antara 16 hingga 22 derajat celscius. Sehingga jika lebih dari itu maka akan mempengaruhi kapasitas penggunaan baterai.

4. Sering lakukan update aplikasi

Tips lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menghemat kapasitas baterai iPhone adalah dengan sering melakukan update aplikasi. Terkadang banyak aplikasi dalam versi terbarunya memiliki fitur hemat baterai sehingga lebih membantu pengurangan penggunaan baterai. Seperti contohnya pada versi OS terbaru iPhone yakni iOS 13 sudah di lengkapi dengan fitur yang bisa berhenti otomatis mengisi daya jika sudah mencapai 80 persen.

5. Menggunakan fitur kecerahan otomatis

cara menghemat baterai iPhone

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menghemat penggunaan iPhone adalah dengan mengaktifkan fitur kecerahan otomatis. Di mana biasanya fitur ini bisa menyesuaikan tingkat kecerangan sesuai dengan kondisi cahaya yang ada di sekitar penggunanya.

6. Manfaatkan fitur Mode Daya Rendah

Dalam iPhone terdapat fitur penggunaan mode daya rendah. Sehingga kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut dan membuat penggunaan baterai menjadi lebih hemat. Berikut beberapa langkah untuk mengaktifkannya :

  • Pilih menu pengaturan perangkat.
  • Selanjutnya klik Baterai.
  • Aktifkan mode daya rendah.

7. Nonaktifkan notifikasi

cara menghemat baterai iPhone

Dalam aplikasi, ada beberapa notifikasi yang sebenarnya tidak penting untuk kamu ketahui. Oleh karena itu kamu bisa menonaktifkannya di pengaturan agar bisa menghemat penggunaan baterai. Sehingga iPhone tidak akan terbangun hanya untuk notifikasi yang sebenarnya tidak penting.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat baterai iPhone. Dengan begitu kualitas baterai iPhone yang kamu gunakan juga akan tetap sehat dan tidak boros.

Baca Juga:  2 Cara Mudah Mengecek Bantuan BSU BPJS Ketenagakerjaan

8. Nonaktifkan penyegaran aplikasi dilatar belakang

Banyak aplikasi dalam smartphone yang sebenarnya masih berjalan meskipun tidak sedang di gunakan. Sehingga biasanya aplikasi tersebut akan berjalan di latar belakang. Oleh karena itu kamu bisa menonaktifkan penyegaran aplikasi yang masih berjalan di latar belakang. Cara yang bisa kamu lakukan juga terbilang cukup mudah yakni :

  • Pilih menu pengaturan perangkat.
  • Selanjutnya klik pada pilihan Umum.
  • Scroll kebawah hingga kamu menemukan Segarkan App di Latar.
  • Pilih aplikasi dan nonaktifkan.

Baca Juga :

***