4 Langkah Mudah Menambahkan Font Baru di Photoshop

Epic99.com – Menambahkan font di Photoshop. Jika kamu adalah seorang design graphic, tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi desain Photoshop. Di mana aplikasi yang cukup populer milik Adobe ini dilengkapi beragam fitur menarik dan cenderung mudah di gunakan. Lebih dari itu koleksi fontnya juga sebenarnya ada banyak sekali, namun kamu bisa menambahkan font lainnya sesuai keinginan.

menambahkan font di photoshop

Cara menambahkan font di Photoshop terbilang cukup mudah di lakukan. Selain itu kamu bisa mendownload font melalui situs yang tersedia baik secara gratis maupun berbayar.

Pada artikel kali ini akan di jelaskan mengenai bagaimana cara menambahkan font di Photoshop dengan mudah. Simak ulasan berikut hingga akhir !

Cara menambahkan font baru di Photoshop

Melakukan pekerjaan di Photoshop setiap harinya tentu akan membuatmu bosan dengan jenis font yang ada. Oleh karena itu tidak jarang seorang desiner menambahkan font baru di Photoshop agar hasil desain bisa terkesan lebih berbeda.

menambahkan font di photoshop

Untuk cara menambahakannya, simak beberapa langkah di bawah ini :

Langkah 1, Download Font

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menyiapkan fontnya terlebih dahulu. Kamu bisa mendwonload di berbagai situs penyedia font. Kemudian carilah jenis font yang di inginkan. Terakhir download font dan tunggulah beberapa saat.

Langkah 2, Ekstrak Font

Setelah font yang ingin di tambahkan berhasil di download, selanjutnya ekstrak font tersebut. Cara ekstraknya sendiri tidak jauh berbeda dengan ekstrak file pada umumnya. Kamu hanya perlu klik kanan lalu pilih Ekstrak File. Nantinya akan muncul file font beserta folder sekaligus nama fontnya.

Langkah 3, Instal Font

Hal yang harus di lakukan selanjutnya adalah menginstal Font. Setelah file font berhasil di ekstrak, kamu hanya perlu klik kanan pada file font dengan format TTF (TrueTypefontFile). Terakhir klik Install untuk melakukan pemasangan font.

Baca Juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi Low Value Content Pada Google Adsense

Langkah 4, Cek Font

Langkah terakhir yang harus di lakukan adalah dengan mengecek font di aplikasi Photoshop. Bukalah aplikasinya dan coba untuk membuat lembar kerja baru. Kemudian pilih Horizontal Type Tool dan cek pada Ribbon Bar. Lihat pada Font Style apakah font yang terinstal sudah tersedia atau belum.

menambahkan font di photoshop

Rekomendasi situs penyedia Font

Setelah mengetahui bagaimana cara menambahkan font di Photoshop, selanjutnya hal yang harus kamu ketahui adalah rekomendasi situs penyedia font. Sebenarnya ada banyak sekali situs yang menyediakan font, namun ada yang berbayar dan gratis. Jika ingin mencari situs gratis, berikut beberapa rekomendasinya :

1. Google Font

Merupakan situs penyeida font milik Google, kamu bisa mencari font yang sesuai kebutuhan untuk kemudian mendownloadnya secara gratis. Pada situs ini setidaknya terdapat lebih dari 900 jenis font gratis yang bisa di download. Selain itu kelebihan dari Google Font adalah tersedianya fitur Pairings. Di mana kamu bisa dengan mudah menemukan perpaduan font yang cocok untuk desain tertentu.

2. DaFont

Situs penyedia font yang satu ini terbilang cukup populer dan banyak di gunakan. Bagaimana tidak di dalamnya terdapat lebih dari 50 ribu jenis font yang bisa di download. Lebih dari itu, kamu bisa menemukan berbagai jenis font dengan berbagai tema mulai dari game, valentine, dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. FontSquirrel

Situs penyedia font lainnya yang direkomendasikan adalah FontSquirrel. Di mana situs ini tidak kalah menyediakan banyak jenis font yang bisa di download gratis. Menariknya lagi, situs ini di lengkapi dengan fitus Find Fonts untuk memudahkan pengguna mencari font berdasarkan kategori.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menambahkan font baru di Photoshop. Selain itu cara diatas cenderung mudah dilakukan. Selamat Mancoba !

Baca Juga:  3 Tips Mudah Menaikkan Level Akun Steam Dengan Cepat

Baca Juga :

***