Contoh dan Cara Membuat CV yang Terbaca di ATS

Epic99.com – Contoh CV ATS. CV merupakan singkatan dari Curiculum Vitae yang biasanya menyakup data pribadi, pengalaman, dan pendidikan seseorang. Selain itu CV berguna untuk melamar pekerjaan sekaligus menjadi gerbang utama seseorang mendapatkan panggilan kerja.

Terlebih jika kamu melamar pekerjaan di perusahaan besar, CV adalah point penting yang harus di perhatikan. Di mana kamu harus membuat CV yang bisa di baca menggunakan ATS. Jelas saja karena perusahaan besar menggunakan ATS atau Applicant Tracking System untuk mempercepat proses lamaran kerja.

contoh CV ATS

Oleh karena itu jika kamu mengajukan lamaran di perusahaan dengan CV yang tidak bisa di track oleh system mereka, maka secara otomatis kamu akan gugur begitu saja. Hal ini akan tetap terjadi bahkan jika pengalaman dan pendidikan yang kamu tempuh memiliki prestasi yang bagus sekalipun.

Lalu bagaimana CV ATS yang seharusnya? Dan bagaimana cara membuatnya? Nah untuk kamu yang mengajukan pertanyaan tersebut, simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui bagaimana caranya !

Apa itu ATS?

Sebelum masuk pada bagian pembuatan CV yang bisa di baca oleh ATS, alangkah lebih baiknya jika kamu mengetahui lebih dulu apa itu ATS. ATS merupakan singkatan dari Applicant Tracking System yang tidak lain adalah aplikasi untuk memudahkan HRD dalam melakukan screening CV pelamar.

Nantinya ATS akan memberikan hasil berupa skor, sehingga semakin tinggi skor maka akan semakin direkomendasikan oleh system. Begitupun sebaliknya jika skor CVnya standar maka system akan menolak secara otomatis.


Cara membuat CV ATS

Membuat CV ATS bukanlah hal yang sulit jika kamu mengetahui rahasia di dalamnya. Selain itu CV ATS juga membutuhkan format tertentu agar bisa di baca secara maksimal. Ada beberapa cara yang harus di lakukan untuk membuat CV ATS. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu praktekkan :

Baca Juga:  7 Cara Mudah Mempercepat Loading pada Website

1. Sebaiknya menggunakan template yang tersedia

Untuk memudahkan kandidat dalam membuat CV yang bisa di baca oleh ATS, maka sebaiknya untuk memanfaatkan template yang tersedia. Hingga kini sudah banyak situs di internet yang memberikan template CV ATS gratis. Kamu hanya perlu memilih dan menyesuaikan dengan kebutuhan saja.

Salah satu situs CV ATS yang cukup populer dan banyak di gunakan adalah https://www.wozber.com/en-gb/cv-templates/ats-friendly.

2. Gunakan keyword yang sesuai

ATS bisa membaca CV bahkan dengan informasi yang detail sekalipun. Di karenakan ATS adalah sebuah system yang dijalankan oleh mesin, tentu tidak ada kata maklum seperti yang sering dilakukan oleh manusia. Sehingga jika ada CV yang salah sedikit saja maka ATS secara otomatis tidak akan menerimanya.

Oleh karena itu pastikan tidak ada kesalahan sekecil apapun dalam membuat CV. Gunakan keyword yang sesuai dengan kualifikasi yang sedang di butuhkan oleh HRD.

Seperti misalkan lowongan yang di ajukan adalah Design Graphic, maka manfaatkan beberapa keyword seperti Photoshop, Adobe Premier, dan lainnya yang sesuai. Sehingga jika CV mengandung keyword yang sesuai, maka skor yang di dapatkan akan lebih tinggi.

3. Gunakan format yang sederhana

CV ATS friendly sebenarnya hanya membutuhkan tampilan yang sederhana. Hanya saja kamu harus membuat CV menjadi lebih rapi dan sistematis agar mudah di baca oleh sistem. Disarankan untuk menggunakan format seperti simbol poin dan angka dibandingkan penggunaan paragraf.

Selain itu format CV yang mudah di baca oleh sistem adalah reverse-chronological yakni menekankan pada pengalaman kerja.

4. Gunakan CV hanya untuk 1 posisi

Jika melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, hindari melamar banyak posisi sekaligus. Alih-alih mendapatkan banyak peluang, melamar pekerjaan di banyak posisi dalam 1 perusahaan justru akan membuatmu dengan mudah di hempaskan begitu saja.

Baca Juga:  Cara Membuat QR Code yang Berisi Alamat Google Maps

Hal ini akan menjadi fatal bahkan jika CV yang kamu ajukan mendapatkan skor tinggi sekalipun. Melamar pekerjaan di banyak posisi dalam 1 perusahaan akan membuat HRD menjadi bingung dengan apa yang sebenarnya menjadi minat kamu. Selain itu biasanya HRD akan menilai bahwa kamu tidak memiliki skill khusus.

5. Hindari beberapa hal dibawah ini

Ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari jika ingin CV yang kamu buat mendapatkan skor tinggi di ATS. Berikut beberapa halnya :

  • Hindari penggunaan tabel dan kolom
  • Jangan membuat header dan footer
  • Tidak menggunakan banyak gambar maupun grafik
  • Hindari penjelasan yang bertele-tele

6. Perhatikan format file

Jangan menggunakan format file untuk CV seperti JPG, JPEG, atau bahkan PNG. Hal ini di karenakan ATS sendiri tidak bisa melakukan skrining CV dalam format gambar. Kamu bisa menyimpan CV dengan format DOCX atau PDF lebih baik.


Contoh CV ATS

Nah setelah mengetahui apa saja yang harus di lakukan dalam membuat CV ATS, selanjutnya kamu bisa langsung membuat CV yang mudah di baca oleh sistem. Adapun beberapa contoh CV yang ATS friendly adalah sebagai berikut :

contoh CV ATS
contoh CV ATS

Demikian beberapa informasi sekaligus penjelasan mengenai CV ATS. Pastikan sebelum melamar pekerjaan, kamu membuat CV yang mudah dibaca oleh sistem. Dengan begitu peluang mendapatkan panggilan dari HRD menjadi lebih besar.

Baca Juga :

***

Baca Juga:  Cara Melacak Lokasi Seseorang Menggunakan IP Address