Epic99.com – Penyebab kartu SIM tidak terbaca. Penggunaan sim card terkadang mengalami masalah bagi sebagian pengguna. Tentu hal tersebut membuat pengguna merasa kesal. Bagaimana tidak sim card menjadi salah satu peranan penting dalam penggunaan smartphone.

Salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah sim card yang tidak terbaca. Selain itu ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya untuk kamu ketahui.

penyebab kartu sim tidak terbaca

Pada artikel kali ini, kamu tidak hanya akan mengetahui penyebab sim card tidak terbaca saja, melainkan juga kamu akan bisa mengetahui cara mengatasinya. Simak ulasan berikut !

Penyebab SIM Card tidak terbaca

Ada beberapa penyebab yang umum terjadi dalam permasalahan kartu sim yang tidak terbaca. Untuk itu, sebelum ke inti pembahasan yakni bagaimana cara mengatasi kartu sim yang tidak terbaca, ada baiknya kamu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu seperti dibawah ini :

penyebab kartu sim tidak terbaca

1. Penggunaan kartu sim yang sudah cukup lama

Kartu SIM yang sudah lama digunakan biasanya akan mengalami kerusakan dari segi fisik. Terutama pada kuningan kartu akan mengalami degradasi. Sehingga jika dibiarkan terus menerus hingga bertahun-tahun, maka yang akan terjadi adalah kartu sim menjadi tidak terbaca.

2. Kuningan kartu yang mengalami kerusakan

Penyebab lainnya yang mengakibatkan terjadinya kartu sim tidak terbaca adalah kuningan yang rusak. Sebagai informasi tambahan, kuningan yang ada pada kartu sim memiliki peranan penting yakni sebagai penyimpan data. Oleh karenanya jika kuningan kartu mengalami kerusakan, maka otomatis kartu sim menjadi tidak terbaca di smartphone.

3. Masalah overheat

Masalah yang satu ini berhubungan dengan suhu panas pada smartphone. Terlebih lagi posisi kartu sim sendiri yang memang berada di komponen yang rawan panas. Sehingga jika smartphone atau bagian dari smartphone mengalami overheat, maka akan berpengaruh juga pada kartu sim yang tidak terbaca.

Baca Juga:  Cara Mudah Melakukan Backup Email Microsoft Outlook

Cara mengatasi kartu sim tidak terbaca

Setelah mengetahui penyebab terjadinya kartu sim yang tidak terbaca, selanjutnya akan dibahas mengenai cara mengatasinya. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kartu sim tidak terbaca seperti diantaranya adalah :

penyebab kartu sim tidak terbaca

1. Bersihkan kartu sim

Jika kartu sim yang kamu gunakan tidak terbaca, kamu bisa mengatasinya dengan cara membersihkan fisik kartu sim terlebih dahulu. Terutama pada bagian kuningan yang berpotensi adanya debu menumpuk. Selain itu cara ini juga sangat mudah untuk dilakukan.

2. Reset data ponsel

Jika kamu mengalami permasalahan kartu sim yang tidak terbaca, sebaiknya untuk menunggu waktu beberapa lama terlebih dahulu. Namun jika dalam beberapa waktu, kartu sim tidak kunjung terbaca pada smartphone, kamu bisa melakukan reset data ponsel. Hanya saja sebelum melakukan cara ini, pastikan kamu sudah melakukan backup data terlebih dahulu agar tidak kehilangan data yang penting.

3. Hubungi customer service provider

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan kartu sim yang tidak terbaca adalah dengan mengubungi customer service provider yang kamu gunakan. Kamu bisa mengatakan permasalahan yang sedang kamu alami, dan kemungkinan pihak provider akan memberikan fisik kartu yang baru dengan nomor yang sama.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi permasalahan kartu sim yang tidak terbaca. Kamu bisa mencoba semua cara yang sekiranya bisa menyelesaikan permasalahan tersebut. Selamat mencoba !

Baca Juga :

***

Baca Juga:  Cara Install Aplikasi Android Di PC/Laptop Windows 11 Tanpa Emulator