Epic99.com – Penyebab dan cara mengatasi sinyal wifi yang lemah. Penggunaan Wifi yang lemot seringkali di rasakan oleh penggunanya. Sehingga akan sangat mengesalkan terlebih jika ingin menyelesaikan sebuah pekerjaan mendesak. Hal tersebut biasanya di karenakan sinyal Wifi yang memang lemah. Selain itu masalah lain yang sering terjadi adalah di karenakan bangunan berdinding tebal, atau bisa jadi karena masalah jarak yang terlalu jauh.

Oleh karenanya pastikan kamu bisa mengetahui cara membuat sinyal wifi menjadi lebih kuat. Pada artikel kali ini akan di berikan beberapa tips yang bisa kamu praktekkan agar sinya Wifi lebih stabil dan akses internet menjadi lancar. Berikut ulasannya !


Penyebab sinyal wifi menjadi lemah

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, ada beberapa penyebab terjadinya sinyal wifi yang lemah. Berikut ini beberapa di antaranya :

1. Router di letakkan di tempat yang tidak sesuai

Sinyal wifi bisa jadi melemah di karenakan posisi router yang tidak sesuai. Bisa jadi kamu meletakkannya di ruangan tertutup atau di antara banyaknya benda dan tembok yang menghalangi.

1. Router diletakkan di tempat yang tidak sesuai

2. Bandwidth mencapai batas penggunaan

Penggunaan wifi tentunya memiliki bandwidth yang terbatas. Oleh karena itu jika bandwidth sudah mencapai batas maksimal, nantinya sinyal wifi akan menjadi lemah atau bahkan tidak bisa di gunakan sama sekali.

3. Lokasi wifi yang terlalu jauh

Jarak wifi yang terlalu jauh tentunya akan berpengaruh pada kekuatan sinyal. Untuk itu jika kamu ingin lebih lancar dalam penggunaan wifi, sebaiknya agar berada di lokasi yang dekat dengan modemnya.

4. Sedang mendownload file dengan kapasitas besar

Jika kamu merasakan wifi internet yang lemot, pastikan hal tersebut bukan di sebabkan oleh proses download dengan file besar. Hal tersebut di karenakan biasanya download file dengan ukuran yang relatif besar akan mengakibatkan sinyal wifi menjadi lemah.

sinyal wifi lemah Sedang mendownload file dengan kapasitas besar

5. Jaringan internet dari provider sedang bermasalah

Penyebab lainnya yang sering terjadi saat kamu merasakan wifi yang lemot adalah provider jaringan yang sedang bermasalah. Kamu bisa mengecek kecepatan internet untuk mengetahui apakah hal tersebut yang memang menjadi penyebabnya. Atau kamu juga bisa menghubungi call center dari jasa internet yang di gunakan.

Baca Juga:  Cara Membuat QR Code yang Berisi Alamat Google Maps

Cara mengatasi sinyal wifi yang lemah

Jika kamu merasakan sinyal wifi yang lemah, ada beberapa cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Berikut ini beberapa cara yang bisa di lakukan :

1. Mengontrol bandwidth

Pastikan untuk kamu lebih bisa mengontrol bandwitdh yang sudah di berikan oleh penyedia internet. Sehingga jika kamu bisa lebih mengontrol bandwidth nantinya kecepatan internet bisa berjalan lebih optimal.

sinyal wifi lemah Mengontrol bandwidth

2. Pastikan router diletakkan di tempat yang tepat

Sebaiknya untuk meletakkan router wifi di tempat yang tepat. Di sarankan untuk kamu meletakkan router di posisi yang terbuka dan tidak ada penghalangnya. Dengan begitu sinyal wifi akan bekerja lebih optimal.

3. Restart router secara berkala

Tips lainnya yang bisa kamu praktekkan saat mengalami sinyal wifi yang melemah adalah dengan melakukan restart router secara berkala. Hal tersebut tentunya akan bermanfaat dan penggunakan wifi bisa menjadi lebih maksimal. Selain itu biasanya router akan mengalami masalah jika di gunakan dalam jangka waktu yang lama tanpa di lakukan restart sama sekali.

sinyal wifi lemah Restart router secara berkala

4. Gunakan perangkat wifi repeater

Untuk bisa mengatasi permasalahan sinyal wifi yang lemah, kamu bisa menggunakan perangkat tambahan lain berupa repeater. Di mana perangkat tersebut berfungsi untuk memperluas jangkauan wifi yang sedang di gunakan. Selain itu kamu bisa menemukan perangkat tersebut dengan mudah di pasaran.

Demikian penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi wifi yang lemot. Dengan mempraktekkan beberapa tips di atas, nantinya kamu bisa lebih merasakan kecepatan internet menjadi stabil dan maksimal.***

Baca Juga:  Mengenal Crypto Staking, Hasilkan Passive Income Dari Cryptocurrency !