Epic99.com – Membuat Footnote di Word. Siapa yang tidak mengenal aplikasi Microsoft Word. Dimana aplikasi pengolah kata ini digunakan oleh pengguna untuk memudahkan pekerjaan yang berhubungan dengan perkantoran.

Sesuai dengan judul artikel kali ini, kamu juga bisa membuat footnote dengan mudah di Ms. Word. Terlebih lagi aplikasi ini sudah menyediakan fitur footnote yang lebih dinamis

Untuk kamu yang belum tahu, footnote sendiri merupakan catatan kaki yang biasanya menjadi sumber referensi untuk menjelaskan suatu kalimat yang ada dalam tulisan. Selain itu footnote sendiri berfungsi untuk memudahkan pembaca dalam mengetahui sumber kutipan atau makna dalam istilah asing.

Sebagai informasi tambahan, simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui apa itu footnote dan cara membuatnya di Microsoft Word.


Apa itu Footnote

Footnote atau dalam bahasa Indonesia adalah catatan kaki. Di mana untuk membuatnya, ada beberapa persyaratan sehingga tidak bisa di buat secara asal-asalan. Biasanya catatan kaki di buat dengan meletakkannya di bagian bawah teks. Dengan begitu pembaca akan lebih mudah mengenalinya.

membuat footnote di word

Footnote memungkinkan kamu untuk memahami isi teks dan makna yang ingin di sampaikan oleh penulis.

Secara fungsional, footnote memiliki fungsi sebagai berikut :

  • Sebagai catatan referensi dari tulisan yang di kutip.
  • Biasanya memberikan informasi lanjutan agar pembaca lebih mudah memahami topik tulisannya.
  • Untuk memperluas pembahasan teks jika footnote berupa definisi.

Cara membuat footnote di Microsoft Word

Sesuai dengan manfaat dari Microsoft Word itu sendiri yang memudahkan pengguna. Membuat Footnote di Microsoft Word juga sangat mudah untuk dilakukan. Sehingga nantinya footnote akan muncul secara otomatis di area khusus footnote.

membuat footnote di word

Untuk kamu yang masih pemula, berikut ini beberapa cara membuat footnote di Microsoft Word untuk bisa kamu praktekkan :

  • Langkah pertama adalah dengan membuka aplikasi Microsoft Word terlebih dahulu.
  • Selanjutnya buatlah dokumen atau buka dokumen yang sudah ada.
  • Letakkan kursor di bagian akhir teks sebagai tempat untuk menambahkan footnote.
  • Kemudian klik menu References dan pilih menu Insert Footnote.
  • Nantinya secara otomatis footnote akan muncul di margin bawah.
  • Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan menuliskan sumber referensi di Superscript akhir dokumen.
  • Kamu bisa menuliskannya secara manual.
  • Footnote akan secara otomatis menunjukkan nomor dan cara tersebut bisa di ulang untuk menambahkan footnote atau catatan kaki lainnya.
Baca Juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu Indosat Gagal Registrasi

Kenapa harus membuat footnote ?

Mungkin sebagian dari kamu ada yang bertanya mengenai alasan harus membuat footnote dalam dokumen. Sebenarnya dalam pembuatan dokumen, footnote terkesan tidak wajib untuk dibuat. Hanya saja footnote menjadi nilai plus untuk dokumen yang lebih profesional.

membuat footnote di word

Selain itu ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan membuat footnote secara otomatis yakni memungkinkan kamu untuk lebih hemat waktu saat menulis. Kemudian pembuatan footnote juga meminimalisir terjadinya kesalahan atau kelupaan saat menulis catatan kaki.

Demikian cara mudah yang bisa kamu praktekkan untuk membuat footnote di Microsoft Word. Penggunaan footnote nantinya akan membuat dokumen menjadi lebih rapih dan terlihat profesional. Untuk itu sebaiknya buatlah footnote dalam setiap dokumen atau karya tulis yang kamu buat.

***