Epic99.com – Face ID iPhone tidak berfungsi. Merupakan salah satu device yang cukup populer dan banyak di gunakan. iPhone merupakan smartphone yang berjalan menggunakan OS iOS. Berbeda dengan android, banyak fitur menarik pada iPhone yang membuat perangkat ini terkesan mewah.

Terlebih lagi iPhone selalu mengeluarkan versi terbarunya seiring berjalannya waktu. Salah satu fitur unggulan yang ada pada iPhone keluaran terbaru adalah face ID. Di mana kamu bisa membuka kunci iPhone menggunakan deteksi wajah.

face id iphone tidak berfungsi

Dalam beberapa kasus, pengguna iPhone mengeluhkan tentang deteksi wajah atau Face ID pada perangkat ini yang tidak berfungsi. Sebenarnya apa penyebab masalah tersebut terjadi dan bagaimana cara mengatasinya? Mari kita bahas !

Penyebab Face ID iPhone tidak berfungsi

Ada beberapa penyebab yang umum dan sering menjadi alasan mengapa Face ID iPhone tidak berfungsi. Berikut ini beberapa penyebabnya untuk kamu ketahui :

face id iphone tidak berfungsi

1. Masalah iOS yang di update

Face ID iPhone yang tidak berfungsi biasanya di sebabkan oleh permasalahan saat melakukan update iOS ke versi yang terbaru. Biasanya saat sistem iOS mengalami pembaruan, pengguna akan mendapatkan notifikasi yang memungkinkan kamu untuk melakukan update.

Untuk meminimalisir terjadinya permasalahan seperti face ID yang tidak berfungsi, sebaiknya pastikan kamu memiliki koneksi jaringan yang stabil dan baterai yang cukup sebelum melakukan pembaruan.

2. Terjadi error pada layar sensor

Penyebab lainnya yang sering terjadi sehingga face ID tidak berfungsi adalah error pada layar sensor. Kerusakan layar sensor mengakibatkan Face ID tidak bisa membaca atau mendeteksi wajah pengguna.

Hal ini biasanya bisa jadi di karenakan iPhone kemasukan air atau benda kecil dalam kurun waktu yang lama.

Baca Juga:  Artifact dari Valve Sudah Bisa Kalian Pesan Sekarang!

3. Pergantian komponen

Saat mengalami perangkat yang rusak seperti salah satunya pada masalah LCD, tentu kamu akan mengganti komponennya menjadi baru. Nah, pergantian komponen yang tidak sempurna bisa menyebabkan face ID menjadi tidak berfungsi.


Cara mengatasi face ID iPhone yang tidak berfungsi

Setelah mengetahui beberapa penyebab face ID tidak berfungsi. Berikut ini beberapa cara mengatasi permasalahan tersebut. Namun jika tidak ada perubahan setelah melakukan beberapa cara di bawah, alternatif terakhir yang bisa kamu pilih adalah dengan membawanya ke service center iPhone.

face id iphone tidak berfungsi

1. Lakukan pemeriksaan pada menu Pengaturan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan face ID yang tidak berfungsi adalah dengan melakukan pemeriksaan pada menu pengaturan. Bukalah menu Pengaturan atau Settings, selanjutnya pilih Face ID dan Kode Sandi. Pastikan semua pengaturan sudah sesuai dan face ID sudah aktif.

2. Cek Kamera TrueDepth

Untuk mengatasi permasalahan face ID, kamu harus memastikan bahwa kamera TrueDepth sudah aman. Pastikan agar kamera tidak tertutup oleh benda apapun bahkan termasuk pelindung layar. Hal ini di karenakan jika kamera TrueDepth tertutup oleh benda, maka proses deteksi wajah akan gagal.

3. Menambahkan tampilan alternatif

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan face ID yang tidak berfungsi adalah dengan menambahkan tampilan alternatif. Pilih menu Pengaturan atau Settngs, selanjutnya pilih Face ID dan klik Atur Tampilan Alternatif.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi face ID iPhone yang tidak berfungsi. Seperti pada penjelasan sebelumnya, jika permasalahan di atas tidak juga bisa terselesaikan, maka kamu bisa langsung membawanya ke service center iPhone terpercaya.

Baca Juga :

Baca Juga:  6 Plugin Backup WordPress Terbaik untuk Website

***