Ciri-Ciri IMEI iPhone Terblokir dan Cara Mengatasinya !

IMEI iPhone Terblokir – iPhone merupakan salah satu ponsel paling laris di Indonesia. Bahkan meskipun harga jualnya masih cenderung mahal, namun iPhone di lengkapi dengan berbagai keunggulan dan fitur yang membuat pengguna semakin tertarik. Sayangnya, tidak sedikit iPhone yang di jual atau masuk ke Indonesia secara tidak resmi. Oleh karena itu pemerintah melakukan gerakan pemblokiran bagi iPhone black market melalui IMEI.

Lalu apa saja ciri dari IMEI yang di blokir pemerintah?

Sebelum masuk ke pembahasan tersebut, ada baiknya untuk kamu mengetahui lebih dulu apa itu IMEI. IMEI sendiri merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang tidak lain adalah nomor internasional. Terdiri dari 15 digit, setiap perangkat tentu memiliki kode IMEI yang berbeda-beda. Oleh karenanya agar perangkat ponsel bisa di gunakan di Indonesia, maka pastikan bahwa kode IMEI sudah terdaftar di Kemenperin.

Pada artikel kali ini akan di jelaskan tentang ciri-ciri IMEI iPhone yang terblokir. Simak ulasan di bawah ini hingga akhir !

Kenapa IMEI diblokir pemerintah?

IMEI memiliki manfaat yakni untuk mengidentifikasi perangkat ponsel dan tablet yang tersambuh ke jaringan bergerak selular. Sehingga jika IMEI belum terdaftar secara resmi, maka perangkat tersebut tidak bisa tersambung ke internet dan mengalami pembatasan akses. Meskipun begitu, namun hingga kini pasokan iPhone black market masih terlalu banyak di Indonesia. Bahkan nyatanya pengguna juga masih banyak yang membeli iPhone black market tersebut.

Bukan tanpa alasan, beberapa oknum memanfaatkan permasalahan IMEI dengan membuka jasa unlock IMEI. Namun perlu di ketahui bahwa sebagai pengguna, kamu tidak bisa percaya begitu saja terhadap jasa buka IMEI karena kemungkinan besar IMEI tersebut juga akan terblokir lagi oleh pemerintah.

Ciri-Ciri IMEI iPhone Terblokir

Ada beberapa ciri yang terlihat dan bisa dirasakan oleh pengguna iPhone saat IMEI terblokir. Berikut adalah beberapa di antaranya :

1. Tidak terdaftar di Kemenperin

Kamu bisa mengunjungi situs resmi Kemenperin untuk mengetahui IMEI iPhone yang di gunakan sudah terdaftar atau justru sebaliknya. Biasanya bila tidak muncul status bahkan setelah di lakukan registrasi, maka kemungkinan besar IMEI iPhone sudah di blokir dan masuk dalam daftar hitam.

2. Tidak ada Sinyal

Ciri yang paling umum terjadi saat kamu mengalami IMEI iPhone terblokir adalah tidak ada sinyal. Sinyal bisa saja hilang secara tiba-tiba bahkan dalam kurun waktu yang lama. Bukan tanpa sebab, pemerintah memang sengaja memutus jaringan selular dari ponsel yang tidak terdaftar.

3. No Service

Jika iPhone yang di gunakan terdapat tulisan No Service tepatnya di bagian sinyal iPhone, maka kemungkinan besar IMEI iPhone sudah terblokir. Hal ini tidak akan berpengaruh meskipun kamu sudah mengganti provider internet sekalipun.

4. Tidak bisa menerima panggilan dan SMS

Tidak hanya internet, IMEI iPhone yang terblokir juga cenderung tidak bisa menerima panggilan maupun SMS.

5. Harga jual yang murah

Biasanya iPhone black market di jual dengan harga yang cukup murah. Terlebih mungkin kamu pernah mendapatkan iklan penjualan iPhone dengan kata-kata iPhone ex-inter. Maka bisa jadi iPhone tersebut masuk ke Indonesia tanpa membayar pajak sehingga IMEI-nya tidak terdaftar di Kemenperin. Selain itu saat di gunakan untuk pertama kali, memang iPhone black market akan tersambung ke semua operator di Indonesia. Namun setelah beberapa lama, maka IMEI akan terdeteksi dan otomatis terblokir.

Selain itu harga jual bisa jauh lebih murah hingga jutaan rupiah di bandingkan dengan harga resminya di Indonesia.

Cara Mengatasi IMEI iPhone yang Terblokir

Sebenarnya mudah saja untuk mengatasi agar IMEI iPhone tidak terblokir yakni dengan membelinya di store resmi iPhone dengan garansi iBox. Adapun melakukan pembelian iPhone dengan garansi resmi iBox akan terhindar dari pemblokiran sehingga kamu tidak membutuhkan WIfi untuk bisa mengakses internetnya.

Demikian penjelasan tentang ciri-ciri IMEI iPhone terblokir. Dapatkan informasi menarik lainnya tentang teknologi di situs Epic99.com

Baca Juga :

***