Manfaat dan Cara Kalibrasi Baterai iPhone 100% Work

Epic99.com – Cara kalibrasi baterai iPhone. Apakah kamu pernah mengalami permasalahan baterai iPhone yang mudah lobet? Di mana kesehatan baterai iPhone semakin melemah seiring penggunaannya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kamu bisa melakukan kalibrasi baterai iPhone agar performanya menjadi lebih stabil.

Selain itu biasanya pengguna iPhone akan mendapatkan notifikasi jika memang baterai perlu di lakukan kalibrasi.

Sebagai informasi tambahan, melakukan kalibrasi iPhone biasanya akan membutuhkan waktu lama. Hal ini di karenakan kamu harus menggunakan sisa baterai hingga habis terlebih dahulu. Namun jika bingung bagaimana melakukan kalibrasi iPhone, simak beberapa penjelasan di bawah ini !

Kalibrasi baterai iPhone

Kalibrasi baterai iPhone adalah cara yang di lakukan untuk mengecek kesehatan baterai iPhone. Di mana sistem iPhone biasaya akan memberikan laporan kesehatan baterai di Pengaturan. Kamu hanya perlu mengakses menu di Pengaturan, kemudian pilih baterai dan cek kesehatan di sana.

Selain itu kalibrasi iPhone membantu pengguna untuk mendapatkan persentase atau kapasitas maksimum dari baterai selama di kalibrasi. Sehingga setelah kalibrasi selesai di lakukan, maka kinerja baterai akan mencapai puncak dan notifikasinya juga akan terhapus.

Persiapan sebelum melakukan kalibrasi baterai iPhone

Sebelum melakukan kalibrasi iPhone, ada beberapa persiapan yang harus di perhatikan terlebih dahulu. Di mana hal tersebut di lakukan agar proses kalibrasi bisa berjalan dengan lancar. Berikut ini beberapa persiapannya :

  • Pastikan terlebih dahulu kamu sudah menonaktfkan GPS yang bertujuan agar tidak ada background aplikasi yang memakan banyak kapasitas baterai.
  • Nonaktifkan juga background refresh.
  • Sebaiknya untuk mengurangi brightness iPhone untuk mengurangi pemakaian daya berlebih.
  • Nonaktifkan juga update otomatis.

Cara melakukan kalibrasi baterai iPhone

Setelah mengetahui apa saja persiapan yang harus di lakukan sebelum melakukan kalibrasi iPhone. Sekarang saatnya untuk kamu langsung melakukan proses kalibrasi iPhone. Simak beberapa langkah di bawah ini :

Langkah 1, Gunakan baterai hingga habis

Gunakanlah perangkat hingga baterainya benar-benar habis. Di mana cara ini berlaku untuk semua seri iPhone. Pastikan tidak ada daya baterai yang tersisa pada perangkat.

Langkah 2, Tunggu hingga beberapa jam

Setelah baterai iPhone sudah benar-benar habis, kamu bisa menunggu beberapa jam untuk memastikan daya sudah tidak ada sama sekali.

Langkah 3, Lakukan pengisian daya

Langkah berikutnya yang harus di lakukan adalah dengan melakukan pengisian daya iPhone hingga penuh. Selain itu pastikan juga kamu menggunakan charger original dari iPhone.

Langkah 4, Habiskan baterai

Setelah baterai iPhone penuh, kamu bisa menggunakannya kembali hingga habis. Hal ini di lakukan untuk mengetahui kesehatan baterai pada perangkat mengalami penurunan.

Langkah 5, Isi daya kembali hingga penuh

Setelah baterai habis, kamu perlu mendiamkannya lagi beberapa jam. Lalu isi daya iPhone hingga terisi penuh dan pastikan jangan di mainkan untuk kebutuhan apapun.

Langkah 6, Aktifkan semua fitur

Jika sudah melakukan semua langkah di atas, kamu bisa menghidupkan kembali iPhone yang sudah penuh dan mengaktifkan semua fitur yang telah di matikan sebelumnya. Di saat inilah proses kalibrasi selesai.

Kesimpulan

Setelah proses kalibrasi di lakukan, biasanya pengguna akan mendapatkan informasi pesan di pengaturan berupa “Kalibrasi ulang sistem pelaporan kesehatan tidak berhasil. Penyedia service resmi Apple dapat mengganti baterai secara gratis untuk memulihkan kinerja dan kapasitas penuh. Selengkapnya mengenai pilihan service”.

Jika kamu menemukan notifikasi berikut, maka tidak ada pilihan lain kamu harus membawa ke tempat service karena baterai memang harus di ganti.

Demikian beberapa langkah yang bisa di lakukan untuk melakukan kalibrasi baterai iPhone. Cara diatas juga cenderung mudah untuk di lakukan bahkan oleh pemula sekalipun. Selamat mencoba !

Baca Juga :

***