Ciri Ciri HP di Hack dan Cara Mudah Mengatasinya !

Epic99.comBagaimana cara mengetahui ciri ciri HP di hack? Pertanyaan ini seringkali di ajukan oleh beberapa pengguna. Di mana aksi hacker sendiri sangat merugikan dan cenderung ingin mengambil keuntungan pribadi dengan alasan tertentu.

Terlebih lagi yang di ketahui bersama, saat ini penggunaan HP sudah sangat populer sehingga banyak data penting yang tersimpan dalam perangkat mungil ini.

Untuk meminimalisir kelakuan hacker yang menyalahgunakan data pribadi. Pada artikel kali ini akan di berikan beberapa ulasan mengenai ciri ciri HP yang di hack sekaligus cara mengatasinya.

Ciri ciri HP di hack

Ada beberapa ciri yang menandakan perangkat ponsel sedang terkena HP. Berikut ini beberapa di antaranya :

1. Secara otomatis menginstal aplikasi tidak dikenal

Salah satu ciri yang menandakan HP terkena hack adalah munculnya aplikasi aneh secara otomatis di perangkat. Di mana pengguna sendiri tidak menyadari telah menginstalnya. Yang harus di waspadai adalah aplikasi tersebut biasanya di susupi malware yang bertujuan untuk mencuri data pribadi bahkan dalam waktu singkat.

2. Baterai ponsel cenderung boros

Jika perangkat yang kamu gunakan memiliki kepasitas baterai besar, hal ini menjadi masalah jika secara tiba-tiba menjadi boros baterai. Hal ini di karenakan adanya aplikasi yang terus berjalan dibelakang layar dengan tujuan mengirim data dari perangkat. Tidak hanya itu saja, selain boros baterai, biasanya perangkat juga menjadi lebih cepat panas.

3. Boros kuota

Jika HP di hack dengan cara di masukkan aplikasi asing pada perangkat. Biasanya akan membuat kuota menjadi lebih cepat habis alias boros. Hal ini di karenakan kinerja aplikasi yang mengirim data dari HP ke hacker sehingga membutuhkan data internet.

4. Sering muncul iklan

Ciri lainnya yang menandakan HP terkena hack adalah munculnya iklan dalam terlalu sering. Hal tersebut tentu akan mengganggu aktivitas perangkat dan membuat kinerja HP menjadi lebih lambat. Selain itu iklan yang muncul pada perangkat juga akan menguras memori dan RAM.

5. Aktivitas mencurigakan

Jika terjadi aktivitas mencurigakan pada perangkat, maka bisa jadi hal tersebut di sebabkan karena HP sedang terkena hack. Adapun beberapa aktivitas aneh yang penting untuk diketahui adalah banyaknya telepon dan SMS masuk secara tiba-tiba. Selain itu mengirim pesan aneh ke orang lain atau bisa juga saat nomor SIM tidak bisa menerima panggilan atau SMS.

Cara mengatasi HP terkena hack

Bagaimana jika HP sudah terlanjur kena hack? Sebaiknya jangan terlalu panik dulu, berikut ini beberapa cara yang bisa di lakukan untuk mengatasi HP terkena hack :

1. Ganti semua password

Langkah pertama yang harus di lakukan adalah dengan mengganti semua password mulai dari email, chat, sosmed, game, dan lainnya. Selain itu pastikan untuk membuat password dengan kombinasi yang unik agar tidak mudah di bobol.

2. Jangan beri koneksi antara HP ke laptop

Jika kamu sering menghubungkan koneksi HP ke laptop, sebaiknya untuk di putuskan saja. Hal ini bertujuan agar hacker tidak bisa mengakses perangkat lain yang terhubung dengan HP. Terlebih pada aplikasi WhatsApp, di sarankan untuk melakukan logout akun Wa sementara waktu di laptop.

3. Mematikan pengalihan panggilan

Cara lainnya yang bisa di lakukan untuk mengatasi masalah HP yang terkena hack adalah dengan mematikan pengalihan panggilan. Nah untuk lebih memastikan, kamu bisa melakukan penggilan kode *#21# agar mengetahui apakah panggilan sedang di alihkan atau tidak. Jika panggilan sedang di alihkan, maka kamu bisa klik ##02# untuk mematikannya.

4. Factory reset

Factory reset adalah cara terakhir yang bisa di lakukan untuk mengatasi HP yang kena hack. Di mana cara ini memungkinkan penghapusan semua data, aplikasi, dan settingan yang ada di HP termasuk aplikasi aneh tersebut.

Kesimpulan

Demikian ulasan tentang ciri ciri HP terkena hack yang penting untuk diketahui. Untuk melakukan pencegahan, ada beberapa hal yang bisa di lakukan seperti di antaranya adalah :

  • Mengaktifkan keamanan 2 tahap
  • Menonaktifkan data jika sudah tidak di gunakan
  • Tidak melakukan instal aplikasi sembarangan
  • Gunakan aplikasi antivirus

Semoga informasi ini bisa membantu kamu untuk menyelamatkan data pribadi yang ada di HP dari serangan hacker yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga :

***