Epic99.com – Cara cek IMEI iPhone. IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang berupa nomor atau kode unik untuk mengidentifikasi sebuah perangkat mobile dan beberapa telepon satelit. Oleh karena itu ponsel resmi tentunya memiliki Imei dengan kode yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Selain itu keberadaan IMEI juga terbilang penting untuk memastikan perangkat yang kamu gunakan adalah resmi. Lebih dari itu IMEI di gunakan sebagai identitas yang bisa di lacak saat kamu kehilangan ponsel.

Di Indonesia sendiri, IMEI di berlakukan dalam Peraturan Komunikasi dan Informatika No 1 tahun 2022 tentang Pengendalian Alat dan atau Perangkat Telekomunikasi yang Tersambung ke Jaringan Bergerak Seluler melalui Identifikasi International Mobile Equipment Identity. Di mana kebijakan IMEI di selenggarakan oleh beberapa kementerian sekaligus mulai dari Kementerian Perindustrian, Perdagangan, Keuangan, Kominfo, dan bahkan di berikan dukungan oleh seluruh operator telekomunikasi.

Kamu bisa melakukan pengecekan IMEI dengan mudah baik di perangkat android maupun Iphone. Namun pada artikel kali ini akan di berikan beberapa tutorial melakukan pengecekan IMEI dengan mudah di iPhone. Berikut uraiannya untuk kamu ketahui !


Cara Cek IMEI Iphone Resmi

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa di praktekkan untuk mengecek IMEI iPhone dengan mudah. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan :

1. Melalui panggilan Dial Up

cara cek imei iphone

Merupakan cara yang paling simple untuk kamu bisa mengetahui IMEI pada perangkat yang di gunakan. Bahkan tidak hanya iPhone, cara ini bisa kamu gunakan untuk berbagai perangkat.

  • Langkah ini sangat mudah untuk di lakukan dimana kamu hanya perlu melakukan panggilan *#06#.
  • Nantinya akan muncul 15 angka IMEI.
  • Selanjutnya untuk memastikan keaslian IMEI tersebut, kamu bisa memeriksanya di situs resmi imei.kemenperin.go.id.
  • Masukkan 15 angka tersebut pada halaman resmi kemenperin.
  • Jika terdaftar maka kamu akan mendapatkan notifikasi berupa “IMEI terdaftar di database Kemenperin”.
Baca Juga:  Blokir Iklan Menggunakan Fitur Private DNS : Android & IOS Masuk!

2. Melalui pengaturan ponsel

cara cek imei iphone

Tidak hanya melalui panggilan Dial Up. Kamu bisa melakukan pemeriksaan IMEI dengan mudah melalui pengaturan ponsel. Berikut ini beberapa langkahnya yang harus kamu lakukan :

  • Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan masuk pada menu pengaturan ponsel.
  • Selanjutnya pilih menu Umum.
  • Scroll ke bawah hingga kamu menemukan menu IMEI/MEID dan ICCID.
  • Kemudian nantinya kamu akan bisa menemukan IMEI yang berupa 15 kode.
  • Untuk melakukan pengecekan mengenai keresmian IMEI, kamu bisa melakukan hal yang sama seperti sebelumnya dengan masuk pada halaman resmi IMEI kemenperin.

3. Melalui Browser

cara cek imei iphone

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui IMEI IPhone adalah dengan melalui browser. Selain itu cara ini juga terbilang cukup mudah. Berikut beberapa langkahnya yang bisa kamu praktekkan :

  • Masuklah pada situs Appleid.apple.com melalui browser yang kamu gunakan.
  • Selanjutnya lakukan login dengan menggunakkan ID Apple.
  • Untuk mengecek IMEI resmi, kamu bisa pilih pada bagian Perangkat.
  • Nantinya akan muncul 15 kode IMEI yang bisa di lakukan pemeriksaan di situs IMEI Kemenperin.

Demikian beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek IMEI pada peerangkat iPhone dengan mudah. Oleh karena itu sebelum membeli perangkat iPhone, pastikan kamu sudah melakukan pemeriksaan IMEI agar perangkat bisa di gunakan secara resmi di Indonesia. Terlebih jika kamu membeli perangkat dalam keadaan Seccond atau bekas pakai. Jangan mudah tergiur karena harganya yang murah, IMEI terbilang penting untuk kamu bisa menggunakan perangkat secara bebas.***

Baca Juga:  Cara Mudah Memulihkan Apple Watch menggunakan iPhone