Cara Cek Broken Link Website yang Mudah dan Cepat

Cek broken link website

Mengapa kamu perlu melakukan cek broken link website secara rutin? Karena reputasi dan ranking website kamu bergantung dari banyak atau sedikitnya jumlah broken link pada website. Jika jumlah broken link-nya banyak, maka akan mempengaruhi penurunan ranking website. 

Kabar buruknya, broken link juga bisa membuat pengunjung website kamu menyesal dan nggak mau balik lagi. Kalau sudah begini, siapa yang bakal rugi kalau bukan diri kamu sendiri. Itu sebabnya, penting untuk melakukan pengecekan broken link untuk menunjang kualitas dan performa website. 

Cek Broken Link Pakai Google Search Console

Cek google search console

Kamu bisa memanfaatkan tools gratis dari Google ini untuk mengecek link website yang rusak. Karena tools inu bersifat gratis, maka fitur-fitur yang tersedia pun tergolong basic. Meski begitu, fitur bawaan Google Search Console ini tetap layak untuk kamu pakai mengecek link. 

Coba kamu gunakan fitur Crawl Errors untuk mengecek broken link pada website kamu. Nah, coba kamu ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengecek broken link pakai tools dari Google Search Console. 

  • Pertama-tama, login ke Google Search Console menggunakan alamat g-mail kamu yang masih aktif.   
  • Kemudian, klik menu ‘Setelan’ dan lanjutkan dengan mengklik menu ‘Perayapan’ pada bagian ‘Buka Laporan’. 
  • Kamu klik saja opsi ‘Tidak Ditemukan (404)’ pada bagian menu ‘Menurut Respons’. 
  • Tunggu beberapa saat hingga kamu dialihkan ke page daftar broken link yang muncul di website.  
  • Setelah itu, edit dan perbaiki link broken tersebut hingga selesai.  

Download Google Search Console

Cek Pakai Cara Manual

Cek broken link manual

Bagi sebagian orang, cara cek broken link website lebih gampang menggunakan cara manual. Daripada menggunakan bantuan alat atau aplikasi, cara manual memang lebih unggul dari segi biaya. Kamu nggak perlu membeli aplikasi bantuan untuk mengecek link website yang rusak. 

Baca Juga:  6 Tips Membangun Bisnis Online Hanya Dengan Media Sosial

Jika kamu memilih cara manual, maka kamu harus mengecek semua link yang ada di halaman website satu per satu. Cara ini mungkin akan memakan cukup banyak waktu, meski kamu juga akan mendapatkan manfaat yang sepadan. 

6 Plugin Backup WordPress Terbaik untuk Website

Salah satu manfaat dari melakukan cara manual adalah kamu bisa menemukan internal link website yang mati. Selain itu, cara ini juga bisa membantu kamu memeriksa kualitas SEO semua konten yang ada di website kamu. 

Pakai Tool Broken Link Checker

Broken link checker

Masih mau tools untuk mengecek link rusak yang ada pada website, maka tool Broken Link Checker ini recommended buat kamu pakai. Buat kamu yang suka gratisan, tools ini bebas kamu unduh tanpa membayar biaya sepeserpun. 

Tools ini sangat bagus untuk website pemula yang masih belum memiliki banyak jumlah halaman. Cara mengaksesnya pun cukup gampang. Kamu cuma perlu mengunjungi situs resminya dan masukkan URL website kamu di kolom yang tersedia. Lalu, tinggal klik ‘Find Broken Links’. 

Download Tools Broken Link Chacker

Cek Broken Link Pakai Tool Dead Link Checker

Cek broken link website pakai tool dead link checker

Ada cara alternatif lainnya yang bisa kamu coba saat mau cek broken link website. Caranya masih sama, yaitu dengan menggunakan bantuan tools. Namun kali ini tools yang kamu pakai adalah milik Tool Dead Link Checker. 

Menariknya, tools ini juga bisa kamu pakai untuk mengecek lebih dari satu website sekaligus. Semisal kamu memiliki tiga website yang berbeda, maka instal dan gunakan saja tools dari Dead Link Checker ini. Secara otomatis, tools ini akan melakukan scanning pada website untuk menemukan broken link. 

Download Tool Dead Link Checker