Cara Cek Online PIP SD, SMP, SMA/K yang Belum Dicairkan

Cara Cek PIP SD. Pemerintah melalui program pendidikan memberikan fasilitas bantuan untuk siswa-siswi dari keluarga tidak mampu. Di mana program tersebut biasanya berupa uang yang bisa di manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sekolah seperti membeli buku, seragam, dan perlengkapan lainnya. Adapun salah satu program yang paling terkenal adalah PIP.

Untuk kamu yang belum tahu, PIP adalah singkatan dari Program Indonesia Pintar. Di mana program ini di keluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar. Selain itu besaran dari dana yang akan di terima biasanya cukup berbeda-beda sesuai dengan tingkatan seperti SD, SMP, dan SMA/SMK.

Adapun untuk siswa yang ingin mendapatkan bantuan PIP, maka siswa di haruskan untuk mendaftar terlebih dahulu di Data Terpadu Kesejahteraan Kementerian Sosial (DTKS Kemensos).

Pengertian PIP

Seperti pada penjelasan sebelumnya, PIP adalah program bantuan untuk peserta didik. Di mana setiap peserta didik berhak memperoleh biaya personal pendidikan yang mencakup perlengkapan sekolah, biaya kursus, uang saku, transportasi, biaya praktik, bahkan hingga uji kompetensi.

Ada beberapa kriteria bagi siswa yang bisa mendapatkan bantuan dari PIP ini. Di mana kriterianya adalah Pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), peserta Program Keluarga Harapan (PKH), Yatim Piatu, Penyandang Disabilitas, Korban bencana alam dan musibah. Selain itu sasaran utama bagi penerima PIP secara lebih rinci adalah :

  • Peserta didik pemegang Kartu Indonesia Pintar
  • Siswa dari keluarga miskin atau rentan miskin dengan pertimbangan khusus
  • SMK dengan study keahlian tertentu

Cara cek PIP SD, SMP, SMA/SMK Terbaru

Jika kamu merasa dana PIP belum dicairkan, maka kamu bisa mengeceknya terlebih dahulu. Sehingga jika dana siap dicairkan, maka kamu bisa mengambilnya di bank BRI maupun BNI. Selain itu seiring berjalannya waktu proses pengecekan semakin mudah karena bisa melalui online. Lalu bagaimana caranya? Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dipraktekkan :

  • Masuk pada situs resmi PIP Kemendikbud.
  • Selanjutnya lakukan login menggunakan NIK dan NISN.
  • Klik Cari penerima PIP.
  • Nantinya akan muncul keterangan apakah siswa tersebut masuk dalam penerima PIP atau bukan.
  • Jika terdaftar sebagai penerima PIP, maka siswa bisa melakukan aktivtas di bank BRI atau BNI untuk mencairkan dana bantuan.

Situs resmi PIP Kemendikbud

Adapun nominal bantuan Program Indonesia Pintar yang akan di terima oleh siswa-siswi di antaranya adalah :

  • Rp 450 ribu untuk siswa SD
  • Rp 750 ribu untuk siswa SMP
  • Untuk siswa SMA/SMK akan menerima sebesar Rp 1 juta

Sebagai informasi tambahan, pengambilan dana bagi siswa SD dan SMP bisa di lakukan melalui bank BRI saja. Sedangkan untuk siswa SMA dan SMK hanya bisa melalui bank BNI. Namun khusus untuk wilayah Aceh, dana PIP hanya bisa di lakukan di bank BSI untuk semua tingkat pendidikan baik SD, SMP, SMA/SMA.

Demikian informasi seputar cara cek PIP yang belum di cairkan untuk SD, SMP, SMA/SMK. Di mana cara di atas cenderung mudah dan bisa di lakukan oleh pemula sekalipun. Selain itu jika nama siswa belum terdaftar, maka yang bersangkutan bisa mendaftarkan diri di Dinsos terlebih dahulu. Sehingga jika di anggap layak, maka data akan di proses ke Kemendikbud.

Baca Juga :

***