Cara Cek Online Sertifikat Pelaut yang Belum Ada Fisiknya

Epic99.com – Cek online sertifikat pelaut. Jika mengikuti pendidikan di bidang pelayaran dan ingin melamar pekerjaan pada perusahaan yang berhubungan dengan pendidikan, maka salah satu syarat yang harus di penuhi adalah memiliki sertifikat pelayaran. Sertifikat pelaut sendiri biasanya di dapatkan dari lembaga pendidikan yang di ikuti.

Selain itu kamu bisa mengecek secara online jika memang sertifikat tersebut belum keluar fisiknya. Terlebih lagi beberapa perusahaan juga menginginkan sertifikat pelaut dalam keadaan online untuk memastikan keabsahannya.

Hanya saja bukan berarti print out sertifikat pelaut tidak terpakai. Di mana biasanya sertifikat pelaut dalam bentuk print out di gunakan untuk beberapa hal seperti mengurus masa layar, mengurus buku pelaut, diklat pelaut, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sertifikat Pelaut

Sebagai informasi tambahan, biasanya sertifikat dari lembaga diklat yang sudah di ikuti baik pengambilan baru maupun pembaharuan tidak bisa langsung online. Di mana kamu membutuhkan waktu sekitar 1 minggu hingga 2 minggu untuk sertifikat tersebut bisa online.

Olah karena itu kamu bisa mengeceknya secara berkala untuk mengetahui apakah sertifikat pelaut yang kamu miliki sudah online atau belum.

Cara yang bisa di lakukan untuk mengecek sertifikat pelaut terbilang cukup mudah. Hanya saja kamu membutuhkan id pelaut yang berjumlah 10 digit. Selain itu kamu juga harus mengetahui kode lembaga diklat, kode sertifikat keterampilan/kompetensi, dan kode tahun. Nah untuk kamu yang masih bingung, berikut penjelasannya untuk bisa di praktekkan.

Cara mengecek sertifikat pelaut

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengecek sertifikat pelaut, ada baiknya untuk kamu mengetahui lebih dulu mengenai kode lembaga diklat dan kode kompetensi. Adapun kode yang harus di ketahui adalah :

Kode Sertifikat Keterampilan/Kompetensi

01 = BST
02 = ARPA
03 = RADAR
04 =SCRB
06 = AFF
07 = MFA
08 = MC
09 =TFC
10 = OT
13 = CROWD
17 = CRISIS
23 = BRM
24 = SSO
27 = ERM
28 = ECDIS
29 = IMDG CODE
31 = SAT
32 = SDSD
33 = RFDW (Rating Deck)
34 = ABLE (Deck)
35 = RFEW (Rating Engine)
37 = BLGT
38 = ALGT
39 = BOCT
40 = ACT
41 = AOT
42 = ABLE (Engine)

Kode Lembaga Diklat

01 = STIP Jakarta
02 = BP3IP
03 = PIP Semarang
04 = PIP Makassar
05 = PIP Surabaya
06 = BP2IP Makassar
07 = Pertamina
11 = Bina Sena Jakarta
18 = POSEIDON
24 = BP2IP Tangerang
38 = BP2IP Aceh
42 = SUPM Negeri Pontianak
49 = Humpus Trilogi MTC

Nah dari beberapa kode diatas tentu kamu akan tahu sertifikat pelaut yang sudah online atau belum.

Simak beberapa langkah di bawah ini untuk mengetahui sertifikat pelaut yang sudah online :

  • Langkah pertama yang harus di lakukan adalah dengan masuk pada situs resmi Pelaut Dephub.
  • Nantinya akan muncul 3 kolom yang harus di isi yakni pada kolom pertama untuk mengecek BST dan Ijasah, kemudian kolom kedua untuk mengecek sertifikat keterampilan, dan terakhir untuk mengisi kode Captcha.
  • Pilihlah salah satu di antara 2 kolom dan kosongkan salah satunya.
  • Pada kolom pertama untuk mengecek BST dan ijasah, kamu hanya perlu memasukkan id pelaut yang berjumlah 10 digit.
  • Selanjutnya kolom kedua untuk mengecek sertifikat keterampilan, kamu bisa memasukkan id pelaut yang berjumlah 10 digit dengan di tambahkan 2 digit kode sertifikat, 2 digit kode lembaga diklat, dan 2 digit tahun diklat.
  • Terakhir pada kolom Captcha, kamu wajib mengisi setiap kali ingin melakukan pengecekan.
  • Terakhir klik Pencarian, dan tunggulah beberapa saat.

Kunjungi situs https://pelaut.dephub.go.id/

Jika hasil yang keluar adalah profil pemilik ijasah, itu artinya sertifikat pelaut sudah online. Namun sebaliknya jika hasil yang keluar tidak muncul apapun maka sertifikat pelaut belum online.

Demikian beberapa langkah yang harus di praktekkan untuk cek online sertifikat pelaut. Selamat mencoba !

Baca Juga :

***