3 Cara Mengecek Produk Halal MUI Secara Online

Epic99.com – Cara mengecek produk halal MUI. Indonesia merupakan negara dengan mayoritas beragama muslim. Oleh karena itu tidak heran jika sertifikat halal terutama dalam produk makanan dan kosmetik di anggap hal yang penting. Untuk memastikan kehalalannya, maka kamu bisa mengkonsumsi produk yang sudah berlogo halal. Sebagai informasi tambahan, lembaga yang mengeluarkan sertifikat halal di Indonesia adalah MUI atau Majelis Ulama Indonesia.

Selain itu jika kamu meragukan suatu produk, maka sebagai konsumen maka kamu bisa melakukan pengecekan mengenai kehalalannya. Terlebih lagi cara mengecek halal MUI sendiri terbilang cukup mudah untuk dilakukan bahkan secara online sekalipun.

Pada artikel kali ini akan di jelaskan mengenai cara mengecek produk halal MUI. Simak ulasannya !

Cara mengecek produk halal MUI

Sertifikat halal merupakan bentuk sertifikasi yang harus di lakukan oleh pengusaha Indonesia yang ingin memasarkan produk yang di miliki. Tidak hanya produk makanan dan minuman, produk lain yang di wajibkan untuk memiliki sertifikat halal adalah obat-obatan, suplemen kesehatan, kosmetik, produk kimia dan biologi, rekayasa genetik, dan beberapa yang lainnya.

Ada beberapa cara yang bisa di praktekkan untuk mengecek halal MUI secara online. Kamu bisa menggunakan cara mana saja sesuai dengan keinginan.

1. Melalui aplikasi Halal MUI

Majelis Ulama Indonesia memberikan fasilitas berupa aplikasi yang bisa di manfaatkan oleh masyarakat untuk mengetahui kehalalan dari suatu produk. Untuk menggunakannya pastikan terlebih dahulu kamu sudah mendownload aplikasi Halal MUI melalui AppStore maupun PlayStore. Berikut langkah-langkahnya :

  • Download aplikasi Halal MUI dan bukalah aplikasinya.
  • Kemudian paada halaman menu utama, kamu bisa klik menu Cari Produk Halal.
  • Ketik nama produk atau nama produsen yang ingin di cek.
  • Klik Cari dan tunggulah beberapa saat hingga sistem menunjukkan hasilnya.
  • Selain menggunakan kata kunci, kamu juga bisa mengecek produk halal menggunakan scan barcode.
  • Untuk produk yang sudah halal, biasanya akan muncul nomor sertifikat dan masa berlaku sertifikat.

Download aplikasi Halal MUI

2. Melalui situs resmi MUI

Tidak hanya menyediakan versi aplikasi, kamu juga bisa mengecek produk halal dengan mudah melalui situs resminya. Di mana dengan menggunakan situs maka kamu tidak perlu lagi mendownload aplikasinya melalui PlayStore dan AppStore. Berikut beberapa langkah yang bisa di praktekkan :

  • Langkah pertama yang harus di lakukan adalah dengan membuka situs Halal MUI melalui browser.
  • Selanjutnya pada halaman utama yang tampil, kamu bisa klik layanan Cek Produk Halal pada bagian sebelah kiri layar.
  • Kamudian nantinya akan ada 3 kriteria yang di sediakan yakni Nama Produk, Nama Produsen, dan Nomor Sertifikat.
  • Pilih kriteria yang sesuai.
  • Kemudian masukkan kata kunci sesuai dengan kriteria.
  • Klik Cari dan tinggu beberapa saat.

Kunjungi Situs Halal MUI

3. Melalui Call Center

Cara lainnya yang bisa di praktekkan untuk mengecek produk halal MUI adalah melalui Call Center. Di mana kamu tidak memerlukan akses internet untuk bisa melakukannya. MUI sendiri menyediakan call center Hallo LPPOM dengan nomor 14056. Kamu bisa menelponnya untuk melakukan pengecekan produk halal MUI.

Demikian beberapa informasi yang bisa di ketahui untuk mengecek produk halal MUI. Di mana cara di atas cenderung mudah untuk di lakukan. Hanya saja pastikan terlebih dahulu kamu sudah mengetahui produk apa yang ingin di cek.

Baca Juga :

***