Cara Cek Produk BPOM secara Online, Bisa Tanpa Aplikasi !

Epic99.com – Cara cek produk BPOM. Sebagai konsumen, tentu kamu harus memperhatikan setiap produk yang ingin kamu beli. Terlebih jika produk tersebut merupakan makanan dan obat-obatan. Di Indonesia sendiri terdapat layanan badan pengawas obat dan makanan atau yang di singkat dengan BPOM. Di mana kamu bisa mengetahui izin yang ada produk yang kamu beli.

Untuk kamu ketahui, produk yang sudah terdaftar di BPOM terbilang sudah aman dari bahan kimia berbahaya. Oleh karena itu penting untuk kamu memeriksa produk sebelum menggunakannya.

cara cek produk bpom

Hal ini untuk meminimalisir penggunaan atau konsumsi pangan dan obat yang terbuat dari bahan berbahaya. Selain itu cara cek BPOM juga terbilang cukup mudah. Bahkan kamu bisa melakukannya secara online. Jika penasaran, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.


Cara Cek BPOM

Sebelum langsung pada inti pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu BPOM. Merupakan singkatan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan, BPOM memiliki fungsi dan tugas yang sudah di atur dalam Peraturan Presiden No 80 Tahun 2017 tentang Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Sehingga nantinya BPOM berhak memberikan label resmi untuk semua produk makanan dan obat yang sudah terdaftar dan terbukti aman. Untuk cara cek BPOM sendiri caranya cukup mudah di mana kamu bisa melakukannya melalui website, dan aplikasi.

1. Melalui website

Dengan mengcek BPOM melalui website, kamu tentu tidak perlu untuk menginstal aplikasi pihak ketiga. Berikut beberapa langkahnya :

cara cek produk bpom
  • Langkah pertama adalah dengan masuk pada situs Cek BPOM melalui browser.
  • Selanjutnya kamu akan masuk pada halaman dashboard yang memungkinkan kamu untuk mencari produk berdasarkan beberapa hal yakni Nomor Registrasi, Nama Produk, Merek, Jumlah Kemasan, Bentuk Sediaan, Komposisi, hingga Nama Pendaftar.
  • Kamu bisa memilih salah satu kategori yang di inginkan dan mengisi kolom berdasarkan kata kunci.
  • Kemudian klik Cari.
  • Nantinya kamu akan melihat data produk secara lengkap meliputi nomor registrasi hingga detail produk.
  • Namun produk akan muncul hanya jika sudah terdaftar di BPOM.
Baca Juga:  Game NFT Bombcrypto : Tips Bermain Agar Bisa Mendapatkan Uang

Jika kamu menginginkan cara yang mudah, sebaiknya untuk memilih cek BPOM berdasarkan Merek. Terlebih jika produk yang di tuju sudah memiliki nomor BPOM di kemasan, kamu hanya perlu memasukkan nomor BPOM yang ada untuk di cocokan dengan database BPOM.

2. Melalui aplikasi

Sesuai dengan namanya, kamu di haruskan untuk mendownload dan instal aplikasi terlebih dahulu. Berikut langkahnya untuk kamu ketahui :

cara cek produk bpom
  • Download dan instal aplikasi cek BPOM melalui PlayStore dan AppStore.
  • Kemudian buka aplikasi tersebut.
  • Nantinya kamu akan melihat terdapat 3 kolom utama.
  • Kamu bisa memilih opsi sesuai dengan kebutuhan.
  • Untuk mengecek BPOM, kamu cukup ketikkan nama produk atau nomor BPOM di kolom pencarian.
  • Jika produk yang di tuju sudah terdaftar BPOM, maka kamu akan menemukan detail produk tersebut.

Nah itulah beberapa cara mudah yang bisa kamu praktekkan untuk cek produk BPOM secara online. Kamu bisa memilih untuk menggunakan cara yang manapun. Dengan begitu kamu akan tahu apakah produk yang kamu miliki aman untuk kesehatan atau malah sebaliknya.

Baca Juga :

***