Cara Translate Dokumen Secara Langsung di Google Docs

Epic99.com – Translate dokumen secara langsung menggunakan Google Docs. Mungkin seringkali kamu menemukan dokumen yang menggunakan bahasa asing. Sehingga tentu hal ini akan membuat bingung kamu mengartikannya. Namun saat ini sudah banyak layanan translate yang memungkinkan kamu untuk mengaartikan dokumen dengan lebih mudah.

Sebagai pengguna teknologi dan internet, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah Google Translate. Di mana sesuai dengan namanya, layanan milik Google ini memungkinkan kamu untuk bisa menerjemahkan bahasa dari banyak negara sekalipun.

Namun jika ingin menggunakan cara yang lebih mudah, kamu bisa melalui Google Docs. Sehingga dokumen yang kamu miliki akan di translate secara otomatis dengan lebih mudah. Jika kamu belum mengetahui caranya, berikut beberapa langkah yang bisa kamu praktekkan !


Apa itu Google Docs ?

Untuk kamu yang belum mengenal Google Docs. Layanan yang satu ini memungkinkan kamu untuk bisa mengolah kata secara gratis. Hampir serupa dengan Microsoft Word, Google Docs memungkinkan kamu untuk membuat dokumen secara online.

translate dokumen Google docs

Selain itu untuk menggunakan Google Docs sendiri kamu tidak harus menginstal aplikasinya terlebih dahulu. Hal ini di karenakan kamu bisa langsung menggunakannya melalui situs dan melakukan login menggunakan email.

Namun untuk penggunaan yang lebih mudah dan ringkas, kamu bisa mendownload aplikasinya yang tersedia untuk smartphone dan tablet. Kelebihan lainnya yang di miliki oleh Google Docs adalah fitur simpan otomatis sehingga kamu tidak perlu menyimpan dokumen berulang kali.


Kelebihan Google Docs

Layanan milik Google yang satu ini terbillang cukup populer dan banyak di gunakan. Hal ini karena kelebihan yang di miliki oleh Google Docs sehingga kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah. Berikut beberapa kelebihan Google Docs untuk kamu ketahui :

translate dokumen Google docs
  • Memungkinkan kamu untuk menggunakannya di berbagai perangkat.
  • Edit dokumen tanpa menggunakan aplikasi.
  • Bisa di sisipkan komentar.
  • Meminimalisir terjadinya kehilangan data apabila terjadi kerusakan pada device.
  • Memiliki kapasitas penyimpanan yang besar.
Baca Juga:  Cara Melacak HP Yang Hilang Dalam Kondisi Hidup Atau Mati

Dengan banyaknya kelebihan tersebut, tentunya menjadikan Google Docs sebagai salah satu layanan dokumen terbaik yang dimiliki oleh Google.


Cara translate dokumen langsung menggunakan Google Docs

Kamu bisa mentranslate dokumen dengan lebih mudah menggunakan Google Docs. Dengan begitu nantinya kamu tidak akan membutuhkan pihak ketiga atau melakukan copy paste ke layanan translate yang ada. Berikut ini beberapa langkahnya yang bisa kamu praktekkan :

translate dokumen Google docs
  • Langkah pertama adalah dengan membuka dokumen yang ingin di translate menggunakan Google Docs.
  • Selanjutnya klik menu tools dan pilih opsi Translate Documents.
  • Kemudian tulislah nama file dari dokumen Google Docs yang ingin di translate.
  • Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan memilih bahasa yang sesuai dengan keinginan.
  • Klik Translater dan tunggulah beberapa saat.
  • Nantinya kamu akan di arahkan menuju tab baru yang berisikan hasil file yang sudah di translate.

Nah itulah beberapa cara mudah mentranslate dokumen secara langsung menggunakan Google Docs. Cara ini bisa di lakukan oleh siapapun menggunakan berbagai device baik PC, laptop, maupun smartphone. Selain itu tersedia banyak bahasa yang bisa di terjemahkan menggunakan layanan Google Docs. Sehingga kamu bisa menyesuaikan bahasa sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga :

***

Baca Juga:  Panduan Lengkap Install Windows 11 Menggunakan Flashdisk