Cara membuat google docs

Bagaimana cara membuat Google Docs untuk para pemula seperti kamu? Tenang saja, kamu bisa mengikuti cara-cara berikut ini untuk bisa memaksimalkan penggunaan aplikasi Google Dokumen. 

Cara Membuat Google Docs secara Online

Meskipun ada berbagai  aplikasi membuat dokumen yang bisa kamu unduh, tapi yang paling recommended tetaplah aplikasi dari Google Docs. Jika kamu memiliki akun Google, maka kamu harus memanfaatkan aplikasi ini untuk membuat dokumen. 

Syarat utama untuk mengakses aplikasi ini adalah memiliki akun Gmail. Jika kamu belum punya akunnya, segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan akun Gmail. Setelah terdaftar di akun Gmail, kamu bisa langsung login ke aplikasi Google Docs menggunakan akun Gmail. 

  • Buatlah dokumen dengan membuka menu utamanya di aplikasi. Kamu juga bisa membuat dokumen dengan mengakses situs www.docs.google.com
  • Lalu, pilih menu “Start New Document” dan klik “New” untuk membuka lembar dokumen baru. 
  • Jika kamu ingin menyunting dokumen, gunakanlah format yang sudah tersedia. Kamu bisa memilih berbagai macam format untuk kamu pakai pada dokumen kamu. 
  • Cobalah satu per satu tools yang tersedia untuk membantu kamu saat mengedit tulisan pada dokumen. 
  • Setelah selesai mengedit dokumen, kamu bisa membagikan file dokumenmu kepada orang lain. 

Cara Pakai Google Docs

 Cara membuat google docs

Setelah kamu paham dengan cara membuat Google Docs di aplikasi maupun situs Google Dokumen, maka pahami juga cara pemakaiannya. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menggunakan aplikasinya dengan benar. 

  • Cek dulu koneksi jaringan internet kamu. Pastikan juga bahwa jaringan internetnya stabil supaya tidak menghambat proses penggunaan aplikasi Google Dokumen. 
  • Buka browser pencarian Google, lalu klik link Google Dokumen. 
  • Login menggunakan akun Google apabila kamu sudah mendaftar. Tapi kalau belum, melakukan pendaftaran akun Google terlebih dahulu untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. 
  • Selain itu, kamu juga bisa mengakses Google Dokumen melalui aplikasi Google Drive. Caranya, login ke akun Google, lalu klik opsi Drive pada menu yang muncul. 
  • Untuk membuat lembar dokumen baru, klik tombol “Create”. Pilih salah satu jenis dokumen yang mau kamu buat. 
  • Dengan begitu, tab baru akan terbuka dan menampilkan lembar dokumen untuk menulis dan menyunting teks. 
Baca Juga:  Cara Menggabungkan Partisi Hardisk dengan Mudah

Macam-macam Fitur Google Docs 

Fitur-fitur google dokumen

Daya tarik aplikasi Google Docs terletak pada variasi jenis dokumen yang bisa dibuat. Tak hanya terbatas pada pembuatan jenis dokumen teks, kamu juga bisa memanfaatkan opsi menu lainnya. 

Cara Melihat Hasil Google Form melalui PC dan HP

Maka dari itu, jangan hanya terfokus pada cara membuat Google Dokumen saja. Coba juga opsi jenis dokumen lainnya agar kamu bisa memanfaatkan aplikasinya secara maksimal. Berikut ini adalah beberapa fitur Google Dokumen yang harus kamu coba: 

1. Fitur Spreadsheet

Jika kamu ingin membuat file untuk pembukuan, maka kamu bisa memanfaatkan fitur spreadsheet pada aplikasi ini. Kamu bisa menyimpan dan mengatur informasi apapun yang berkaitan dengan buku kerja melalui fitur ini.  

2. Fitur Dokumen 

Kalau fitur yang satu ini sudah awam dan paling banyak digunakan pada aplikasi Google Docs. Kamu bisa menulis surat, essai, selebaran, atau dokumen lainnya yang masih berkaitan dengan penulisan teks. 

3. Fitur Formulir

Ketika kamu ingin membuat dan mengumpulkan data secara online, maka fitur formulir dari Google Dokumen bisa kamu manfaatkan sebaik mungkin. Melalui fitur ini, kamu bisa mengatur data formulir secara efektif dan praktis. 

4. Fitur Presentasi

Terakhir ada fitur presentasi yang akan memudahkan kamu saat ingin membuat file presentasi. Tugas atau pekerjaan kantor yang membutuhkan prrsentasi bisa kamu bikin melalui Google Docs.