Cara Membuat Robot Trading Untuk Pemula

Epic99.com – Cara membuat robot trading. Trading kripto belakangan ini sering di bicarakan. Hal tersebut karena kemudahannya dalam melakukan investasi. Selain itu dengan trading kripto nantinya kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan mudah.

Selain itu melakukan trading kripto bisa kamu lakukan dengan menggunakan bot trading untuk memudahkan prosesnya. Pada artikel kali ini akan di jelaskan mengenai cara mudah membuat robot trading untuk pemula. Sehingga dengan tutorial di bawah ini kamu bisa memulai untuk mencoba perdagangan dengan mudah menggunakan bot trading buatan.


Apa itu Freqtrade ?

Kali ini kita akan membahas cara membuat bot trading dengan menggunakan Freqtrade. Untuk kamu yang belum tahu, Freqtrade sendiri merupakan bot perdagangan kripto gratis dan bersifat open source yang di tulis dengan menggunakan bahasa Python.

Apa itu Freqtrade ?

Di mana Freqtrade sendiri di rancang secara khusus untuk memberikan dukungan terhadap semua pertukaran kripto dan di kendalikan melalui Telegram dan webUI. Selain itu bot trading yang satu ini berisikan alat backtesting, plotting, dan pengelolaan uang serta strategi dengan pembelajaran mesin.


Market trading yang didukung

Bot trading Freqtrade ini memberikan dukungan terhadap penggunaan pasar yang cukup populer. Berikut ini beberapa pasar trading yang bisa di pilih untuk melakukan transaksi dengan menggunakan Freqtrade : Binance, Bittrex, FTX, Gate.io, Huobi, Kraken, bahkan hingga OKX.


Syarat instalasi

Untuk memulai instalasi, ada beberapa persyaratan hardware dan software yang harus kamu penuhi terlebih dahulu. Berikut ini beberapa persyaratannya :

1. Hardware

Untuk menjalankan bot yang satu ini pastikan setidaknya kamu memiliki perangkat hardware dengan RAM 2 GB, ruang disk 1 GB, dan juga 2vCPU.

2. Software

Direkomendasikan untuk kamu melakukan instalasi dengan menggunakkan Docker. Selain itu setidaknya kamu memiliki kelengkapan software seperti Python 3.8 +, pip (pip3), git, TA-Lib, dan juga virtualenv.

Baca Juga:  3 Langkah Mudah Menghitung Biaya Listrik Bulanan

Cara instalasi

cara membuat robot trading

Download Freqtrade

Sebenarnya ada 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk memulai instalasi bot trading freqtrade. Namun lebih direkomendasikan jika kamu melakukan instalasi menggunakan Docker. Hal tersebut di karenakan kemudahan dan proses yang cepat jika kamu melakukan instalasi menggunakan Docker. Berikut ini tutorialnya :

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menginstal Docker CE pada OS yang kau jalankan baik MacOS, Windows, dan Linux.
  • Pastikan juga kamu menginstal docker compose.
  • Selanjutnya buat directori baru dan tempatkan docker compose di direktori ini :

mkdir ft_userdata
cd ft_userdata/
# Download the docker-compose file from the repository
curl https://raw.githubusercontent.com/freqtrade/freqtrade/stable/docker-compose.yml -o docker-compose.yml

# Pull the freqtrade image
docker-compose pull

# Create user directory structure
docker-compose run –rm freqtrade create-userdir –userdir user_data

# Create configuration – Requires answering interactive questions
docker-compose run –rm freqtrade new-config –config user_data/config.json

  • Nantinya kamu bisa mengedit konfigurasi kapanpun di user_data/config.json(dalam direktori ft_userdata).
  • Selain itu untuk mengubah strategi dan perintah, kamu bisa mengeditnya pada bagian perintah docker-compose.ymlfile
cara membuat robot trading

1. Menambahkan strategi khusus

Untuk kamu ketahui nantinya konfigurasi khusus akan tersedia sebagai user_data/config.json. Kemudian salin strategi khusus ke directori user_data/strategies/. Selanjutnya Tambahkan nama kelas Strategi ke docker-compose.ymlfile.

Catatan : Sebenarnya konfigurasi default sudah berfungsi sebagian besar namun kamu juga masih bisa mengubahnya sesuai dengan keinginan seperti harga, pasar, dan lainnya sebelum memulai bot.

2. Mengakses UI

Jika kamu sudah memilih untuk mengaktifkan FrequI pada new-config. Nantinya secara otomatis kamu akan memiliki FreqUI yang tersedia di port localhost:8080. Sehingga untuk mengaksesnya kamu bisa ketik localhost:8080 di browser yang kamu gunakan.

3. Memantau Bot

Untuk bisa memantau bot alias memeriksa instance yang sedang berjalan dengan docker-compose ps. Maka kamu di haruskan untuk mencantumkan layanan freqtrade sebagai running.

Baca Juga:  7 Kriteria Penyedia Layanan Jasa Cloud Computing Yang Baik

4. Log penulisan Docker

Log akan ditulis ke: user_data/logs/freqtrade.log.
Kammu juga dapat memeriksa log terbaru dengan perintah docker-compose logs -f.

5. Database

Basis data akan di tempatkan di :user_data/tradesv3.sqlite

6. Memperbarui Freqtrade dengan docker-compose

Ada dua cara untuk memperbarui Freqtrade menggunakan docker-compose di antaranya adalah :

# Download the latest image
docker-compose pull
# Restart the image
docker-compose up -d

Nantinya perintah pertama akan menarik gambar terbaru kemudian memulai kembali dengan versi yang baru saja di tarik. Selain itu pastikan selalu memeriksa changelog untuk mengetahui apakan sudah ada perubahannya atau belum.

7. Menganalisa data

Untuk bisa menganalisa data menggunakan docker-compose kamu bisa memulai server lab jupyter dengan menjalankan perintah berikut :

docker-compose -f docker/docker-compose-jupyter.yml up

Ini akan membuat docker-container yang menjalankan lab jupyter, yang dapat diakses menggunakan https://127.0.0.1:8888/lab. Silakan gunakan tautan yang di cetak di konsol setelah memulai untuk login yang di sederhanakan.


Kesimpulan

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai cara membuat robot trading untuk pemula dengan menggunakan Freqtrade. Untuk informasi lebih lanjut tentang instalasi dan penggunaan, kamu bisa langsung masuk pada situs web resmi freqtrade.io.

Desclaimer : Sebelum mempraktekkan tutorial diatas, perlu diketahui bahwa cara ini sebaiknya hanya untuk dijadikan pembelajaran, selain itu ketahui juga perihal resiko yang harus kamu tanggung saat mulai bertransaksi menggunakan bot trading. Kesalahan yang kamu lakukan bukanlah tanggung jawab penulis maupun afilliator.***