Cara Membatasi Pengguna Wifi di Modem agar Tidak Lemot

Cara Membatasi Pengguna Wifi – Tidak ada ponsel di kehidupan kita tanpa internet. Namun, karena penggunaan data seluler yang berlebihan, Anda harus menggunakan Wi-Fi saja. Dengan banyaknya perusahaan yang menyediakan layanan ini, kami yakin ini tidak dapat di sangkal.

Karena Wifi adalah perangkat yang memungkinkan kita mengakses data melalui jaringan internet dengan banyak pengguna sekaligus, penggunaan Wifi menjadi populer saat ini.

Apa yang menyebabkan wifi lemot?

Sebelum ini, kalian telah mengetahui bahwa wifi adalah alat yang paling sering di gunakan oleh orang sebagai pengganti data seluler. Oleh karena itu, kalian pasti telah mendengar banyak orang yang mengeluh tentang kecepatan internet yang lambat. Ini benar-benar masalah yang sering di alami oleh pengguna wifi.

Akibatnya, wajar bagi beberapa dari kalian untuk ingin mengetahui alasan di balik hal ini. Tidak membatasi pengguna wifi adalah salah satu alasan konektivitas yang lemot. Orang-orang yang merasa wifi mereka aman lebih baik melakukannya.

Karena bandwith yang terbatas harus di bagi oleh banyak perangkat sekaligus, menggunakan wifi dengan banyak user sekaligus pasti akan mengganggu kinerja.

Semua yang perlu Anda lakukan adalah kembali mengubah kata sandi perangkat Wi-Fi Anda. Jika Anda memiliki perangkat, Anda hanya perlu mengubah kata sandi, dan orang-orang yang menggunakan Wi-Fi Anda tanpa izin tidak dapat lagi mengaksesnya.

Namun, perlu di ingat bahwa ada faktor lain yang menyebabkan koneksi Anda lambat. Ini benar-benar di sebabkan oleh kerusakan sistem provider internet. Namun, pada saat itu, hampir semua orang yang menggunakan layanan ini juga akan mengalami masalah koneksi.

Ini Menghambat Koneksi Wifi

Anda harus menyadari bahwa kecepatan ponsel kalian dan orang terdekat yang menggunakan perangkat wifi yang sama berbeda. Ini karena perbedaan konektivitas yang di sebabkan oleh pembagian konektivitas.

Sebenarnya, Anda membuka banyak aplikasi dan menggunakan satu koneksi wifi, jadi jika Anda membuka aplikasi dengan data seluler yang besar, mungkin sulit memiliki jaringan yang lancar. Karena jaringan Anda harus di bagi dengan orang lain, banyak orang memilih untuk membatasi pengguna wifi mereka, yang membuat koneksi internet mereka jauh lebih cepat.

Metode untuk membatasi jumlah pengguna wifi

Kali ini, Anda harus mengoptimalkan penggunaan modem Anda. Ini untuk mengatasi banyaknya perangkat tidak dikenal yang terhubung ke perangkat Anda, yang sangat mengganggu. Akibatnya, sangat penting bagi Anda untuk melakukan setting ini.

Kami akan menjelaskan beberapa cara mengelola modem dengan baik karena beberapa dari Anda mungkin merasa melakukan hal ini sulit. Cara mengelola modem untuk membatasi jumlah pengguna wifi di laptop adalah sebagai berikut:

1. Telkomsel TP-Link

Untuk menggunakan Wi-Fi, pergi ke menu Konfigurasi Interface dan atur pengaturan sandi yang kuat. Semua orang harus mengubah kata sandi mereka menjadi kombinasi karakter yang sulit ditebak. Setelah itu, tekan tombol SSID dan ketikkan nomor yang Anda inginkan.

2. Modem merek ZTE

Dalam panel admin modem, pilih “Network” dan pilih “Pengaturan SSID.” Silakan masukkan jumlah maksimum pengguna. Anda harus memasukkan angka-angka ini. Oleh karena itu, kami sarankan untuk memasukkan jumlah anggota keluarga dan memberi slot tambahan untuk dua orang. Ini hanyalah opsi tambahan untuk tamu yang mungkin datang. Setelah itu, hanya menekan tombol “Submit” untuk menyelesaikannya.

3. Filter Wireless MAC

Untuk memblokir perangkat yang tidak terdaftar, Anda dapat menggunakan fitur Filter MAC Wireless. Setiap perangkat memiliki alamat MAC yang berbeda.

Caranya sangat sederhana yakni Masuk ke panel admin modem dan cari menu Konfigurasi Interface, Filter MAC Nirkabel, dan Tambahkan Baru. Isi alamat MAC perangkat yang diizinkan dan klik SIMPAN.

Baca Juga :