Cara Mudah Cek Saldo eMoney, Bisa Lewat HP!

Cek Saldo eMoney di HP. E-Money merupakan salah satu alternatif kemudahan dalam proses transaksi yang lebih cepat. Selain itu penggunaannya cenderung mudah bahkan untuk pemula sekalipun. Adapun bank yang menerbitkan kartu eMoney adalah Mandiri yang saat ini sudah membuka beragam cara untuk pengecekan saldo.

Meskipun sebenarnya penggunaan eMoney terkesan mudah, namun tidak sedikit pemiliknya yang belum mengetahui bagaimana cara cek saldo eMoney itu sendiri. Untuk itu pada artikel kali ini akan di berikan penjelasannya agar bisa di praktekkan !

Cara cek saldo EMoney

Langsung pada pembahasan utama, ada beberapa cara yang bisa di lakukan untuk cek saldo eMoney. Dengan begitu kamu bisa menggunakan cara mana saja sesuai keinginan.

1. Melalui Bank

Mengecek saldo eMoney bisa di lakukan dengan datang langsung ke bank penerbit. Bahkan tidak hanya mengecek saldo saja, kamu bisa sekaligus melakukan pengisian saldo. Datanglah ke bank cabang mana saja, kemudian tunggu antrian ke Customer Service dan katakan tujuan kamu untuk melakukan pengecekan eMoney.

2. Melalui ATM

Ada cara yang lebih efektif di bandingkan dengan datang langsung ke Bank. Memungkinkan kamu untuk tidak repot melakukan antrian, pengecekan saldo eMoney bisa di lakukan melalui ATM. Hanya saja tidak semua ATM bisa di lakukan pengecekan melainkan hanya ATM yang berlogo eMoney saja. Oleh karena itu pastikan agar kamu datang ke ATM yang sudah berlogo eMoney.

Datanglah ke mesin ATM, kemudian klik tombol Hijau atau Accept. Pilih menu eMoney dan klik opsi cek saldo. Kemudian tempelkan kartu eMoney pada bagian yang telah di sediakan. Tunggu beberapa saat maka saldo eMoney akan terlihat pada layar.

3. Cek Saldo eMoney di HP

Cara lainnya yang bisa di lakukan untuk mengecek saldo eMoney adalah melalui HP. Namun ada syarat yang harus di penuhi untuk melakukan pengecekan saldo eMoney di HP. Adapun perangkat yang kamu gunakan sudah di lengkapi dengan fitur NFC. Selain itu pengecekan di lakukan melalui aplikasi Livin by Mandiri.

Langkah pertama pastikan terlebih dahulu kamu sudah mendownload dan instal aplikasi Livin by Mandiri. Selanjutya aktifkan fitur NFC di HP lalu bukalah aplikasi Livin by Mandiri. Lakukan login menggunakan password. Pilih opsi eMoney kemudian tempelkan kartu eMoney pada bagian NFC di HP. Tunggu beberapa saat maka saldo eMoney akan muncul di layar.

Manfaat eMoney

Bukan tanpa alasan, penggunaan eMoney cenderung memiliki banyak manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat dan keuntungan dalam penggunaan kartu eMoney :

  1. Praktis
    Proses transaksi hanya perlu tap kartu bahkan tanpa harus memasukkan PIN terlebih dahulu.
  2. Tidak menunggu kembalian
    Memungkinkan pengguna tidak menunggu kembalian seperti pembayaran menggunakan uang kertas.
  3. Bisa digunakan untuk berbagai transaksi
    Memiliki manfaat yang cukup banyak seperti pembayaran transportasi umum, tol, bahkan hingga pembayaran bahan bakar.
  4. Mengontrol pengeluaran
    Dengan menggunakan eMoney, kamu bisa lebih mudah mengontrol pengeluaran. Bagaimana tidak, di eMoney kamu bisa tahu besaran pengeluaran kamu dalam beberapa periode tertentu.
  5. Meminimalisir penyebaran uang palsu
    Manfaat lainnya dari eMoney adalah meminimalisir penyebaran uang palsu yang beredar.

Nah itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk cek saldo eMoney. Cara diatas cenderung mudah dipraktekkan bahkan untuk pemula sekalipun. Selamat mencoba !

Baca Juga :

***