4 Cara Mudah Mengecek Saldo Bantuan BPNT Lewat HP

Epic99.com – Mengecek saldo BPNT lewat HP. BNPT merupakan singkatan dari Bantuan Pangan Nontunai di mana tidak lain adalah bantuan yang di berikan oleh pemerintah untuk masyarakat yang membutuhkan. Selain itu BPNT juga di usung dengan tujuan untuk menanggulangi kemiskinan.

Jika kamu menjadi salah satu penerima manfaat BPNT, cara ceknya saat ini sudah cukup mudah di lakukan bahkan jika hanya menggunakan HP sekalipun.

Pada artikel kali ini akan di berikan informasi mengenai cara cek BPNT secara mudah melalui online.

Pengertian BPNT

Sebelum masuk pada pembahasan utama mengenai cara cek bantuan BPNT apakah sudah cair atau belum, sebaiknya untuk kamu mengetahui apa itu BPNT terlebih dahulu.

BPNT merupakan bantuan yang di berikan khusus untuk masyarakat di mana sudah terdaftar datanya di DTKS Kemensos. Selain itu sebenarnya BPNT sendiri sudah ada sejak lama yakni tepatnya pada tahun 2016. Hanya saja sebelum BPNT nama programnya adalah Program Beras untuk Keluarga Miskin atau Raskin.

Seluruh masyarakat yang mendapatkan bantuan BPNT akan menerima uang sebesar kurang lebih Rp 300 ribu perbulan dan dikirim melalui kartu elektronik.

Kemudian kartu tersebutlah yang nantinya bisa di gunakan untuk berbelanja di warung khusus yang terdaftar dalam program BPNT. Dengan begitu masyarakat akan bisa menggunakannya untuk berbelanja berbagai kebutuhan pangan mulai dari beras, minyak, susu, telur, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Syarat mendapatkan BPNT

Menjadi program pemerintah yang di khususkan untuk warga miskin, tentu ada beberapa syarat tertentu agar bisa mendapatkan bantuan ini. Berikut beberapa syarat penerima bantuan BPNT :

  • Merupakan warga kurang mampu yang memilki kartu Keluarga Sejahtera (KKS).
  • Bukan penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), atay bantuan dari program pemerintah lainnya.
  • Tidak berstatus sebagai ASN, TNI, Polri, pejabat negara atau daerah, maupun karyawan BUMN dan BUMD.

Cara mengecek BPNT online lewat HP

Ada beberapa cara yang harus di lakukan untuk mengecek BPNT secara online. Dengan begitu kamu bisa mempraktekkannya melalui cara yang di inginkan. Berikut beberapa cara mengecek BPNT online lewat HP :

1. Melalui situs resmi

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengunjungi situs Cek Bansos di https://cekbansos.kemensos.go.id
  • Selanjutnya isilah informasi yang dibutuhkan mulai dari provinsi, kabupaten, hingga kelurahan.
  • Kemudian masukkan nama penerima bantuan sesuai dengan KTP.
  • Masukkan captcha untuk verifikasi.
  • Terakhir klik Cari Data.
  • Tunggulah beberapa saat hingga sistem memberikan informasi.

2. Melalui MBanking

Untuk mengecek saldo BPNT melalui Mbanking, kamu bisa melakukannya di MBanking BNI. Simak beberapa langkah dibawah ini :

  • Pastikan terlebih dahulu kamu sudah memiliki akun Mbanking BNI.
  • Selanjutnya lakukan login menggunakan ID dan PIN.
  • jika kamu adalah penerima BPNT, maka pada halaman awal Mbanking kamu akan mendapatkan informasi mengenai BPNT.

3. Melalui SMS Banking

Cara lainnya yang bisa di praktekkan untuk mengecek saldo BPNT secara online adalah melalui SMS Banking. Terlebih cara yang harus di lakukan juga cukup simple, berikut beberapa langkahnya :

  • Buka menu SMS di HP.
  • Selanjutnya ketik SALDO dan kirim ke 3346.
  • Tunggu hingga kamu mendapatkan informasi mengenai BPNT.

4. Mengecek BPNT online

Selain melalui online, kamu bisa melakukan pengecekan secara offline. Datanglah ke kantor cabang bank tujuan atau bisa langsung mendatangi agen atau warung khusus yang terdaftar program BPNT.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu praktekkan untuk mengecek saldo bantuan BPNT lewat HP dengan mudah. Ikuti beberapa cara diatas yang sesuai dengan keinginan.

Baca Juga :

***