Cara Mudah Melihat History Wifi di HP dan Laptop

Cara Melihat History Wifi di HP – Cara melihat riwayat penggunaan WiFi memungkinkan Anda mengetahui siapa saja yang pernah menggunakannya atau melihat website apa saja yang pernah di akses melaluinya. Anda dapat mengecek riwayat penggunaan WiFi dengan HP atau PC. Ini biasanya terkait dengan melihat data pemakaian jaringan WiFi, seperti melihat daftar pengguna, halaman yang di kunjungi, riwayat koneksi, dan pengaturan SSID dan kata sandi. Tidak di ragukan lagi, beberapa aktivitas tersebut dapat di lakukan melalui ponsel, tetapi yang lain tidak. Untuk mereka yang belum tahu, ini menjelaskan semua yang di dukung, serta cara melakukannya.

Cara Melihat History Wifi di HP

  • Akses halaman Pengaturan pada perangkat yang sedang di gunakan.
  • Jika Anda menggunakan Android, pergi ke bagian Connections dan klik menu WiFi.
  • Jika daftar WiFi sebelumnya belum muncul, klik More (ikon titik tiga) dan pilih Advanced.
  • Kemudian, buka menu Manajemen Jaringan.

Kamu dapat menggunakan beberapa langkah di atas dengan beberapa modifikasi untuk masing-masing handphone jika melihat history WiFi yang di maksud menunjukkan daftar jaringan yang pernah terhubung dengan perangkat. Dengan menggunakan langkah-langkah ini, kita dapat melupakan jaringan, membagikan kembali koneksi WiFi pada beberapa perangkat yang mendukung, atau mematikan fitur terhubung otomatis.

Cara Melihat Daftar Pengguna Wifi

  • Unduh aplikasi Fing dari Google Play Store atau Apple Apps Store. Jika sudah selesai, jalankan aplikasi.
  • Lalu klik Selanjutnya untuk menyelesaikan pengaturan awal, seperti menyetujui kebijakan layanan, setelan lokasi, dan membuat akun jika di perlukan.
  • Setelah masuk ke halaman utama, klik tombol Cari untuk perangkat. Pada halaman berikutnya, Anda akan melihat daftar pengguna WiFi Anda.

Aplikasi Fing tidak hanya dapat memindai daftar pengguna WiFi, tetapi juga dapat di gunakan untuk memblokir perangkat yang tidak di kenal, mengecek kecepatan internet, hingga mencari lokasi hotspot di lingkungan Anda. Yang lebih menarik lagi adalah bahwa Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk memindai kamera tersembunyi—yang biasanya menggunakan sistem komunikasi nirkabel—sehingga Anda dapat menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

Mengamati Riwayat Pencarian WiFi

  • Setelah membuka peramban handphone, masukkan IP router yang digunakan pada kolom URL.
  • Kemudian tekan Enter untuk memulai.
  • Jika Anda menggunakan mode administrator, cari bagian Log.

Untuk melihat riwayat pencarian pengguna WiFi, kita perlu menggunakan router yang mendukungnya atau memasang firmware khusus seperti OpenWrt dengan pengelola jaringan yang lebih baik. Tanpa itu, Anda tidak akan dapat melakukannya.

Melihat Kata Sandi WiFi yang Digunakan Sebelumnya

Opsi untuk mengintip kembali kata sandi dari jaringan yang pernah kita gunakan pun hampir tidak tersedia di berbagai macam handphone, sama seperti melihat riwayat penelusuran pengguna. Jika perlu, Anda harus melakukan rooting untuk Android atau jailbreak untuk iOS. Kedua metode ini biasanya sangat berbahaya bagi orang-orang yang belum terbiasa melakukannya.

Anda juga dapat menggunakan fitur iCloud Keychains yang ada di dalam perangkat setelah menggunakan MacBook untuk melihat kata sandi WiFi, secara khusus bagi pengguna perangkat bersistem iOS.

Baca Juga :

***