6 Cara Mudah Memperluas Jaringan Wifi Dirumah

Cara memperluas Jaringan Wifi – Ternyata Anda tidak hanya dapat memblokir pengguna Wi-Fi, tetapi juga dapat mengatur jangkauan sinyalnya agar seluruh penghuni rumah dapat menggunakannya. Saya ingin tahu bagaimana caranya. Baca artikel ini untuk mengetahui cara memperluas jangkauan WiFi Anda!

Salah satu hal yang harus dipertimbangkan adalah mengatur ulang jangkauan sinyal Wi-Fi di rumah Anda. Pastikan jangkauan tidak terlalu kecil sehingga semua penghuni tidak dapat mengaksesnya.

Cara memperluas Jaringan Wifi

Kali ini kita akan berbicara tentang router, perangkat yang berfungsi untuk mengirimkan sinyal WiFi ke seluruh rumah untuk mendapatkan koneksi internet yang kuat. Baca lebih lanjut di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

1. Tempatkan router di tengah area

Router harus diletakkan di ruang tengah rumah yang terbuka agar dapat memancarkan jaringan WiFi yang lebih luas ke seluruh kamar. Hindari meletakkan router di dekat dapur atau oven karena gelombang frekuensi yang serupa dapat menghambat transmisi sinyal WiFi.

2. Memperbaiki router dan antena

Router dan antena yang sudah tergabung dapat mengalami penurunan kinerja dalam menyalurkan sinyal WiFi. Untuk memperluas jaringan WiFi Anda, Anda dapat mengganti router dan antena itu sendiri karena keduanya telah digunakan selama beberapa tahun. Pastikan router dan antena Anda berkualitas tinggi.

3. Menambah titik akses (AP)

Perangkat keras yang disebut akses point berfungsi untuk mengirim dan menerima data melalui jaringan nirkabel seperti WiFi. Perangkat keras ini dapat digunakan di banyak lokasi di rumah Anda, yang mungkin memiliki banyak sekat dan penghalang atau memiliki kemampuan untuk memasuki ruang tertutup. Banyak router saat ini memiliki fitur acces point mode, yang memungkinkan Anda mengatur untuk memperluas jaringan WiFi Anda.

4. Gunakan perpanjangan WiFi

Untuk meningkatkan koneksi internet di rumah Anda, Anda dapat menggunakan perangkat seperti WiFi extender atau WiFi adapter. Perangkat ini menyalurkan ulang sinyal ke router dan menjangkau seluruh ruangan, memperkuat jaringan WiFi Anda.

5. Upgrade frekuensi ke 5 GHz

WiFi biasanya memiliki gelombang frekuensi 2,4 GHz. Namun, jika sinyal tidak bekerja dengan baik pada frekuensi tersebut, ada baiknya mengubah frekuensi menjadi 5 GHz pada laptop, komputer, atau HP.

6. Menonaktifkan koneksi WiFi pada perangkat yang tidak digunakan

Perangkat (Device) yang terkoneksi dengan internet secara bersamaan dapat memperlambat jaringan WiFi. Jika perangkat tersebut tidak membutuhkan WiFi, tidak aktifkan jaringan pada perangkat yang tidak di perlukan dan gunakan jaringan pada perangkat yang di perlukan.

Kenapa Wifi Sering Lemot?

1. Banyak perangkat dapat terhubung ke WiFi

Banyak perangkat menggunakan WiFi untuk terhubung ke internet. Misalnya, WiFi yang Anda gunakan hanya dapat menampung 2-3 perangkat. Namun, ternyata ada lima perangkat di rumah yang menggunakan WiFi secara bersamaan, dan kapasitas datanya melampaui batas.

2. Intervensi jaringan yang terdiri dari benda dan ruang

Jika ada benda atau ruangan lain yang menghalangi router untuk memperluas dan memperkuat jaringan WiFi, maka meskipun Anda berada di rumah dengan ruang yang cukup besar, Anda tidak akan dapat terhubung ke internet.

3. WiFi tanpa pengamanan password

Tetangga sebelah rumah Anda dapat mengakses jaringan WiFi Anda tanpa izin karena jaringan Anda tidak aman atau dilindungi oleh password.

Baca Juga :

***