Cara dan Tahapan Merakit Komputer Sendiri Dirumah

Perkembangan teknologi semakin mudah di rasakan dan memberikan banyak keuntungan. Salah satu produk teknologi yang tidak bisa terpisahkan di antaranya adalah perangkat komputer. Menariknya kamu juga bisa merakit komputer sendiri di rumah dan mengatur kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan. Selain itu manfaat merakit komputer sendiri di rumah adalah untuk bisa meminimalisir budget berlebih.

Namun di karenakan penyusunan komponen komputer di lakukan sendiri, maka tentunya kamu harus mengetahui alat dan bahan yang di butuhkan agar komputer bisa bekerja secara optimal.

Nah dengan membaca artikel ini hingga akhir, maka kamu akan mengetahui bagaimana cara merakit komputer sendiri di rumah. Simak ulasan di bawah ini !

Komponen dasar komputer

Sebelum bisa melakukan perakitan komputer sendiri di rumah, maka penting untuk kamu mengetahui komponen dasar yang ada di komputer. Berikut adalah beberapa komponen dasar komputer :

  • Motherboard
    Sesuai dengan namanya, komponen motherboard sendiri adalah induk komputer yang di gunakan sebagai media untuk memasang memori, prosessor, harddisk, dan lainnya.
  • Prosessor
    Menjadi salah satu bagian terpenting yang ada pada komputer, prosessor merupakan pusat bagi semua aktivitas yang ada di komputer. Oleh karena itu semakin canggih kapasitas prosessor maka cenderung berpengaruh pada kinerja komputer.
  • Memori atau RAM
    Sama halnya yang ada di perangkat smartphone. RAM membantu pengguna untuk melakukan proses transfer data ke CPU. Biasanya semakin besar kapasitas RAM maka akan semakin cepat juga proses yang berjalan dikomputer.
  • CD Drive
    Komponen yang satu ini berfungsi untuk membaca atau menulis kepingan CD. Selain itu CD juga memiliki fungsi lainnya yakni sebagai media untuk mencadangkan data.
  • Harddisk
    Berfungsi untuk media penyimpanan data dan berkas yang ada di komputer.
  • Power Supply
    Merupakan komponen yang ada didalam perangkat komputer dan berfungsi untuk memasok tenaga di berbagai komponen komputer.
  • Modem internal
    Merupakan komponen yang berfungsi sebagai sinyal kode digital agar komputer bisa mengakses internet.
  • Cassing
    Sebagai pembungkus dari semua komponen yang ada di CPU komputer.

Cara merakit komputer sendiri dirumah

Nah setelah mengetahui apa saja komponen yang ada di komputer, selanjutnya kamu bisa langsung mengetahui pembahasan utama mengenai cara merakit komputer. Adapun alat yang digunakan adalah obeng dengan ukuran sedang. Selain itu disarankan agar obeng yang digunakan memiliki magnet di ujungnya untuk memudahkan pembautan.

Berikut ini beberapa langkah untuk merakit komputer di rumah :

Langkah 1, Bukalah casing CPU

Langkah pertama yang harus di lakukan adalah dengan membuka baut yang ada di belakang casing CPU. Lepas penutup belakang casing.

Langkah 2, Pasang prosessor ke motherboard

Setelah cassing terbuka, selanjutnya bukalah soket prosesor dengan menarik bagian pengait yang ada di sebelah kiri. Lakukan secara hati-hati dan tarik keatas. Masukkan prosessor dengan memegang tepinya menggunakan 3 jari. Pastikan agar kamu tidak menyentuk lingkaran emas agar tidak ada kotoran yang menempel. Masukkan prosessor dan pasang pengaman dengan menekan besi pengait sebagai pengunci.

Langkah 3, Pasang kipas prosessor atau heatsink

Atur posisi heatsink berada di atas prosessor. Kemudian sesuaikan setiap posisi kaki heatsink masing-masing. Kencangkan menggunakan sekrup dan obeng hingga kipas terpasang di badan motherboard. Jika posisi heatsink tidak goyang, maka artinya pemasangan berhasil di lakukan.

Langkah 4, Pasang RAM

Perhatikan bagian RAM dan socket yang di gunakan terlebih dahulu. Jika keduanya sudah cocok, maka kamu bisa langsung memasangkan RAM dengan menancapkan socketnya secara perlahan. Biasanya RAM akan berbunyi klik jika socket sudah mengunci dengan sempurna.

Langkah 5, Pemasangan Power Supply dan motherboard ke dalam casing

Langkah berikutnya yang harus di lakukan adalah dengan memasang power supply terlebih dahulu. Sesuaikan posisi power supply berada di tempat yang tersedia. Jika di rasa sudah pas, maka kamu bisa mengencangkannya dengan baut. Kemudian jangan lupa untuk memasang motherboard kedalam casing. Kencangkan juga menggunakan baut.

Langkah 6, Pasang CD Drive dan Harddisk

Pasang dan kencangkan CD Drive dengan baut. Dimana seperti yang kita ketahui, biasanya posisi CD Drive sendiri berada di bagian depan casing. Selain itu pasang juga kabel yang menghubungkan CD Drive dengan konektor di motherboard.

Selanjutnya pasang harddisk dengan memposisikan label menghadap keatas. Posisikan lubang harddisk dengan casing untuk bisa dikencangkan menggunakan baut.

Langkah 7, Pasang kabel CD Drive dan Harddisk

Setelah CD Drive dan harddisk berhasil terpasang, maka selanjutnya kamu perlu memperhatikan setiap ujung kabel yang akan dipasang pada CD Drive dan harddisk untuk selanjutnya dipasangkan ke motherboard.

Langkah 8, Pemasangan konektor USB, Audio, dan kabel power LED

Pastikan setiap konektor yang ada pada komponen sudah terpasang di motherboard. Pasang dibagian pinggir motherboard. Selain itu langkah berikutnya adalah dengan memasang kabel power LED dimana biasanya kabel ini terdiri dari kabel power, kabel restart, dan kabel LED yang memiliki fungsi berbeda. Pastikan agar kamu memasang tiap kabel secara perlahan dan sesuaikan dengan letak jumper yang tersedia.

Langkah 9, Pemasangan kabel power supply ke motherboard

Agar arus listrik bisa terhubung, maka kamu perlu melakukan pemasangan kabel power pada motherboard. Lakukan pemasangan secara hati-hati dan pastikan dalam posisi yang sesuai.

Langkah 10, Sambungkan kabel listrik dan monitor

Tempatkan posisi masing-masing power supply yang di gunakan untuk sambungan paralel ke monitor. Selain itu pasang juga konektor VGA pada monitor dengan posisi yang sesuai. Pastikan semua jarumnya tidak bengkok dan kencangkan dengan baut.

Langkah 11, Tes Komputer

Langkah terakhir yang bisa di lakukan adalah dengan mengecek tombol power dan lainnya. Jika perakitan berhasil, maka akan muncul tampilan booting dari OS. Namun jika komputer tidak bisa menyala, maka bisa jadi permasalahannya adalah posisi power supply yang tidak benar. Kemudian jika komputer menjadi blank, maka cek kembali pada sambungan kabel apakah sudah pas atau masih ada yang terlepas.

Nah itulah beberapa cara yang bisa di lakukan untuk merakit komputer sendiri di rumah. Di mana sebenarnya cara ini tergolong cukup mudah. Selamat mencoba !

Baca Juga :

***