Epic99.com – Membuat Filter Instagram sendiri. Jika kamu pengguna Instagram aktif, tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan adanya filter instagram yang bisa dengan bebas di gunakan. Selain itu tidak jarang juga pengguna aplikasi Instagram membuat ide filter instagramnya sendiri.

Biasanya filter IG di gunakan untuk berbagai unggahan Feed, Reels, dan juga story agar menghasilkan gambar maupun video yang unik dan menarik.

membuat filter instagram sendiri

Bahkan kamu juga bisa membuat filter Instagram sendiri yang sesuai dengan keinginan. Untuk kamu yang penasaran, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu praktekan untuk membuat filter IG yang sesuai dengan keinginan.

Tutorial membuat Filter Instagram sendiri

Kamu bisa membuat filter Instagram sendiri dan sesuai dengan keinginan dengan menggunakan Instagram augmented reality filter. Di mana filter AR sendiri merupakan efek dari hasil komputerisasi dangan lapisan kehidupan nyata yang bisa di tampilkann pada kamera smartphone.


Langkah – langkah membuat filter IG sendiri :

1. Download dan Instal Aplikasi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan agar bisa membuat filter Instagram sendiri adalah dengan mendownload aplikasi Spark AR Studio. Aplikasi yang satu ini merupakan besutan Facebook yang hanya bisa di gunakan untuk PC maupun Laptop.

Download Spark AR Studio

2. Menentukan efek

membuat filter instagram sendiri Menentukan efek

Selanjutnya kamu akan bisa menemukan beberapa tampilan antarmuka program aplikasi untuk memiliki efek yang di inginkan. Nantinya kamu bisa akan membuat filter IG dengan memilih salah satu dari beberapa template yang tersedia.

3. Membuat filter Instagram

Jika kamu sudah memilih salah satu template yang tersedia, nantinya kamu akan mengetahui placeholder object pada bagian tengah panel yang biasa di sebut dengan viewport. Nantinya dengan Viewport tersebutlah kamu akan bisa memulai untuk membuat filter IG yang sesuai dengan keinginan.

Baca Juga:  Cara Menghapus Akun Gmail Secara Permanen dengan Mudah dan Aman

Selain itu tampilan pada Viewport sendiri akan menyajikan replika ponsel yang ada di pojok kanan. Di mana replika ponsel tersebut akan berfungsi untuk melihat pratinjau filter IG yang kamu buat.

3. Membuat filter Instagram

Kamu juga bisa akan bisa merubah jenis simulator smartphone yag sesuai dengan yang kamu miliki dengan menggunakan tombol dropdown.

Pada bagian kiri panel viewport akan ada pannel Scene yang berisi berbagai tombol untuk bisa membuat efek filter IG.

4. Mengunggah aset 3D

Nantinya saat kamu sudah berhasil mengedit filter Instagram yang sesuai dengan keinginan. Selanjutnya kamu di haruskan untuk mengunggah aset 3D yang akana dijadikan filter IG dari AR Library.

membuat filter instagram sendiri Mengunggah aset 3D

AR Library sendiri menyediakan beberapa aset gratis yang bisa kamu gunakan. Bahkan kamu juga bisa menggunakan beragam animasi dan audio agar filter yang kamu buat menjadi lebih sempurna.

5. Mengedit animasi Grafik

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah jika sudah mengunggah serta memiliki aset 3D untuk filter IG yang kamu buat. Nantinya kamu akan bisa memulai untuk mengatur gerakan grafik animai dengan menggunakan panel Scene.

5. Mengedit animasi Grafik

Selain itu kamu juga bisa mengubah warna serta intensitas cahaya yang sesuai dengan keinginan. Untuk memberikan kesan mendalam pada objek 3D, kamu bisa mengubah arah cahaya. Kamu juga bisa memilih animasi yang tersedia baik untuk kamera depan maupun kamera belakang.

6. Melakukan pengujian dan publikasi

Jika kamu sudah mengedit animmasi dan juga grafis, selanjutnya kamu bisa mulai untuk menguji filter IG dengan memasukannya sebagai pilihan story Instagram.

6. Melakukan pengujian dan publikasi

Setelah itu jika di rasa pengujian filter yang kamu buat memberikan hasil yang baik, dengan begitu filter IG sudah siap untuk digunakan serta muali bisa untuk dipublikasikan. Namun filter tersebut tidak secara otomatis terpublish melainkan harus di lakukan peninjauan yang sesuai dengan kebijakan dan juga pedoman Spark AR.

Baca Juga:  Cara Membuat Background Halaman Pada Microsoft Word

baru setelahnya kamu bisa mulai menggunakan untuk story Instagram dan bisa di unduh oleh semua pengguna Instagram lainnya.


Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat filter Instagram dengan mudah menggunakan aplikasi Spark AR Studio. Kamu bisa mengeluarkan segala kreativitas apapun untuk menghasilkan filter Instagram menarik sehingga banyak di gunakan oleh semua pengguna.***