Cara Simple Menambah Font Sendiri di Canva, Proses Cepat !

Epic99.com – Cara menambah font di Canva. Desain grafis merupakan salah satu skill yang saat ini sangat di butuhkan. Namun seiring berjalannya waktu, membuat desain tidak mengharuskan seseorang untuk memiliki skill tertentu di bidang software desain. Di mana Canva hadir menjadi penyelamat bagi kamu yang membutuhkan desain dasar menarik.

Untuk kamu yang belum tahu, Canva sendiri adalah situs desain yang mudah di gunakan dan gratis. Didalamnya tersedia ribuan template desain yang bisa di pilih sesuai dengan keinginan.

Menariknya lagi, Canva menyediakan beragam pilihan font baik secara gratis maupun berbayar. Hanya saja jika kamu tidak puas atau ingin menggunakan font lainnya, maka kamu perlu menambahkannya sendiri. Namun sebelum menambahkan font di Canva, ada beberapa persyaratan yang harus di penuhi terlebih dahulu.

Penasaran bagaimana cara menambahkan font di Canva? Simak beberapa ulasan di bawah ini !

Cara menambah font di Canva

Langkah untuk menambahkan font di Canva terbilang cukup mudah untuk dipraktekkan. Bahkan jika kamu masih pemula sekalipun, berikut ini adalah beberapa langkahnya :

  • Langkah pertama yang harus di lakukan adalah dengan membuka situs Canva terlebih dahulu.
  • Selanjutnya pastikan kamu sudah melakukan login.
  • Lalu masuk pada opsi Menu yang ada di bagian kanan bawah.
  • Klik opsi Merek.
  • Pada bagian font Merek, klik Tingkatkan dan Unggah Font anda Sendiri.
  • Kemudian pilih font yang ingin di upload.
  • Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai.

Note : Menambahkan font di Canva hanya bisa di lakukan dengan beberapa format font. Di mana Canva sendiri hanya mendukung font dengan lisensi OTF, TTF, dan WOFF. Sehingga jika kamu mengupload font menggunakan format lain, maka hasilnya akan gagal.

Font tidak bisa diupload ?

Apa yang harus dilakukan jika font tidak bisa di upload? Pertanyaan ini seringkali di ajukan oleh beberapa pengguna yang mengalami kegagalan. Ada beberapa penyebab kenapa font tidak bisa di ubah di Canva.

Seperti salah satunya adalah format font berlisensi yakni OTF, TTF, dan WOFF. Sehingga jika tidak menggunakan di antara ketiga format tersebut maka akan di tolak secara otomatis.

Selanjutnya adalah file font yang di upload mengalami kerusakan sehingga tidak bisa di baca oleh sistem Canva.

Keunggulan Canva

Menjadi salah satu layanan desain yang cukup populer. Canva banyak di gunakan karena kemudahannya dan tersedia banyak template yang bisa di pilih. Lalu sebenarnya apa saja keunggulan Canva? Berikut beberapa di antaranya :

  1. Bisa di akses menggunakan PC atau laptop melalui situs atau bisa juga melalui aplikasi mobile. Kamu hanya perlu mendownloadnya terlebih dahulu di PlayStore atau AppStore.
  2. Interface yang sederhana namun fiturnya cukup lengkap untuk memenuhi semua kebutuhan.
  3. Tersedia banyak fitur yang bisa langsung di gunakan atau diedit.
  4. Hasil desain bisa di download dengan beragam format.
  5. Tidak membutuhkan ruang penyimpanan.
  6. Semua desain yang di buat bisa tersimpan secara otomatis.

Meskipun Canva di penuhi dengan beragam keunggulan, namun tidak berarti Canva bebas dari kelemahan. Seperti aplikasi umumnya, di mana ada keunggulan tentu ada juga kelemahannya seperti berapa di bawah ini :

  • Hanya bisa di akses secara online dan membutuhkan jaringan internet yang stabil.
  • Beberapa fitur dan template desain hanya bisa di gunakan pada mode premium.

Download Canva

Demikian beberapa penjelasan mengenai cara menambahkan font di Canva. Sangat mudah bukan? Selamat mencoba !

Baca Juga :

***