Cara Mengecek IP Address di Komputer dengan Mudah

Cara Mengecek IP Komputer – Setiap perangkat memiliki ID unik yang disebut IP address. Dengan demikian, setiap perangkat yang terhubung ke jaringan dan internet dapat berkomunikasi satu sama lain. Mungkin alamat ini mirip dengan nomor telepon. Kami akan membantu Anda mengetahui cara melihat IP address laptop atau HP dalam artikel ini. Tak perlu berlama-lama; langsung saja ikuti langkah-langkahnya!

Cara Mengecek IP di Komputer

1. Melalui mesin pencari

Cara paling mudah untuk mengetahui alamat IP laptop dan HP adalah dengan menggunakan mesin pencarian seperti Google. Ini adalah langkah-langkahnya:

Buka Google dengan peramban seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau yang lainnya.
Ketikkan “WHAT IS MY IP” di kotak pencarian dan tekan “Enter”. Alamat IP Anda akan ditampilkan dalam browser Anda.

Jika Anda menggunakan ponsel pintar, Anda juga dapat melakukan langkah ini. Cukup buka mesin pencarian seperti Google di browser. Setelah itu, ketikkan “WHAT IS MY IP” di kolom pencarian. Anda sudah mengetahui alamat IP Anda dalam hitungan detik.

2. Melalui Command Prompt

  • Buka menu “Start”, pilih “Command Prompt” atau tekan tombol “Windows + R”, ketik “cmd”, dan tekan “Enter”.
  • Ketik “ipconfig” di kotak perintah dan tekan “Enter”.

Di jendela Command Prompt, Anda akan melihat konfigurasi IP Anda, termasuk alamat IP yang terkait dengan koneksi jaringan Anda.

3. Melalui Control Panel

Klik tombol “Start” dan cari “Control Panel”. Kemudian cari menu “Network and Internet” dan pilih “Center for Network and Sharing” di jendela yang muncul. Pilih koneksi yang sedang Anda gunakan.
Untuk melihat alamat IP Anda, klik “Detail” dan cari informasi “Alamat IPv4.”

4. Menggunakan Menu Pengaturan Jaringan dan Internet

Pilih menu “Atur”, lalu pilih “Network & Internet”. Pilih “Wi-Fi” atau “Ethernet”, tergantung pada jenis koneksi Anda. Klik pada koneksi yang aktif, dan di bagian bawah, Anda akan melihat informasi alamat IP yang terhubung dengan koneksi tersebut.

Fungsi alamat IP

IP address memiliki banyak fungsi, yang di sajikan di bawah ini sebagai salah satu bagian utama topologi internet:

1. Membuat Perangkat Terhubung ke Jaringan Internet

IP address memiliki fungsi utama untuk memudahkan proses komunikasi di dalam jaringan komputer. Sehingga dengan memiliki alamat IP, semua perangkat yang menggunakan internet dapat terhubung satu sama lain, memungkinkan masing-masing perangkat untuk berkomunikasi satu sama lain.

2. Mengidentifikasi Perangkat

IP address juga berfungsi sebagai identitas pengenal perangkat. Identitas PC, seperti lokasi geografis atau lokasi keberadaan saat ini, dapat di lacak dan di simpan menggunakan IP address. Oleh karena itu, Anda harus lebih waspada dan berhati-hati ketika menggunakan internet di tempat umum. Dengan cara ini, tingkat keamanan data dan identitas pengguna komputer tersebut dapat di jamin dengan baik.

3. Menentukan Host atau Interface

Sistem keamanan juga dapat menggunakan IP address yang ada di website ini sebagai identitas. Setiap kali perangkat meminta akses ke website, server web akan melakukan screening otomatis untuk mengidentifikasi IP address yang akan di gunakan. Jika IP address tersebut di anggap aman, server akan memberikan permintaan untuk mengakses website tersebut. Sebaliknya, jika host mengandung ancaman, server secara otomatis akan menolak permintaan tersebut.

Baca Juga :

***