Cara Melacak Lokasi Seseorang Menggunakan IP Address

Epic99.com – Cara melacak lokasi menggunakan IP Address. Hampir kebanyakan teknologi saat ini sudah di lengkapi dengan GPS di dalamnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai posisi, kecepatan tiga dimensi, dan waktu secara kontinyu di seluruh dunia.

Selain itu dengan adanya GPS maka kamu bisa mengetahui keberadaan lokasi melalui peta sehingga meminimalisir kesasar saat di perjalanan.

Keuntungan lain yang ada di GPS dalam sebuah perangkat yakni di mana kamu bisa melakukan pelacakan. Berbagai aplikasi di rancang untuk bisa melacak keberadaan seseorang melalui perangkat yang di gunakannya.

Pada artikel kali ini akan di jelaskan mengenai cara melakukan pelacakan lokasi menggunakan IP Address. Berikut penjelasannya !

Apa itu IP Address ?

Sebelum masuk pada tutorial yang akan di berikan, kali ini akan di jelaskan terlebih dahulu apa itu IP Address. IP Address atau alamat IP merupakan label numerik yang ada di setiap perangkat teknologi di mana perangkat tersebut sudah terhubung ke internet.

Ada berbagai fungsi yang ada di alamat IP, namun utamanya alamat IP berfungsi sebagai hosting dan untuk melakukan identifikasi antarmuka jaringan dan mengalamatan lokasi.

Sesuai dengan labelnya yakni berupa numerik, tentu kamu akan menemukan angka yang menjadi alamat IP. Sehingga dengan angka tersebut nantinya kamu bisa mengetahui lokasi pemilik alamat IP.

Cara melacak lokasi menggunakan IP Address

Pada artikel kali ini akan di berikan 2 tutorial yang bisa kamu praktekkan untuk melacak lokasi seseorang menggunakan alamat IP dari perangkat yang di gunakan. Selain itu cara ini juga tidak membutuhkan aplikasi tambahan.

1. Menggunakan situs IP Lookup

  • Pastikan sebelumnya kamu sudah mengetahui alamat IP yang ingin di lacak terlebih dahulu.
  • Selanjutnya buka situs resmi IP Lookup, atau bisa juga melalui link berikut https://community.spiceworks.com/tools/ip-lookup/.
  • Kemudian masukkan IP Address di kolom IP Address or Hostname.
  • Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah dengan klik tombol Lookup IP Address.
  • Tunggulah beberapa saat hingga sistem menunjukkan hasil lokasi yang biasanya berupa kota atau provinsi dan peta beserta penanda lokasi.

2. Melalui situs WolframAlpha

Merupakan situs yang tidak jauh berbeda dengan situs sebelumnya. WolframAlpha juga memungkinkan kamu untuk melacak lokasi seseorang menggunakan IP Address. Berikut beberapa langkahnya :

  • Setelah mengetahui alamat IP Address seseorang yang ingin di lacak, bukalah situs WolframAlpha atau melalui link berikut https://www.wolframalpha.com/.
  • Kemudian pada bilah pencarian, masukkan alamat IP yang ingin di lacak.
  • Klik Enter dan tunggulah beberapa saat.
  • Situs yang satu ini nantinya akan memberikan informasi berupa jenis alamat IP, provider internet yang di gunakan, kota dan daerah.

Alternatif melacak lokasi seseorang

Jika kamu tidak menemukan alamat IP Address target, ada beberapa cara lainnya yang bisa di lakukan untuk mengetahui alamat seseorang. Kamu bisa memanfaatkan nomor HP, WhatsApp, email, dan masih banyak lagi yang lain.

Namun jika ingin mendapatkan hasil lokasi target yang lebih akurat, pastikan perangkat yang di gunakan target sudah aktif GPS.

Selain itu cara melacak lokasi seseorang tentunya akan berbeda dan di dasarkan pada metode apa yang di gunakan. Seperti jika kamu ingin melacak lokasi melalui nomor HP, tentu tidak bisa menggunakan cara yang telah di jelaskan pada artikel ini.

Demikian informasi mengenai cara melacak lokasi seseorang dengan mudah menggunakan IP Address. Dari 2 cara di atas, kamu bebas menggunakan yang mana saja sesuai dengan keinginan.

Baca Juga :

***