Cara Menghapus Database di PHPMyAdmin untuk Pemula

Cara menghapus database di phpMyAdmin adalah untuk menghilangkan data atau menghapus DB yang sudah di buat sebelumnya, baik di cPanel maupun XAMPP. Tujuannya adalah untuk menggantikan data baru atau untuk menghilangkan data yang tidak lagi di gunakan.

Jika Anda sedang mencari instruksi tentang bagaimana cara menghapus database di phpMyAdmin, maka Anda berada di tempat yang benar. Untuk mengetahui langkah-langkahnya, simak artikel di bawah ini secara menyeluruh.

Apa sebenarnya phpMyAdmin?

PhpMyAdmin adalah alat yang di gunakan untuk mengelola database melalui browser, dan memiliki tampilan yang mudah di gunakan membuatnya lebih mudah untuk digunakan.

Cara menghapus database menggunakan phpMyAdmin

Anda dapat mempelajari beberapa cara untuk menghapus database di phpMyAdmin XAMPP, dan untuk informasi lebih lanjut, lihat tutorial berikut.

1. Cara untuk menghapus tab “SQL”

Dalam phpMyAdmin, ada banyak cara untuk menghapus database. Cara terbaik untuk melakukannya adalah melalui tab SQL. Berikut adalah caranya.

Pilih data yang ingin di hapus dan pilih tab SQL di bagian atas layar. Tulis nama database yang akan di hapus dan klik Go. Proses berlangsung, dan data Anda telah di hapus.

2. Cara untuk menghapus tab “Operasi”

Menghapus database di phpMyAdmin juga dapat di lakukan melalui tab Operasi, selain tab SQL. Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk proses ini.

Jalankan phpMyAdmin dan buka database yang ingin Anda hapus. Pilih tab Operasi di bagian atas aplikasi dan klik tombol Hapus basis data (DROP) yang berwarna merah di bagian paling bawah halaman. Setelah muncul notifikasi konfirmasi, klik OK Data Anda telah terhapus.

3. Metode untuk menghapus data secara instan

Ada situasi di mana Anda mungkin ingin menghapus database segera. Ikuti langkah-langkah berikut:

Untuk mengakses database, klik link host di bagian atas. Kemudian, centang opsi database yang ingin di hapus. Setelah proses selesai, klik tombol Drop.

4. Metode penghapusan data terpisah

Selain menghapus data secara bersamaan, Anda juga dapat menghapus data secara terpisah. Misalnya, jika Anda hanya ingin menghapus satu bagian dari data, Anda dapat melakukan hapus data terpisah dengan cara yang di sebutkan di bawah ini.

Pilih data yang ingin di hapus dan buka dalam phpMyAdmin. Kemudian, di bagian struktur, klik “hapus” dan lakukan langkah-langkah ini pada setiap data yang ingin di hapus.

Selain itu, Anda dapat menandai beberapa data terlebih dahulu sebelum menghapusnya secara bersamaan, seperti yang di tunjukkan di bawah ini.

Tandai semua database yang akan dihapus, kemudian lanjutkan ke bawah dan klik “Semua”. Kemudian, klik “Isi fitur” dengan opsi “Hapus”. Saat notifikasi konfirmasi muncul di layar, klik “OK”.

5. Cara Menghapus Database dari cPanel dan phpMyAdmin

Saat ini, melakukan pengolahan database dengan cPanel sangat mudah; Anda dapat membuat, menghapus, atau mengedit database dengan cepat. Berikut adalah cara menggunakan cPanel untuk menghapus database phpMyAdmin:

Dengan menggunakan akun cPanel Anda, masuk ke halaman Databases dan pilih MYSQL DATABASES. Di bagian section Current Databases, pilih database yang ingin dihapus dan klik “Delete”. Sebuah peringatan akan muncul yang meminta persetujuan Anda untuk menghapus database. Setelah Anda yakin, klik OK.

Baca Juga ;

***