Epic99.com – Tips bermain Minesweeper. Hampir semua pengguna Windows versi 8 kebawah tahu dengan keberadaan game yang satu ini. Bisa di bilang game ini menjadi salah satu yang paling ngeselin. Bagaimana tidak, kamu akan susah menguasai permainannya dan selalu mendapatkan zonk saat bermain.

Minesweeper, merupakan salah satu game bawaan Windows versi 8 kebawah. Namun kamu juga bisa menemukan banyak versi permainan ini melalui platform Android maupun iOS.

Untuk bisa menyelesaikan permainan ini, tentunya di butuhkan strategi yang mumpuni yang harus kamu ketahui. Selain itu, kamu juga tidak bisa asal – asalan dalam bermain permainan ini.

strategi permainan minesweeper

Dalam permainan Minesweeper nantinya kamu akan melihat beberapa petak – petak kecil yang di antaranya terdapat zonk berupa bom. Kamu di haruskan untuk membuka seluruh petak dan menandai bom di antara petak – petak tersebut.

Namun sekali saja kamu salah memilih, maka tidak ada kesempatan kedua yang bisa kamu dapatkan. Alih – alih memenangkan permainannya, yang ada kamu akan di buat kesal saat memainkannya.

1. Ketentuan permainan Minesweeper

Meskipun terlihat simple, namun nyatanya kemenangan sangat sulit di dapatkan oleh pemainnya. Untuk kamu ketahui, permainan Minesweeper terdiri dari 4 tingkat level yaitu :

  • Beginner (Pemula)

Level pemula terdapat 81 petak yang berisi 10 bom di dalamnya. Menggunakan format petak 9×9 yakni 9 petak keatas dan 9 petak kesamping.

  • Intermediate (Menengah)

Pada level menengah terdapat 256 petak yanag berisi 40 bom di dalamnya. Selain itu pada level ini juga menggunakan format 16×16 yakni 16 keatas dan 16 kesamping.

  • Advanced (Lanjutan)

Menjadi tingkatan level yang terbilang sulit. Level lanjutan memiliki petak berjumlah 480 petak dengan 99 bom di dalamnya. Menggunakan format petak 16×30 yakni 16 petak keatas dan 30 kesamping.

  • Custom
Baca Juga:  Cara Membuat Background Halaman Pada Microsoft Word

Sesuai dengan namanya, kamu bisa melakukan bebas edit pada level custom dengan minimal ukuran petak yakni 9×9.

ketentuan permainan minesweeper

2. Tips Bermain Minesweeper

Dalam permainannya, untuk bisa mengetahui di mana letak bom berada, maka kamu di haruskan untuk memilih satu petak secara acak.

Sebenarnya tidak ada trik pasti untuk bisa memilih petak permainan tersebut agar terhindar dari bom. Itu artinya kamu mungkin bisa menggunakan teknik tebakan atau sekedar mengandalkan keberuntungan. Selain itu kamu mungkin bisa menyelesaikan permainannya dengan melakukan analisa.

Untuk permulaan, kamu bisa mencoba untuk membuka 4 petak yang berada di ujung – ujung. Hal ini di karenakan kecil kemungkinan terdapat bom yang berada di ujung petak.

Jika kamu beruntung dengan berhasil membuka 4 petak di ujung tanpa menemukan bom, maka nantinya kamu akan melihat beberapa petak yang terdapat angka di dalamnya. Nah angka tersebutlah yang menjadi tanda bahwa di sekitar petak tersebut terdapat sebuah bom.

tips bermain minesweeper

Jadi apabila sebelumnya kamu hanya melihat sekedar angka dalam petak permainan, maka angka tersebut ada bukanlah tanpa arti.

Kamu harus bisa melakukan teknik analisa yang baik seperti contoh :

Saat kamu menemukan petak yang berisi angka 2 itu artinya terdapat 2 bom di sekitar angka tersebut baik dari sisi kanan, kiri, atas, maupun bawah.

3. Kesimpulan

Dalam permainan Minesweeper, untuk bisa memainkannya bukanlah dari seberapa sering pemain melakukan permainan. Namun pastikan kamu bisa melakukan analisa dengan baik dan berdasarkan insting.

Selain itu, kamu bisa mencoba melakukan sedikit cheating dengan memainkannya terlebih dahulu dan membuka semua petak yang ada, kamudian kamu bisa melakukan screenshot atau tangkapan layar setelah permainan selesai.

Selanjutnya kamu bisa merestart permainannya dan mainkan sesuai dengan yang sudah di screenshot sebelumnya. Namun pastikan kamu merestart permainannya agar memiliki pola yang sama dengan yang sudah kamu screenshot sebelumnya.***