Advertisements

Epic99.com – Perbedaan kategori kabel UTP. Kabel UTP atau Unshielded twisted-pair merupakan sebuah jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar tembaga. Hanya saja kabel ini tidak di lengkapi pelindung internal.

UTP sendiri menjadi jenis kabel yang paling umum di gunakan dalam jaringan lokal (LAN). Hal ini di karenakan harganya yang terjangkau dan sangat fleksibel dengan kinerja yang terbilang mumpuni.

Dalam kabel UTP terdapat insulasi satu lapis yang melindungi kabel dari ketegangan fisik atau kerusakan. Namun berbeda dengan kabel STP, kabel UTP tidak bisa melindungi diri dari interferensi elektromagnetik.

kategori kabel utp

Nah setiap kabel UTP memiliki kategori yang berbeda – beda. Kali ini epic99 akan membahas mengenai perbedaan kabel untuk kategori CAT 5 hingga kategori CAT 7 untuk kamu ketahui.

Jenis-jenis UTP

Berikut ini merupakan penjelasan dari 3 jenis kabel UTP yang berbeda.

1. Kabel straight-through

Memiliki aturan penyusunan yang sama antara ujung konektor yang satu dengan yang lainnya. Selain itu, kabel Straight biasa di gunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang berbeda seperti komputer dengan switch, komputer dengan hub, atau yang lain sebagainya.

2. Kabel cross-over

Berbeda dengan kabel Straight. Kabel jenis ini memiliki aturan penyusunan yang berbeda antara setiap ujung konektor. Selain itu, kabel Cross juga biasa di gunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang sama seperti komputer dengan komputer, router dengan router, dan lain – lain.

kabel cross dengan kabel straight

3. Kabel roll-over

Untuk kabel dengan tipe roll memiliki aturan penyusunan terbaik antara ujung konektor satu dengan yang lainnya. Biasanya kabel tipe roll di gunakan untuk menghubungkan dua perangkat jaringan yang berbeda.

Meski kegunaannya hampir sama dengan kabel Straight, namun tipe kabel ini lebih menghubungkan perangkat yang memiliki konsol seperti switch dengan printer ataupun switch dengan proyektor.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Gamepad Terbaik dengan Harga Terjangkau

Kategori UTP

1. Kabel UTP CAT 5

Merupakan kabel UTP yang di ciptakan oleh TIA/EIA-568-B tepatnya pada tahun 2001. Selain itu, kabel UTP cat5 ini hanya dapat melakukan transmisi data yang tidak lebih dari 100 Mbps.

kabel utp cat 5

Tentunya dengan kapastitas maksimum ini tidak melebihi dengan kapasitas kemampuan ethernet dalam mengirimkan sinyal data 100BASE-TX di era 2001an.

2. Kabel UTP CAT 5e

UTP Cat 5e menjadi penerus bagi kabel UTP cat 5. Sebagai penerus, tentunya kategori ini memiliki peningkatan yang lebih baik di banding seri sebelumnya.

Kabel UTP kategori 5e dapat menampung lebar data dan kemampuan mengirim data yang maksimal. Selain itu, kabel seri ini juga memiliki kemampuan speed yang maksimal mencapai 350 Mhz atau setara dengan 1Gbps.

kabel utp cat 5e

Kelebihan lainnya yang di miliki oleh kabel UTP Cat 5e di bandingkan seri sebelumnya yaitu kabel UTP Cat 5 adalah memiliki noise yang sangat kecil terutama saat mengirimkan data.

Hal ini sudah di buktikan dengan minimnya waktu delay ketika sedang mengirimkan data yang terbilang besar.

3. Kabel UTP CAT 6

Berbeda dengan dua jenis kabel sebelumnya. Kabel UTP Cat 6 merupakan kabel premium dengan harga pasaran yang jauh lebih mahal di bandingkan dengan UTP Cat 5e.

kabel utp cat 6

Kelebihan yang di miliki kabel seri ini adalah memiliki kemampuan waktu delay yang hampir 0 terutama saat sedang mengirimkan data.

Tidak hanya itu saja, kabel jenis ini juga memiliki maksimal panjang kabel yang lebih dari 100 meter di sertai kemampuan maksimal lebar data yang mencapai 10Gbps.

4. Kabel UTP CAT 7

Menjadi kabel premium yang sangat cocok untuk digunakan sebagai media yang memiliki trafic tinggi untuk berbagai aplikasi dalam 1 kabel.

Baca Juga:  Perbandingan PS5 Dan Xbox Series X, Mana Yang Lebih Unggul ?

Selain itu, Kabel UTP Cat 7 juga memiliki kemampuan maksimum data yang terkirim yaitu mencapai 10Gbps dengan frekuensi hingga 1000 Mhz.

utp cat 7

Berdasarkan spectrum analyze tools, panjang kabel UTP Cat7 yang mencapai 50 meter dapat mengirimkan sinyal dan data sebesar 40Gbps. Sedangkan untuk kabel UTP Cat7 dengan panjang 15 meter mampu mengirimkan sinyal dan data hingga 100 Gbps.

Itulah beberapa pengertian sekaligus yang menjadi perbedaan antara kabel UTP Cat 5, Cat 5e, Cat 6, dan juga Cat 7. Dari deretan kabel tersebut, tentunya merupakan sebuah pembaruan dengan peningkatan yang signifikan. Sehingga dalam hal ini kamu akan tahu kabel mana yang paling cocok untuk kamu gunakan. Dan pastikan juga untuk menyesuaikan dengan kebutuhan kamu ya.***