Epic99.com – Perbedaan CPU, GPU, dan APU. Merakit komputer terkadang memberikan tantangan tersendiri bagi penggunanya. Hal ini di karenakan banyaknya komponen detail yang memang harus di siapkan.

Memilih komponen yang tepat tentunya penting dan sangat berpengaruh untuk performa komputer itu sendiri. Salah satu yang harus menjadi perhatian utama saat ingin merakit komputer adalah pemilihan prosesor alias CPU.

Nah berbicara tentang CPU, pastinya di antara kamu pernah ada juga yang mendengar istilah GPU. Sebenarnya apasih perbedaan keduanya, ataukan CPU dan GPU merupakan jenis yang sama yaitu prosesor?

Mari kita bahas bersama mengenai CPU, GPU, dan juga yang masih saudaranya yaitu APU.

1. Central Processing Unit (CPU)

Central Processing Unit yang biasa di kenal dengan istilah CPU. Berfungsi untuk menangani hampir semua tugas utama serta perhitungan yang di lakukan dari semua hardware yang ada pada komputer. Dalam istilah lain CPU sendiri merupakan otak dari komputer.

CPU memiliki kemampuan yang dapat di ukur dalam beberapa faktor yang salah satunya adalah seberapa banyak prosesor inti dari sebuah prosesor.

Central processing unit ( CPU )

Biasanya dalam sebuah prosesor modern saat ini hadir dengan setidaknya dua prosesor inti. Namun tidak jarang juga dari mereka yang memiliki kemampuan Hyper Threading yang memungkinkan bisa menjalankan dua proses secara stimulan hanya dengan satu inti.

Selain itu, kecepatan CPU juga di ukur dalam satuan GHz. Yang misalkan sebuah CPU berjalan dengan kecepatan 2.4GHz, itu artinya CPU tersebut dapat memproses data hingga 2.4 miliar instruksi hanya dalam satu detik saja.

Saat ini prosesor alias CPU sendiri di kuasai oleh 2 brand ternama yaitu Intel dan juga AMD.

Baca Juga:  7 Rekomendasi 3D Printer Terbaik

2. Graphic Processing Unit (GPU)

Tidak jauh berbeda dengan CPU, Graphic Processing Unit alias GPU merupakan salah satu komponen yang juga terbilang penting dalam sebuah komputer.

GPU berfungsi untuk memproses semua instruksi yang dikirimkan oleh sebuah software untuk ditampilkan ke layar. Selain itu, terdapat dua jenis GPU yaitu GPU diskrit dan juga GPU eksternal.

cpu gpu apu

GPU diskrit merupakan GPU yang terintegrasi langsung sedangkan GPU eksternal merupakan GPU yang harus di sematkan ke motherboard biasa.

Dalam komputasi yang modern, GPU tidak hanya menampilkan gambar 2 dimensi saja melainkan juga menampilkan GUI dan lainnya. Untuk saat ini GPU lebih ditujukan untuk memproses sebuah gambar 3 dimensi baik untuk game, ataupun CAD.

Bahkan GPU juga bisa membuat seseorang dapat masuk ke dalam dunia Virtual Reality atau VR. GPU juga bisa di bilang lebih tinggi di bandingkan dengan CPU.

3. Accelerated Processing Unit (APU)

Merupakan sebuah prosesor yang memiliki kemampuan ganda. Biasanya dalam Accelarated Processing Unit alias APU terdapat inti proses untuk CPU dan GPU sekaligus. Hanya saja terpisah oleh sirkuit tersendiri.

Accelerated processing unit ( APU )
CPU GPU APU

Namun kelemahan dari APU ini adalah harus berbagi RAM antara CPU dan juga GPU. Hal inilah yang menyebabkan kemampuan dari GPU menjadi terbatas dalam APU.

APU pertama kali di produksi oleh AMD pada tahun 2011. Namun sebenarnya proyek ini sudah di mulai 5 tahun sebelumnya yaitu tepatnya pada tahun 2006.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa pengertian mengenai CPU, GPU, dan juga APU. Untuk penggunaannya sendiri ada baiknya kamu menyesuaikan dengan kebutuhan dan fungsi komputer yang ingin di jalankan.

Apabila kamu ingin merakit komputer untuk gaming maka sebaiknya kamu menggunakan CPU dan juga GPU secara terpisah.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Wifi Extender Terbaik 2022

Namun jika kamu menggunakan komputer hanya untuk sekedar mengetik atau menonton, maka APU bisa menjadi rekomendasi yanag bisa kamu gunakan.***