Jenis-Jenis Kabel pada Jaringan Komputer Beserta Fungsinya

Epic99.com – Jenis-jenis kabel jaringan. Jika ingin menggeluti dunia jaringan komputer, ada beberapa hal yang harus di ketahui. Dalam jaringan, kabel memiliki peranan yang cukup penting sekaligus menjadi dasar untuk dipelajari. Kabel jaringan sendiri merupakan media transmisi yang di gunakan pada jaringan agar setiap komputer bisa saling terhubung satu sama lain.

Namun seiring berjalannya waktu, saat ini penggunaan kabel bisa di gantikan dengan alternatif tanpa kabel yakni biasa di sebut dengan wirelles. Hanya saja jika di bandingkan dengan wirelles, penggunaan kabel terbilang cukup cepat dengan stabilitas tinggi dan jangkauan yang jauh.

Pada artikel kali ini akan di sajikan berupa penjelasan mengenai macam-macam kabel yang di gunakan dalam jaringan komputer beserta fungsinya.

Fungsi kabel jaringan

Sebelum masuk pada inti pembahasan mengenai apa saja macam-macam kabel jaringan besert fungsinya. Sebaiknya untuk kamu mengetahui lebih dulu fungsi kabel jaringan komputer secara umum. Kabel jaringan sendiri berfungsi untuk mentransmisikan data yang di peroleh dari server menuju komputer server dan client.

Biasanya jaringan akan berfungsi dengan mengandalkan konektivitas dari sebuah kabelnya. Selain itu penggunaan kabel jaringan juga harus di dukung oleh berbagai macam perangkat keras yang memadai dan berkualitas. Hal ini di lakukan agar proses transfer dan transmisi data bisa berjalan dengan baik tanpa gangguan.

Jenis-jenis kabel pada jaringan komputer

Kabel jaringan memiliki beberapa tipe dan jenis yang dalam penggunaannya di sesuaikan dengan kebutuhan, kondisi, topologi jaringan, protokol, dan ukuran jaringan yang akan di gunakan. Setidaknya ada 3 jenis kabel jaringan yang sering di gunakan. Berikut penjelasan beserta fungsinya :

1. Kabel Coaxial

Merupakan jenis kabel yang terdiri dari 2 penghantar di mana salah satunya berada di tengah kabel dan di kelilingi oleh kabel lainnya denngan pola melingkar. Selain itu kabel Coaxial sendiri bekerja dengan cara menghantarkan arus atau sinyal listrik. Namun seiring berjalannya waktu, kabel jenis ini sudah jarang di gunakan karena port untuk konektor BNS sudah jarang ditemukan pada perangkat komputer model terbaru.

2. Kabel Twisted Pair

Kabel jenis ini terdiri ata beberapa kabel yang saling berpasangan di dalamnya. Hampir serupa dengan jenis kabel Coaxial, kabel Twisted Pair bekerja dengan mengantarkan arus listrik ke tujuan. Selain itu Kabel Twisted Pair juga terbagi menjadi 2 jenis yakni STP (Shielded Twisted Pair) dan UTP (Unshielded Twisted Pair).

Yang membedakan keduanya adalah kabel STP memiliki selubung pembungkus tembaga yang di rancang untuk mengurangi gangguan. Sedangkan pada kabel UTP terdiri dari 4 pasang kabel yang terpilin serupa dengan kabel telepon. Namun dari segi jangkauan, kabel jenis Twisted Pair ini tidak lebih dari 100 meter.

3. Kabel Fiber Optik

Kabel jenis ini terbilang cukup berbeda dengan kabel pada umumnya yang menggunakan tembaga. Fiber Optik terbuat dari serat kaca dan plastik yang sangat tipis. Selain itu cara kerjanya yakni mengirim sinyal berupa cahaya. Hal tersebut jugalah yang menjadikan kabel Fiber Optik lebih unggul terutama dalam hal kecepatan. Namun yang sering menjadi masalah adalah gangguan yang terjadi bahkan jika kabel hanya tertekuk sedikit saja.

Keuntungan dan kerugian menggunakan kabel pada jaringan komputer

Seperti pada penjelasan sebelumnya, dalam jaringan komputer sebenarnya tidak melulu menggunakan kabel. Hal ini di karenakan kamu bisa memanfaatkan teknologi wirelles. Namun ada beberapa keuntungan serta kerugian yang harus di ketahui saat menggunakan kabel jaringan komputer.

Keuntungan :

  • Mampu memenuhi kebutuhan jaringan bahkan hingga ke daerah pelosok sekalipun.
  • Biaya terbilang cukup murah.
  • Jaringa cenderung lebih stabil terutama dalam mentransmisikan data.
  • Tidak terpengaruh dengan cuaca.

Kerugian :

  • Membutuhkan kabel dalam jumlah yang banyak.
  • Harus memperhatikan penempatan kabel.
  • Instalasi cenderung berantakan karena banyaknya kabel.

Demikian ulasan mengenai jenis-jenis kabel yang harus diketahui oleh kamu jika ingin masuk dalam bidang pekerjaan jaringan.

Baca Juga :

***