7 Jenis Lensa Kamera Beserta Fungsinya : Banyak Digunakan Fotografer !

Epic99.com – Jenis lensa kamera beserta fungsinya. Fotografer merupakan profesi yang banyak di minati terutama dalam beberapa tahun belakangan ini. Terutama untuk seseorang yang memiliki hobi di dunia fotografi, dengan menjadi seorang fotografer tentunya menjadi pekerjaan yang menyenangkan.

Selain itu untuk menjadi seorang fotografer profesional, tentunya tidak hanya di butuhkan skill yang mumpuni dalam pengambilan gambar. Melainkan di butuhkan juga pemahaman yang mendalam mengenai kamera yang akan menemani dalam bekerja.

Nah jika kamu terbilang pemula di bidang fotografi, sebaiknya kamu memahami bagian – bagian pada kamera. Terutama lensa yang memang banyak jenisnya, pastikan kamu memahami jenis beserta fungsinya. Dengan begitu kamu akan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Dalam artikel kali ini akan di jelaskan beberapa jenis lensa beserta fungsinya untuk kamu ketahui.

1. Normal lenses

1. Normal lenses

Menjadi salah satu lensa pilihan yang banyak dugunakan oleh fotografer pemula. Lensa standar yang satu ini memiliki ukuran 50mm yang bisa kamu dapatkan bersamaan saat membeli kamera. Selain itu, lensa standar juga mampu menangkap gambar yang sangat mirip dengan apa yang di lihat oleh manusia.

2. Zoom lenses

Jenis lensa yang satu ini memiliki rang focal length yang bisa di atur sesuai dengan kebutuhan. Selain itu lensa zoom juga menjadi yang paling dapat di andalkan oleh sebagian fotografer. Hal ini di karenakan penggunaannya yang bisa untuk apapun.

2. Zoom lenses

Dengan menggunakan lensa zoom, maka kamu bisa mengambil gambar apapun dalam berbagai acara. Hanya saja kelemahan dari lensa zoom ini tidak memiliki bukaan yang lebar seperti lensa fix. Namun kamu tetap bisa menggunakan lensa zoom dengan focal length tertentu.

Baca Juga:  Perlengkapan Gaming Yang Harus Dimiliki Oleh Para Gamer

3. Kit lenses

Menjadi salah satu lensa yang sering di gunakan. Lensa kit juga direkomendasikan untuk kamu yang masih pemula dalam dunia fotografi. Hal tersebut di karenakan lensa kit sendiri di jual dengan harga yang terjangkau.

3. Kit lenses

Umumnya lensa kit memiliki ukuran sekitar 18-55 mm dengan jarak focal yang lebar. Sehingga dalam hal ini lensa kit sering di gunakan untuk pengambilan gambar arsitektur, landscape, hingga pengambilan gambar dengan angle yang lebar.

4. Prime lenses

Denga menggunakan lensa prime atau yang biasa di sebut dengan lensa fix, maka kamu akan bisa menghasilkan gambar yang tajam. Selain itu, gambar yang di hasilkan juga memiliki bukaan aperture yang luas.

4. Prime lenses

Lensa yang satu ini sangat baik jika di gunakan untuk pengambilan gambar di tempat yang minim cahaya tanpa memerlukan ISO tinggi. Kamu bisa memilih beberapa jenis ukuran lensa yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhanmu mulai dari 35, 50, 85, hingga 135mm.

5. Telephoto lenses

lensa kamera beserta fungsinya Telephoto lenses

Biasa di sebut dengan lensa tele dan biasa di gunakan untuk mengambil gambar dari jarak jauh. Lensa yang satu ini memiliki ukuran mulai dari 70 mm bahkan hingga 600mm. Namun yang menjadi kelemahan lensa yang satu ini adalah ukurannya yang besar dan berat. Selain itu kamu juga akan kesulitan dalam mengambil gambar dari jarak dekat.

6. Wide-angle lenses

Merupakan lensa dengan sudut yang lebar dan memiliki cakupan sudut pandang yang luas. Lensa yang satu ini sangat familiar bagi di kalangan fotografer landscape. Dengan menggunakan lensa wide angle, nantinya kamu akan bisa mengambil gambbar dari berbagai jenis pemandangan.

lensa kamera beserta fungsinya Wide-angle lenses

lensa yang satu ini memiliki ukuran 17 – 40 mm dengan fungsi untuk bisa menamkap objek yang luas dengan jarak yanng dekat. Di mana semakin pendek jarak fokus maka akan semakin luas objek yang bisa di tangkap oleh kamera.

Baca Juga:  9 Rekomendasi Wallet Ethereum Terbaik Dan Aman 2022

7. Fisheye lenses

lensa kamera beserta fungsinya Fisheye lenses

Lensa yang satu ini memiliki sudut pandang 180 derajat dan memiliki focal length mulai dari 4 hingga 14 mm. Selain itu lensa mata ikan juga menggunakan pemetaan tertentu yang sengaja mendistorsi garis agar terlihat cembung. Biasanya lensa Fisheye sendiri di gunakan untuk mengambil gambar pemandangan.

Itulah beberapa lensa kamera yang sering di gunakan oleh kalangan fotografer beserta fungsinya untuk kamu ketahui. Jika kamu masih pemula, di sarankan untuk menggunakan lensa normal atau lensa kit terlebih dahulu. Selain itu pastikan juga kamu terus mengasah skill dalam pengambilan gambar yang sempurna.***