Epic99.com – Contoh perangkat keras komputer. Seiring perkembangan teknologi, komputer saat ini semakin banyak di gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Bahkan lebih dari itu, saat ini hampir semua sekolah menyediakan pelajaran komputer sebagai penunjang pengetahuan untuk seluruh pelajar. Komputer juga tidak hanya berfungsi untuk menyelesaikan pekerjaan saja melainkan juga bisa di jadikan sebagai sarana hiburan.

Berbicara mengenai komputer, tentunya kamu tidak asing lagi dengan aksesoris di dalamnya. Dengan fungsi yang berbeda-beda, perangkat keras komputer memiliki berbagai macam jenisnya yang penting untuk diketahui. Jika masih terbilang awam dalam dunia teknologi, berikut beberapa penjelasannya mengenai perangkat keras komputer beserta fungsinya yang penting untuk diketahui.


Contoh perangkat keras komputer beserta fungsinya

Sering di sebut dengan istilah hardware, perangkat keras komputer merupakan komponen yang ada pada komputer dan bisa di lihat secara nyata. Dalam artian kamu bisa melihat fisik dari perangkat keras itu sendiri. Selain itu hardware juga memiliki fungsi yang berbeda-beda. Di mana secara umum berfungsi untuk melakukan proses input > proses > output.

Berikut ini beberapa macam perangkat keras yang terpenting dalam komputer beserta fungsinya :

1. Monitor

monitor

Jika berbicara tentang monitor, tentunya sangat penting hardware yang satu ini untuk ada dalam perangkat komputer. Bayangkan saja jika komputer tanpa monitor, bagaimana bisa menjalankan sebuah program di dalamnya. Monitor sendiri memiliki fungsi untuk menampilkan output yang berasal dari otak komputer yakni CPU dengan tampilan secara visual.

2. Keyboard

keyboard

Bagian penting lainnya yang harus ada dalam perangkat komputer adalah keyboard. Di mana Keyboard sendiri dilengkapi dengan berbagai tombol berupa angka, huruf, dan juga simbol. Selain itu keyboard juga berfungsi untuk mengetik, memasukkan data, dan menjalankan proses input ke dalam komputer. Bahkan tidak hanya untuk komputer saja, keyboard juga penting untuk ada pada perangkat lainnya seperti handphone, tablet, laptop, dan lainnya.

Baca Juga:  Perbandingan PS5 Dan Xbox Series X, Mana Yang Lebih Unggul ?

3. Mouse

contoh perangkat keras komputer mouse

Memiliki fungsi yang tidak kalah penting, mouse menjadi hal yang penting dalam dunia komputer. Selain itu mouse sendiri berfungsi untuk mengendalikan kursor yang ada pada layar komputer. Fungsi lainnya pada mouse sendiri adalah untuk menjalankan perintah tertentu seperti membuka atau menutup program. Untuk kamu ketahui, mouse pada umumnya memiliki 3 tombol yakni tombol kanan, kiri, dan scroll.

4. CPU

contoh perangkat keras komputer CPU

Merupakan singkatan dari Central Processing Unit. CPU memiliki peranan penting dalam sebuah komputer. Dalam artian CPU sendiri merupakan otak dari komputer yang berfungsi untuk menjalankan sebuah program. Selain itu CPU sendiri memiliki sistem kerja yang di dukung oleh beberapa bagian komputer lainnya termasuk juga perangkat lunak dalam sebuah komputer. 

5. RAM

contoh perangkat keras komputer RAM

Merupakan singkatan dari Random Access Memory yang merupakan perangkat penyimpanan dalam sebuah perangkat komputer. RAM sendiri berfungsi untuk menyimpan dan melanjutkan data yang di terima ke bagian proses dan juga output. Nantinya saat aplikasi sudah di tutup dan tidak di jalankan, biasanya data yang masuk akan terhapus secara otomatis sehingga bisa menjadi ruang untuk aplikasi lain.

6. Harddisk

contoh perangkat keras komputer Harddisk

Merupakan salah satu bagian penting dalam perangkat komputer. Harddisk berfungsi untuk menyimpan semua data yang ada di komputer secara permanen. Bahkan tidak hanya itu saja, fungsi lainnya dari harddisk adalah untuk menjalankan sistem operasi komputer mulai dari Windows, Linux, dan MacOS.

Demikian beberapa contoh hardware atau perangkat keras komputer beserta fungsinya yang penting dan wajib ada dalam komputer. Sehingga apabila salah di antaranya tidak ada, maka perangkat komputer tidak akan bisa berjalan sesuai fungsinya dengan baik dan maksimal.

Baca Juga :

Baca Juga:  7 Rekomendasi Motherboard Intel Terbaik Dengan Harga Murah 2022

***