Cara Mudah Menjadi Streamer Untuk Pemula

Epic99.com – Cara menjadi streamer untuk pemula. Streamer merupakan seseorang yang merekam diri sendiri saat sedang bermain game. Selain itu biasanya streamer menanyangkan video secara live streaming. Hal tersebut bertujuan agar para penonton menonton langsung secara oniline saat streamer sedang bermain game.

Menjadi seorang streamer bukanlah hal yang sia – sia. Tentunya mereka bisa mendapatkan uang yang sekaligus menjadi penghasilan. Banyak dari mereka yang mendapatkan uang dari iklan yang masuk, oleh karenanya tidak sedikit yang ingin menjadi seorang streamer.


Jika kamu ingin menjadi seoranng streamer. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara menjadi seorang streamer.

1. Memilih Topik Live Stream

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk menjadi seorang streamer adalah dengan memilih topik yang ingin kamu bawakan saat live streaming. Untuk kamu ketahui, terdapat 2 hal yang bisa membantu kamu untuk menentukan topik yang sesuai dengan yang kamu inginkan yakni :

  • Game Populer

Kamu bisa memilih bermain game yang populer untuk dijadikan topik live streaming. Tentunya hal ini akan membuatmu mendapatkan viewer dan subscriber secara signifikan. Hanya saja pastikan kamu bisa mengatur game dan juga jadwal live streaming.

game populer
  • Game Favorit

Hal lain yang bisa kamu jadikan piihan untuk menentukan topik yakni bermain game yang sesuai dengan kesukaanmu. Dalam hal ini kamu tidak harus bermain game yang sedang populer saja. Kamu bisa bermain game yang paling kamu sukai. Hanya saja kamu tidak bisa mendapatkan viewers yang banyak dalam waktu singkat.


2. Platform Untuk Live Streaming

Cara selanjutnya yang bisa menjadikanmu sebagai seorang streamer pemula adalah platform yang bisa kamu pilih untuk dijadikan sebagai tempat untuk melakukan live streaming. Pastikan kamu memilih platform yang sesuai dan sekiranya banyak memberikanmu viewers dalam waktu singkat.

platform streaming

Kamu bisa memulainya dengan melakukan live streaming di beberapa platform terkenal seperti YouTube, facebook, dan juga Twitch. Selain itu untuk mendaftarkan akun pada beberapa platform tersebut terbilang sangat mudah, sehingga kamu tidak akan bingung saat ingin melakukan pendaftaran akun.

Baca Juga:  Cara Mudah Buat Akun PayPal untuk Transaksi Antar Negara

3. Alat Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Streamer Pemula

Saat kamu ingin memulai untuk menjadi streamer, pastikan kamu sudah menyiapkan beberapa hal untuk dijadikan sebagai alat pendukung dalam kelancaran streamer yang akan kamu jalankan. Hal tersebut tentunya juga akan berpengaruh pada kualitas hasil video yang akan dihasilkan.

alat yang dibutuhkan untuk streaming

Berikut ini beberapa alat yang setidaknya kamu miliki untuk bisa menjadi seorang streamer :

  • Internet Stabil Untuk Kebutuhan Live Stream

Hal pertama yang harus kamu miliki adalah Internet yang stabil. Untuk bisa membuat penonton merasa nyaman, tentunya dibutuhkan internet yang stabil agar bisa menghasilkan kualitas video yang maksimal. Pastikan setidaknya penonton bisa menoonton video dengan kualitas 720p untuk kenyamanan menonton.

Dengan begitu setidaknya kamu membutuhkan internet dengan kecepatan upload 3Mbps agar bisa menghasilkan resolusi HD.

  • Kamera atau Webcam
cara menjadi streamer untuk pemula webcam

Alat lainnya yang harus kamu miliki untuk menjadi seorang streamer adalah Kamera. Hal ini tentunya menjadi hal yang sangat penting untuk kamu bisa berinteraksi secara langsung dengan penonton. Namun jika kamu rasa itu tidak terlalu penting maka kamu cukup menggunakan foto atau video AR.

  • PC Atau Smartphone
cara menjadi streamer untuk pemula PC dan smartphone

Alat lainnya yang harus setidaknya harus kamu miliki adalah PC atau Smmartphone. Selain itu pastikan juga PC maupun smartphone yang kamu gunakan memiliki spesifikasi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan streaming dan juga gaming.

  • Microphone ,Headset dan Sound Card
cara menjadi streamer untuk pemula aksesoris streaming

Kamu bisa menggunakan aksesoris lainnya untuk melancarkan streaming yang sedang kamu lakukan. Untuk bisa berinteraksi dan menjawab live chat, maka kamu membutuhkan microphone untuk berbicara. Selain itu kamu juga bisa menambahkan headset dan sound card untuk mendapatkan kualitas audio yang baik.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjdi seorang streamer pemula. Untuk menjadi streamer yang sukses dan terkenal, pastikan kamu melakukannya secara konsisten.***