Epic99.com – 8 Perubahan Windows 11 yang menjadi kelemahan. Windows11 resmi di rilis pada tahun 2021 lalu tepatnya pada bulan Oktober. Hal tersebut sempat menjadi perbincangan hangat dalam beberapa waktu. Bahkan tidak sedikit juga pengguna yang penasaran dengan perkembangan yang terjadi pada OS yang satu ini.

Tentunya banyak kelebihan yang di dapatkan dari rilisnya OS versi terbaru besutan Windows ini. Mulai dari segi desain hingga fitur lainnya yang terbilang sangat canggih.

perubahan windows 11

Namun untuk di ketahui, tidak hanya kelebihan saja yang di miliki oleh OS Windows 11 ini. Tentunya juga tidak ketinggalan dengan kelemahan yang terbilang cukup di rasakan oleh pengguna yang membuatnya sedikit kebingungan dalam hal penggunaan.

Lalu apa saja kelemahan dari Windows 11 yang sangat di rasakan oleh banyak penggunanya?

1. Letak menu Start yang berubah

Sebenarnya pada kasus ini secara keseluruhan bukanlah kelemahan dari Windows 11. Hanya saja perubahan yang ada pada aplikasi ini menuntut kamu untuk bisa terbiasa dengan menu start yang baru. Jika sebelumnya menu start berada di bagian kiri. Maka pada windows versi terbaru ini kamu akan menemukan menu start yang berada di bagian tengah.

2. Search Menu yang terpisah

search menu yang terpisah

Kamu akan menemukan salah satu kelemahan yang ada pada Windows 11 dari search menu yang terpisah. Jika pada versi sebelumnya tersedia pada opsi menu start yang bermanfaat untuuk mencari semua jenis file dengan mengetikannya di kotak pencarian.

Berbeda dengan Windows 11 yang terpisah dari menu Start, kamu akan mencari semua file dan aplikasi dengan mengklik ikon pencarian yang ada pada taskbar hingga aplikasi yang ingin di buka itu muncul.

Baca Juga:  Cara Menghapus Background Foto Online Tanpa Aplikasi

3. Dark Mode yang terlihat aneh

Jika kamu terbiasa dengan dark mode pada sebuah sistem operasi. Maka saat menggunakan Windows 11 kamu akan merasakan hal yang berbeda pada penggunaan dark mode. Hal tersebut di karenakan dark mode pada OS versi ini terlihat lebih berwarna dengan menu start yang terlihat transparan.

dsrk mode windows 11

4. Hanya memberi dukungan pada Perangkat terbaru

Windows 11 tidak bisa di gunakan pada perangkat yang sudah lama. Untuk bisa menjalankan sistemnya maka kamu harus memiliki setidaknya perangkat minimum dalam spesifikasi minimal RAM 4GB, Penyimpanan tidak kurang dari 64GB, TPM versi 2.0, hingga kecepatan minimal 1GHz.

5. Sistem booting Windows 11 Lebih Lama

Sistem booting pada OS Windows versi terbaru ini jika di bandingkan pada versi sebelumnya memiliki peerbedaan yang cukup signifikan. Saat menyalakan 2 perangkat sekaligus dengan menggunakann OS Windows 10 dan 11, maka kamu akan membuktikan jika Windows 10 lebih cepat 2 hingga 5 detik di bandingkan pada versi terbarunya.

6. Update Windows yang lama

Kelemahan lainnya yang cukup di rasakan oleh pengguna Windows 11 adalah update Windows yang membutuhkan waktu lama. Hal tersebut di karenakan sistem pembaruan pada OS terjadi secara bersamaan dengan aplikasi yang ada pada perangkat. Dengan begitu, kamu bisa melakukan pembaruan saat perangkat dalam keadaan menganggur atau pada malam hari.

7. Perubahan pada Task Manager

Task Manager pada Windows 11 berubah pada opsi Windows, kemudian klik kanan untuk bisa melihat task manager. Hal ini tentunya akan sedikit membingungkan pengguna WIndows versi sebelumnya yang bisa menemukan Task Manager hanya dengan klik kanan pada opsi Task Manager.

task manager windows 11

8. Sulit menghapus aplikasi

Kamu akan menemukan perbedaan lainnya yang juga terbilang menjadi kelemahannya yakni menghapus aplikasi yang cukup rumit. Untuk bisa menghapus aplikasi yang sudah tidak di inginkan, maka kamu harus pergi ke kontrol panel terlebih dahulu.

Baca Juga:  Cara Mudah Instal Emulator BlueStack di PC/Laptop

Itulah beberapa perubahan yang menjadi kelemahan dalam OS Windows 11 ini. Untuk bisa mengatasinya maka kamu harus mengetahui terlebih dahulu bahwa kelemahan yang ada pada Windows 11 ini tidak memberikan kerugian untuk penggunannya. Hanya saja kamu harus bisa mengatasinya dengan beradaptasi pada versi terbaru ini.***