Tutorial Desain Simpel Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Pemula

Epic99.com – Tutorial menggunakan aplikasi Canva untuk pemula. Penggunaan media gambar dalam sebuah konten menjadi salah satu aspek terpenting untuk menarik perhatian audiens. Namun tidak sedikit pelaku bisnis mengalami kesulitan dalam membuat visual konten yang menarik. Hal tersebut di karenakan untuk membuat sebuah konten berupa gambar, di butuhkan keahlian khusus yang belum tentu di miliki semua orang.

Oleh karenanya, pelaku bisnis tentu sangat membutuhkan tools yang memudahkan dalam pembuatan sebuah media gambar yang menarik.

Saat ini sudah banyak aplikasi desain gratis yang memiliki fitur – fitur menarik untuk membantu kamu dalam membuat sebuah desain sebagai penunjang bisnis. Salah satu aplikasi desain gratis yang sangat populer dan banyak penggunannya adalah Canva.

aplikasi canva untuk pemula

Untuk kamu yang baru mengenal aplikasi desain Canva. Pada artikel kali ini Epic99 akan memberikan penjelasan dan cara penggunaan aplikasi Canva untuk kamu ketahui.

1. Apa itu aplikasi Canva ?

Canva merupakan aplikasi desain gratis yang bisa di gunakan dengan mudah bahkan untuk siapapun yang belum mengenal desain sekalipun. Selain itu, aplikasi ini tersedia untuk dekstop maupun mobile. Dengan menggunakan aplikasi ini nantinya kamu akan bisa bebas berkreasi dengan mudah dalam membuat konten visual.

Meskipun aplikasi ini bisa di gunakan secara gratis, namun Canva juga tersedia dalam versi berbayar untuk menikmati fitur menarik lainnya.

aplikasi canva untuk pemula

2. Manfaat aplikasi Canva

Banyak manfaat yanng bisa kamu rasakan saat menggunakan aplikasi Canva terutama dalam membuat desain menarik secara gratis. Berikut beberapa manfaatnya :

  • Pembuatan Logo sebagai salah satu sarana branding.
  • Poster yang bermanfaat untuk pembuatan iklan.
  • Desain Banner Iklan berguna untuk membuat banner iklan terutama untuk website.
  • Konten Media Sosial
  • Featured Image Blog
  • Tumbnail Youtube
  • Newsletter
Baca Juga:  5 Cara Mudah Membuka ID Apple Yang Terkunci

3. Fitur – Fitur unggulan Canva

Aplikasi Canva memiliki berbagai fitur menarik untuk desain yang bisia di gunakan secara gratis dan tanpa harus berlangganan terlebih dahulu. Berikut ini beberapa fitur unggulan Canva yang tersedia dalam versi gratis :

  • 50.000+ Template

Canva menyediakan lebih dari 50ribu template yang bisa di gunakan untuk membuat desain dalam semua kebutuhan konten. Selain itu, ribuan template tersebut terbagi menjadi beberapa kategori yang memudahkan kamu untuk mencarinya.

Namun jika kamu menyukai pembuatan desain dari awal tidak perlu khawatir, karena dengan menggunakan Canva tentunya kamu masih bisa membuat desain sesuka hati mulai dari 0.

  • Kapasitas Penyimpanan 1 GB

Aplikasi ini menyediakan penyimpanan sebesar 1 GB yang berfungsi untuk menyimpan hasil desain. Selain itu, kamu juga bisa memiliki format desain untuk digunakan secara terus – menerus. Dengan begitu, jika kamu ingin membuat desain yang sama, kamu hanya perlu membuka kembali dan melakukan custom sesuai keinginan.

  • Pilihan Background Yang Bervariasi

Fitur unggulan lainnya yang tersedia pada aplikasi canva dalam versi gratis adalah pilihan background yang bervariasi. Sehingga tentunya kamu tidak akan merasakan bosan terlebih Canva juga memiliki gradien warna yang maksimal.

  • Kustomisasi Teks

Fitur lainnya yang bisa kamu nikmati adalah komputasi teks. Di sini kamu bisa dengan mudah membuat slide presentasi, dokumen, hingga berbagai media cetak.


4. Cara menggunakan aplikasi Canva untuk pemula

  • Membuat Akun

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar bisa menggunakan aplikasi Canva adalah dengan membuat akun terlebih dahulu. Caranya sangat mudah yakni dengan masuk ke aplikasi canva kemudian pilih tombol signup yang ada di sebelah kiri atau pojok kanan atas.

membuat akun canva
  • Membuat Desain
Baca Juga:  Cara Membuat Laporan Tindak Kriminal ke Polisi secara Online

Setelah kamu sudah masuk pada halaman utama pada aplikasi Canva. Kemudian kamu bisa klik Create a Design yang berada di sebelah kiri atas layar. Selanjutnya kamu bisa memilih jenis desain yang ingin kamu buat apakah poster, banner, atau yang lainnya.

membuat desain
  • Memilih Template

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk membuat desain menggunakan aplikasi Canva adak=lah dengan memilih template. Dengan bantuan template kamu akan di mudahkan sekaligus mempercepat proses membuat desain.

memilih template
  • Edit Background

Pastikan kamu sudah menentukan background yang ingin kamu gunakan. Kemudian untuk menyesuaikan gambar, kamu bisa klik salah satu dari keempat ujung gambar lalu tekan “alt” agar proporsional, kemudian tarik.

Untuk membuat tulisan menjadi jelas, kamu bisa mengedit background agar teks yang di tambahkan menjadi lebih mudah di baca.

Kamu cukup klik “Adjust“, nantinya akan muncul beberapa slider yang bisa di geser kanan kiri hingga mendapatkan hasil yang di inginkan.

edit background
  • Menambahkan Teks

Jika kamu ingin menambahkan teks, cara mudah yang bisa kamu lakukan adalah denngan mengklik tanda “Text” yang berada di sebelah kiri. Di sana kamu tidak hanya bisa menambahkan teks melainkan juga mengedit teks sesuai dengan yang di inginkan.

menambahkan teks
  • Download dan Share Hasil Desain

Jika desain yang kamu inginkan sudah selesai di buat. Canva akan menyimpan secara otomatis di folder penyimpanan. Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendownload desain atau dengan membagikannya ke platform lain seperti website, media sosial, atau bahkan ke Google Drive.

Untuk bisa mendownloadnya, kamu bisa klik “Download” di sebelah kanan atas layar. Nantinya di sana tersedia bermacam – macam format file yang bisa kamu pilih seperti PNG, JPG, hingga PDF.

aplikasi canva untuk pemula download hasil desain

Kunjungi Canva

Baca Juga:  5 Aplikasi PC Terbaik Untuk Menghilangkan Background Video

Itulah tutorial menggunakan aplikasi Canva untuk pemula yang bisa kamu praktekkan langsung. Dengan mengikuti panduan ini, kamu tidak hanya bisa membuat desain simple, melainkan juga bisa membuat desain yang sesuai menarik yang sesuai dengan keinginan untuk menambah daya tarik bisnis yang sedang kamu jalankan.***