Cara Menghapus Data Pinjol untuk Menjaga Privasi

Menghapus data Pinjol – Pinjaman online semakin viral seiring kemudahan akses dan pengajuannya. Bahkan tidak membutuhkan waktu lama, pinjaman sudah bisa cair hanya perlu kurang dari 5 menit.

Membahas tentang pinjaman online, pada artikel kali ini akan di bahas tentang cara menghapus data pinjol. Terlebih lagi pinjol cukup beresiko karena menggunakan data pribadi penggunanya. Jika sudah terlanjur menggunakan pinjol, maka kamu bisa menghapus datanya dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

Apa itu Pinjol ?

Pinjol merupakan singkatan dari Pinjaman Online. Namun bukan hanya pinjaman dalam bentuk uang saja, nyatanya pinjol memiliki beberapa jenis seperti di antaranya adalah pinjol uang tunai, pinjol kredit barang, bahkan hingga modal usaha. Sebagai pengguna, kamu harus bijak memanfaatkan penggunaan Pinjol karena semua meminta suku bunga yang besar dan terkesan mencekik.

Menghapus data Pinjol

Pihak pinjol sendiri seringkali mengirimkan tawaran melalui SMS atau telepon pengguna. Hal ini bertujuan agar pengguna merasa tergiur dan ingin menggajukan pinjaman. Namun tidak main-main, bunga yang di berikan cenderung cukup besar sehingga banyak pengguna yang mengeluhkan besaran bunga tersebut.

Seiring berjalannya waktu, pengguna merasa terganggu karena pihak pinjol seringkali mengintip nomor telepon yang tersimpan pada smartphone pengguna. Di mana efeknya seringkali debt collector mengubungi nomor kontak yang di masukkan pada kontak darurat.

Selain itu kamu perlu memperhatikan penggunaan akses aplikasi di smartphone. Di mana biasanya pihak aplikasi akan meminta akses ke beberapa hal seperti jaringan internet, nomor kontak, lokasi, sms, bahkan hingga telepon. Bahkan yang lebih parah lagi pihak pinjol akan bisa mengkases sosial media hingga internet banking pengguna.

Dilihat dari banyaknya akses yang di minta aplikasi pinjol, bisa dikatakan pengguna sudah kehilangan pribasi dalam smartphone yang di gunakan. Sehingga tidak heran jika banyak pengguna yang ingin menghapus data pinjol yang sudah terlanjur terdaftar.

Hapus izin akses data aplikasi

Kamu bisa menghapus izin akses data aplikasi pinjaman online dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini :

  • Masuk pada menu Pengaturan di smartphone.
  • Selanjutnya masuk pada opsi Aplikasi.
  • Pilih Kelola Aplikasi.
  • Scroll kebawah hingga masuk pada area perizinan apk.
  • Ceklis satu persatu izin yang ingin di matikan.

Cara menghapus data pribadi dari Pinjol

Langsung saja masuk pada pembahasan utama, sebenarnya cara menghapus data pribadi dari pinjol tidaklah sesulit yang di bayangkan. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa di lakukan :

  • Pastikan terlebih dahulu kamu sudah melunasi semua tagihan yang ada.
  • Kemudian ajukan permohonan data pribadi dengan cara menghubungi customer service pinjol.
  • Langkah berikutnya yang harus di lakukan adalah dengan menguninstal aplikasi Pinjol.
  • Kamu bisa mengganti nomor baru sebagai opsional.
  • Namun jika data masih tidak terhapus, maka kamu perlu melaporkan penyalahgunaan data pribadi ke OJK.

Nah itulah beberapa cara menghapus data pribadi Pinjol yang bisa di lakukan. Pastikan kamu sudah tidak memiliki tanggungan sebelum melakukan penghapusan data pribadi. Selamat mencoba !

Baca Juga :

***