Advertisements

Epic99.com – Cara kunci aplikasi di android. Penggunaan smartphone semakin banyak di ganderungi oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Hal tersebut di karenakan fungsinya yang memudahkan pengguna terutama untuk bisa saling terhubung bahkan dari jarak jauh sekalipun. Terlebih seiring berjalannya waktu, smartphone bisa di dapatkan dengan harga yang cukup terjangkau.

Dalam penggunaan android, biasanya kamu akan membutuhkan aplikasi sebagai penunjang terhadap penggunaan perangkat tersebut. Berbagai aplikasi bisa kamu gunakan untuk memenuhi beragam kebutuhan. Selain itu banyak aplikasi android yang membutuhkan privasi tingkat tinggi di mana tidak semua orang bisa membukanya. Hal ini bertujuan untuk melindungi kerahasiaan data yang ada di dalam aplikasi.

cara kunci aplikasi android

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kamu bisa mengunci aplikasi tertentu sehingga untuk bisa membukanya, kamu akan membutuhkan sandi atau PIN rahasia. Pada artikel kali ini akan di jelaskan mengenai cara mengunci aplikasi di Android dengan mudah baik menggunakan aplikasi tambahan maupun tanpa menggunakan aplikasi tambahan.


Cara kunci aplikasi android melalui pengaturan bawaan

Secara umum kamu bisa mengunci aplikasi pada perangkat android dengan mudah dan tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Selain itu cara yang harus di lakukan juga cenderung hampir sama dari berbagai produk android yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu praktekkan :

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan masuk pada pengaturan ponsel.
  • Selanjutnya pilih menu Kata Sandi & Biometrik.
  • Pada kolom bagian bawah, kamu bisa klik menu Kunci Aplikasi.
  • Kemudian cari aplikasi yang ingin di lakukan penguncian.
  • Lalu aktifkan aplikasi yang sudah di temukan.
  • Setelah aplikasi di aktifkan nantinya secara otomatis kamu akan membutuhkan akses berupa sidik jari, maupun sandi atau PIN untuk membukanya.
Baca Juga:  7 Game Baseball Terbaik di Android

Menggunakan aplikasi tambahan

Jika smartphone yang kamu tidak menyediakan penguncian aplikasi bawaan, kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk bisa mengunci aplikasi. Selain itu sebenarnya banyak aplikasi android yang memungkinkan kamu untuk mengunci aplikasi, namun kali ini akan di berikan 2 sample aplikasi terbaik yang bisa kamu gunakan. Berikut ulasannya !

1. AppLock – Lock Apps & Password

1. AppLock - Lock Apps & Password

Untuk bisa mengunci aplikasi menggunakan AppLock – Lock Apps & Password, kamu bisa melakukannya dengan mudah. Berikut ini beberapa langkahnya :

  • Download dan instal terlebih dahulu aplikasi AppLock yang satu ini.
  • Selanjutnya pilih menu kunci aplikasi.
  • Pilih aplikasi yang akan di kunci dan berikan akses keamanan yang ingin kamu gunakan seperti PIN, Pola, atau bisa juga menggunakan fingerprint.
  • Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah tersedianya tema background untuk tombol PIN maupun pola yang bisa di pilih.

Download aplikasi AppLock – Lock Apps & Password

2. AppLock Pro – App Lock & Privacy Guard for Apps

cara kunci aplikasi android AppLock Pro - App Lock & Privacy Guard for Apps

Cara yang bisa di lakukan untuk mengunci aplikasi menggunakan AppLock Pro terbilang cukup mudah. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu praktekkan :

  • Pastikan sebelumnya kamu sudah mendownload aplikasi AppLock Pro.
  • Selanjutnya buka aplikasi tersebut, maka pada halaman utama kamu akan menemukan berbagai fitur yang bisa di pilih.
  • Lalu pilih menu Secure Your Apps.
  • Maka nantinya akan muncul berbagai aplikasi yang bisa kamu kunci.
  • Kemudian klik ikon gembok hingga gembok berhasil di tutup.
  • Sebagai pengaman, kamu bisa menggunakan PIN, pola, sandi, bahkan hingga figerprint dan face unlock.

Download aplikasi AppLock– App Lock & Privacy Guard for Apps

Demikian beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengunci aplikasi di android dengan mudah. Mengunci aplikasi di android memungkinkan kamu untuk mengamankan kerahasiaan data dalam aplikasi dan tidak semua orang bisa mengaksesnya.***

Baca Juga:  Artifact dari Valve Sudah Bisa Kalian Pesan Sekarang!