Epic99.com – Aplikasi belajar koding terbaik untuk anak. Kemajuan teknologi akan berdampak pada hampir semua hal. Di mana teknologi memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Selain itu teknologi juga memungkinkan kamu untuk mendapatkan sebuah informasi dalam waktu yang singkat.

Seperti salah satunya adalah kemunculan berbagai aplikasi. Saat ini sudah banyak muncul berbagai aplikasi yang bahkan bisa kamu gunakan secara gratis. Tidak ketinggalan juga aplikasi belajar sehingga memudahkan pengguna dalam mempelajari sesuatu.

Pada artikel kali ini akan di jelaskan mengenai beberapa aplikasi belajar koding untuk anak dann remaja yang bisa di jadikan pilihan.


Apa itu koding ?

Coding merupakan sebuah instruksi untuk memberikan perintah pada komputer agar bisa menjalankan fungsi yang sesuai denngan keinginan. Selain itu biasanya coding di lakukan atau di buat menggunakan bahasa pemrograman.

Untuk kamu yang belum tahu, bahasa pemrograman sendiri biasanya terdiri dari suatu himpunan dari beberapa aturan untuk mendefinisikan program komputer. Sehingga nantinya komputer akan mengolah data berdasarkan logika penyelesaian yang sudah di buat.


Aplikasi belaajar koding terbaik untuk anak

Untuk memanfaatkan kemajuan teknologi, kamu bisa menggunakan aplikasi yang memberikan dukungan terhadap anak – anak yang ingin belajar koding. Berikut ini beberapa rekomendasinya untuk kamu ketahui :

1. Alice

Alice

Rekomendasi aplikasi koding lainnya yang cocok untuk anak adalah Alice. Aplikasi ini memungkinkan anak – anak untuk bisa membuat animasi secara sederhana. Selain itu aplikasi yang satu ini juga sangat mudah di gunakan di mana nantinya kamu hanya perlu melakukan drag and drop script ke area yang sudah tersedia.

2. Hopscotch 

Hopscotch 

Merupakan salah satu rekomendasi terbaik sebagai aplikasi belajar koding untuk anak. Kamu bisa menggunakan Hopscoth yang di lengkapi dengan bahasa pemrograman visual yang menarik dan tidak membosankan.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Aplikasi Jual Beli Emas Terbaik Indonesia

Selain itu aplikasi yang satu ini bisa di gunakan untuk perangkat iPad yang memungkinkan anak – anak bisa belajar sekaligus mengasah kreativitaas menggunakan aplikasi yang satu ini.

3. Scratch

aplikasi belajar koding anak Scratch

Menjadi salah satu aplikasi bahasa pemrograman anak yang di kembangkan oleh MIT Media Lab. Di mana aplikasi ini di buat semenarik mungkin agar anak – anak bisa belajar koding dengan cara yang tidak membosankan.

Scratch cocok di gunakan untuk anak mulai dari 8 tahun hingga 16 tahun yang di lengkapi dengan media visual yang menarik. Di karenakan aplikasi koding, maka nantinya anak akan di suguhkan beberapa tampilan berupa perintah, variabel, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sehingga anak bisa mengolah logika yang di miliki masing – masing.

4. Stencyl

aplikasi belajar koding anak Stencyl

Aplikasi yang satu ini memberikan dukungan terhadap pembelajaran koding untuk anak – anak. Selain itu Stancyl juga bisa di gunakan pada perangkat Mac dan Windows 10. Dengan menggunakan aplikasi ini nantinya anak – anak bisa membuat game sendiri yang sesuai dengan keinginan.

Fitur yang ada pada aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat game dengan mengetikkan kode secara manual atau bisa juga dengan melakuka drag and drop beberapa script yang telah tersedia.

5. Waterbear

aplikasi belajar koding anak Waterbear

Merupakan salah satu aplikasi belajar koding anak dengan bahasa pemrograman visual yang tidak membosankan. Penggunaannya juga cukup mudah yakni hanya dengana melakukan drag and drop scrips pada area kerja yang tersedia.

Selain itu Waterbear juga di lengkapi dengan berbagai fitur menarik di dalamnya seperti contoh – contoh koding dan deskripsi elemen yang memudahkan anak untuk belajar koding.

6. Tynker

aplikasi belajar koding anak Tynker

Aplikasi yang satu ini memungkinkan anak – anak untuk bisa belajar koding. Tynker memungkinkan anak untuk bisa menuangkan ide kreatif dalam membuat game. Selain itu aplikasi ini hanya bisa di akses secara online.

Baca Juga:  Rekomendasi Widgets Iphone Terbaik dan Cara Menggunakannya

Memberikan kemudahan dalam penggunaan, nantinya pengguna hanya perlu melakukan drag and drop script pada area kkerja yang telah tersedia. Selain itu tampilan interface yang di miliki Tynkker juga sangat menarik dan tidak membosankan.

Nah itulah beberapa rekomendasi aplikasi koding terbaik untuk anak yang bisa kamu gunakan. Dengan beberapa aplikasi yang telah di sebutkan nantinya kamu akan bisa mengajarkan anak sekaligus mengasah kreatifitas anak dengan maksimal.***